Tips & Trik

Cara membuat template Instagram menggunakan aplikasi

Ada banyak cara membuat template Instagram, karena aplikasi yang satu ini memang telah menjadi platform media sosial yang banyak diakses pengguna segala usia. Bermodalkan foto sampai ilustrasi yang dibuat, semuanya dapat di-post dengan instan. Tak hanya itu, pengguna akan memberikan reaksi melalui likes, comment dan share.

Nah, sehubungan denggan adanya himbauan untuk tetap di rumah saja, maka para kaum milenial akan mencari berbagai kegiatan yang tak membosankan. Salah satunya dengan membuat template baru di akunnya.

Dalam membuat template Instagram ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yakni kamu bisa megoprasikannya melalui sebuah aplikasi atau kamu juga bisa menggunakan online editor.

Namun, jika kamu belum begitu faham mengenai hal ini, berikut ini cara membuat template Instagram story maupun Feed yang menarik dan mudah agar instagram kamu tak membosankan lagi, antara lain:

Cara membuat template Instagram menggunakan aplikasi

Canva

Kreator template instagram yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi untuk sebagian orang. Aplikasi Canva ini merupakan opsi pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat template Instagram Story yang mudah. Aplikasi yang satu ini bersifat multiplatform dan akan diakses dari PC melalui website dan smartphone.

Kamu akan masuk pada aplikasi dan website Canva dengan berbagai cara, namun sebelumnya kamu harus membuat akun terlebih dahulu maka setelah itu kamu sudah bisa memulai untuk menggunakannya.

Dengan memasukkan email dan password yang sama, maka data pada dashboard-nya akan tetap sama dan tersinkronasi dengan baik dan real time. Hal ini menjadi salah satu cara membuat template Instagram yang cukup mudah untuk di lakukan di Android maupun perangkat lain, kan?

Canva juga mempunyai fitur kustomisasi yang tergolong kaya. Dalam desain buatanmu, stiker bisa kamu tambahkan dan foto dari sumber lain pun bisa kamu masukkan, sehingga dapat mengubah preset warna pun akan dilakukan di Canva. Namun, tak semua pernak-pernik itu gratis, ada juga beberapa yang berbayar dengan harga bervariasi.

Dengan menggunakan Canva, maka kamu bisa berkreasi dengan sesuka hati. Kamu dapat membuat bingo template hingga kuis yang seru untuk diisi. Tak hanya itu, jika memang kesulitan dengan carannya, kamu dapat menggunakan template yang disediakan secara gratis dan premium.

Di samping membuat template kamu pun juga dapat menggunakan aplikasi Canva ini sebagai rangkaian cara membuat templat feed Instagram yang menarik, lho! Dengan hadirnya Canva ini, maka Instagram kamu akan menjadi lebih menarik untuk dilihat pengguna yang lain.

Unfold

Tak hanya aplikasi sebelumnya, ada juga aplikasi yang diberi nama Unfold yang sering digunakan untuk membuat template Instagram Story. Unfold ini berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang lebih multifungsi.

Secara default sudah disediakan berbagai template, hanya perlu memilih desain saja, maka kamu sudah bisa mengedit kembali dan menjadikannya lebih menarik.

Template dari Unfold sendiri banyak yang gratis, lho! Namun, jika kamu tak puas dengan yang gratisan, kamu bisa membelinya dengan harga yang beragam. Tentu saja dengan membeli template, opsi yang akan kamu pakai pun akan menjadi lebih banyak dan beragam.

Sekedar informasi untuk kamu, jika aplikasi Unfold ini pun dapat disebut multifungsi. Karena tak hanya untuk foto saja, aplikasi ini juga dapat digabungkan dengan media berformat video, lho!

Cara membuat template Instagram dengan Unfload pun sangatlah mudah. Di bagian awal kamu hanya perlu memilih template mana yang sesuai dengan yang kamu inginkan, mulai dari single panel sampai multi panel. Lalu, kamu bisa memasukkan foto ke dalam template itu. Kamu pun akan bisa menambahkan foto, caption berupa teks, sampai frame untuk kamu isi objek yang lainnya.

StoryArt

StoryArt juga menjadi salah satu aplikasi yang dapat kamu andalkan untuk membuat template di Instagram Story. Aplikasi ini terbilang cukup ringan karena kamu hanya membutuhkan meemori sebesar 55 MB saja.

StoryArt juga dikhususkan untuk perangkat mobile yakni Android dan iOs. Layaknya cara membuat template Instagram di Android dan iOs, aplikasi ini bisa kamu download dengan gratis di Google Play ataupun App Store.

Pada aplikasi ini kamu bisa menikmati fitur menarik yang akan mempercantik Instagram kamu. StoryArt juga menyediakan ribuan template yang gratis maupun berbayar. Tak hanya gambar, StoryArt juga bisa digunakan untuk membuat template gambar bergerak yang jauh lebih asik dilihat.

Tak hanya itu saja, kamu pun dapat menambahkan caption teks, mengatur warna dengan mengedit exposure, brightness, hingga saturation. Jika masih dirasa terlalu sulit, maka kamu bisa menggunakan filter yang tersedia.

Kamu hanya tinggal memilih salah satu filter yang ada dengan sekali klik, efek dan mood yang berbeda akan langsung terlihat. Jika sudah puas dengan hasilnya, bisa tinggal di save dan menyimpan foto kamu di galeri.

Nah, jika ternyata kamu tak merasa puas dengan fitur bawaan StoryArt, maka kamu bisa membeli fitur premium yang bisa kamu beli di aplikasi. Dengan membeli fitur premium, maka kamu akan membuka beberapa fitur yang tak ada sebelumnya.

Mojito

Jika StoryArt masih kurang ringan untuk ada di smartphone kamu, jangan khawatir dulu karena masih ada aplikasi pembuat template Instagram yang tak kalah ringan. Mojito merupakan aplikasi ringan yang dapat menjadi solusi alternatif karena hanya mempunyai ukuran 25 MB saja.

BACA JUGA: Cara upload foto atau video dalam jumlah banyak di Instagram

Akan tetapi, walaupun ringan Mojito ini tetap mempunyai fitur yang cukup kaya untuk kamu gunakan sebagai cara membuat template Instagram. Aplikasi ini dikenal karena kapabilitasnya untuk membuat Insatagram Story. Tersedia ratusan template yang bisa kamu edit kapan saja.

Itulah beberapa cara membuat template Instagram menggunakan aplikasi yang sangat mudah dan gak ribet. Dengan berbagai aplikasi di atas, maka kini Instagram kamu akan lebih menarik dan segar ya, guys!