Tips & Trik

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di Google Chrome

Saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) tengah gencar melakukan pemblokiran terhadap situs atau website terlarang. Maka dari itu, kali ini Hallo GSM akan memberikan tutorial seputar cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi.

Kemkominfo memang sedang melakukan pemblokiran terhadap beberapa situs yang terindikasi banyak memuat konten sensitif yang bersentimen suku, agama, ras, Sara hingga terindikasi phising dan malware.

Bahkan beberapa aplikasi streaming film seperti IndoXXI hingga LK21 pun tak luput dari pemblokiran tersebut.

Rupanya, sekarang ini sudah ada cara yang bisa dilakukan untuk membuka situs terlarang yang diblokir tanpa menggunakan aplikasi VPN ataupun aplikasi tambahan lainnya.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Nah, untuk membuka situs terlarang yang telah diblokir internet positif sebetulnya cukup gampang dan tidak memakan waktu lama.

1. Pertama, buka aplikasi Google Chrome yang ada di perangkat Anda lalu ketikkan kata kunci ‘Web Proxy

‘ pada kolom pencarian.
Cara buka situs yang diblokir. (SS)

2. Nantinya, akan muncul hasil pencarian yang menampilkan beberapa website penyedia layanan Web Proxy. Silahkan Anda pilih salah satu dari daftar yang tersedia.

3. Setelah berhasil masuk, tinggal scroll layar ke bawah lalu masukkan alamat situs atau website yang ingin Anda kunjungi pada kolom yang sudah tersedia.

Cara membuka blokir video di Google Chrome. (SS)

4. Tunggu hingga proses loading selesai dan Anda akan langsung dialihkan ke situs yang ingin dikunjungi.

Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa menggunakan browser lain seperti Opera Mini dan UC Browser untuk membuka situs yang diblokir intenet positif.

Untuk diketahui baik itu Opera Mini ataupun UC Browser merupakan sebuah aplikasi browser yang sudah dilengkapi VPN, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot menginstal aplikasi VPN di smartphone yang Anda gunakan.

BACA JUGA: Aplikasi Pembuka Blokir Situs 

Cara penggunaannya sendiri sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu Setting yang ada di Opera Mini ataupun UC Browser lalu aktifkan atau centang pada kotak yang berada di samping menu Enable VPN.