Tips & Trik

Cara memperbaiki kamera handphone yang error dan rusak

Smartphone dan tablet Android kini memang tengah menjadi primadona di masyarakat, handphone Android juga biasanya dilengkapi dengan kamera yang lumayan bagus. Namun, tentu ada kalanya kamera tersebut mengalami error. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara memperbaiki kamera handphone error dan rusak dengan aman.

Tahukah kamu jika ukuran kamera pada handphone atau tablet Android itu berbeda-beda, pada Android ada yang mempunyai kamera dengan ukuran besar dengan resolusi kamera tinggi dan ada juga yang handphone Android dengan kamera yang kecil dengan resolusi rendah.

Untuk memiliki hasil yang baik kamu harus memilih smartphone dengan resolusi yang bagus dan jernih, namun biasanya harga smartphone dengan resolusi yang tinggi memerlukan biaya yang lumayan mahal juga dibandingkan dengan smartphone dengan resolusi rendah.

Nah, jika handphone mempunyai resolusi yang rendah biasanya harganya pun akan lebih murah, akan tetapi untuk kualitasnya tentu akan kurang maksimal pula. Oleh karena itu, pilihlah kamera dalam mengabadikan moment penting itu suatu hal yang harus diutamakan.

Namun, sayangnya tak selalu kamera smartphone Android akan berjalan dengan mulus, mungkin bisa mengalami kendala pada kamera. Jika kamu mengalami hal ini maka kamu tak perlu khawatir, kamu bisa memperbaikinya jika masalah yang dialami adalah masalah yang kecil.

Jika handphone kamu mengalami error dengan notifikasi “Camera Fiailed Error Callback On Error” atau bisa juga muncul notifikasi lain “Eror Message Handler“. Maka kamu bisa mengatasinya dengan melakukan cara memperbaiki kamera handphone berikut ini:

Cara memperbaiki kamera handphone yang error dan rusak

Matikan handphone dan tablet Android

Cara pertama yang harus kamu lakukan saat kamera handphone kamu mengalami error yakni dengan mematikan ponselnya terlebih dahulu. Jika handphone kamu sudah mati, maka lepaskan baterainya dan tunggu selama tiga menit.

Setelah itu nyalakan lagi ponsel Android. Biasanya cara ini cukup untuk menormalkan kembali masalah kamera yang biasanya muncul notifikasi peringatan.

Install aplikasi kamera pihak ketiga

Cara memperbaiki kamera handphone eror juga bisa kamu lakukan dengan cara menginstal aplikasi kamera dari pihak ketiga, kamu dapat mengunduh aplikasi kamera yang ada pada google play store misalnya Camera 360, Candy Camera dan lainnya.

Aplikasi dari kamera ketiga biasanya mempunyai fitur yang lebih dari pada aplikasi kamera bawaan, oleh karena itu maka kamu bisa menginstal aplikasi dari pihak ketiga yang bisa kamu instal di google play store.

Hapus data di folder DCIM pada memori

Biasanya masalah yang juga akan dialami pada kamera handphone yaitu disebabkan data yang merusak fungsi kamera, kamu dapat menghapus semua file yang ada di folder DCIM pada memori internal dan memori external. Namun sebelum menghapus pastikan kamu backup terlebih dahulu pada folder yang lain, ya.

Setelah semua file yang ada di folder DCIM and ahapus, maka kamu bisa membuat folder baru di folder DCIM dengan nama “Camera”. Untuk dapat membuat dan menghapus folder di handphone maka kamu bisa menggunakan aplikasi file manager.

Reset Android ke setelan pabrik (Factory Reset)

Cara memperbaiki kamera handphone error juga bisa kamu atasi dengan merubah setelan smartphone ke setelan pabrik, dengan mengembalikan kondisi ponsel ke pengaturan awal. Dengan demikian kerusakan pada software akan bisa diatasi dengan melakukan factory reset.

Namun, sebelum melakukan reset Android kamu terlebih dahulu backup data yang penting di memori internal untuk dipindahkan ke memori external atau microSD, kamu dapat melakukan reset handphone Android ke pengaturan awal.

Lakukan upgrade firmware

Jika kamu telah melakukan factory reset namun masih saja error message handler. Maka kamu bisa upgrade sistem operasi Android atau sering disebut juga dengan ROM, dengan upgrade sistem operasi Android kamu ke versi terbaru.

Dengan melakukan pembaruan pada perangkat Android kamu maka kemungkinan untuk dapat menikmati fitur terbaru dari Android kamu, dengan demikian cara ini bisa mengatasi masalah kamu karena cenderung setiap update untuk memperbaiki sistem dan meningkatkan fitur Android itu sendiri.

BACA JUGA: Cara menambah followers aktif di Instagram

Namun, jika kerusakan masih saja terjadi maka kamu bisa memperbaikinya lewat jasa service handphone yang terpercaya, kalo bisa service handphone yang sesuai dengan merek dan pastikan juga carilah service center yang terdekat, ya.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki kamera handphone yang error dengan aman. semoga bermanfaat, guys!