Tips & Trik

Cara Membuat Playlist di Spotify, Putar Lagu Favorit jadi Lebih Mudah!

Cara membuat playlist di Spotify mudah banget, lho. Hanya dengan beberapa langkah, berbagai lagu favorit kamu bisa dikumpulkan dalam satu daftar putar.

Aplikasi yang dirilis pada 2016 ini banyak digemari generasi milenial, karena merupakan aplikasi streaming musik yang memberikan akses ke jutaan lagu dari seluruh musisi di dunia.

Pengguna bisa mendengarkan lagu dengan bebas dari berbagai genre. Selain katalog musiknya yang luas, aplikasi Spotify memiliki antarmuka user friendly alias mudah digunakan.

Itu sebabnya aplikasi ini sangat populer. Penggunanya bahkan mencapai lebih dari 400 juta yang tersebar di berbagai negara.

Popularitasnya dijaga dengan menghadirkan berbagai fitur menarik yang mengikuti perkembangan jaman.

Spotify memiliki banyak fitur menarik, seperti tampilan lirik lagu dan daftar putar atau playlist.

Aplikasi ini memang menyediakan playlist yang berisi daftar lagu yang direkomendasikan. Menariknya, selain bisa mendengarkan playlist yang sudah tersedia, pengguna juga bisa membuat playlist sendiri, lho.

Dengan begitu, kamu bisa memilih lagu apa saja yang dimasukkan ke playlist dan ketika ingin mendengarnya, kamu bisa enjoy dengan lagu favorit tanpa terganggu lagu lain.

Meskipun tergolong mudah, namun mungkin masih ada pengguna yang belum mengetahui langkah-langkah membuat playlist, terlebih pengguna baru.

Tenang saja, karena pada artikel ini Hallo GSM akan berbagi tutorial membuat playlist

yang bisa kamu ikuti dengan mudah asalkan kamu menyimaknya hingga tuntas.

Langsung saja, simak panduan selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Playlist di Spotify

Membuat daftar putar di Spotify bisa menggunakan laptop/PC atau bisa juga dengan smartphone alias HP.

Tutorial kali ini, akan membuat playlist menggunakan HP.

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan pastinya membuka aplikasi Spotify yang sudah terpasang di HP.
  • Pada halaman utama, klik ikon Koleksi Kamu yang ada di bagian bawah.
  • Selanjutnya, klik ikon plus (+) di pojok kanan atas.
  • Klik menu Playlist untuk menambahkan lagu ke playlist baru.
  • Beri nama playlist, kemudian klik Buat
    .
  • Setelah itu, kamu bisa mulai menambahkan lagu favorite kamu ke playlist yang kamu buat. Bisa melalui daftar lagu yang direkomendasikan, atau dengan mengklik tombol Tambahkan ke playlist ini.
  • Jika kamu memilih untuk mengklik ‘Tambahkan ke playlist‘, kamu bisa mencari lagu yang kamu inginkan melalui kolom pencarian.
  • Selesai. Kamu berhasil membuat playlist di Spotify.

Daftar playlist bisa ditambah terus kapan saja. Ketika kamu menemukan lagu yang kamu suka, kamu bisa menambahkannya ke playlist kamu dengan mengklik ikon titik tiga pada lagu, kemudian klik menu ‘Tambahkan ke Playlist’.

Adapun, jika kamu ingin menghapus suatu lagu dari daftar putar kamu, kamu hanya perlu membuka playlist, kemudian klik ikon titik tiga yang ada di samping lagu yang ingin kamu hapus dari playlist.

Setelah itu, klik menu Hapus dari Playlist ini. Selesai.

Selain dari streaming musik, perlu kamu tahu bahwa Spotify juga menyediakan fitur menarik lainnya, seperti siaran radio, podcast, fitur offline, dan lain-lain.

BACA JUGA: Cara Download Lagu di Spotify Biar Bisa Dengerin Musik Offline

Nah, itu dia cara membuat playlist di Spotify. Mudah, kan? Tunggu apa lagi? Sekarang, giliran kamu mempraktikkannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.