Tips & Trik

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Agar Bisnis Berbuah Manis

Ingin memberi respon cepat pada setiap pesan masuk? Kamu bisa melakukannya dengan cara membuat pesan otomatis di WA yang bisa langsung membalas pesan dari para calon customer.

WhatsApp menjadi aplikasi yang dianggap wajib ada di setiap smartphone. Pasalnya, banyak pengguna smartphone yang saat ini memilih menggunakan aplikasi pesan instan ini untuk berkomunikasi di setiap harinya.

Berbagai kalangan mulai dari dewasa hingga orang tua, pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Dengan WhatsApp, pengguna bisa mengirim pesan kapanpun dan dimanapun, berbagi foto, video, audio, melakukan panggilan suara serta video call dengan mudah.

Saat ini, penggunanya telah mencapai lebih dari 2 miliar yang tersebar di seluruh dunia. Bagaimana tidak, WhatsApp ini banyak dipilih karena antarmukanya yang sederhana dan mudah untuk digunakan oleh berbagai kalangan.

Meskipun begitu, WhatsApp menyediakan berbagai fitur menarik yang membuat penggunanya semakin nyaman.

Selain untuk berkomunikasi, WhatsApp juga bisa diandalkan untuk berbisnis. Apalagi, pihaknya telah meluncurkan aplikasi WhatsApp Business yang dirancang khusus untuk para pebisnis.

Pada aplikasi tersebut, tersedia banyak fitur yang mendukung penggunanya untuk melakukan aktivitas bisnis, seperti pengiklanan untuk promosi, menyertakan informasi bisnis, serta fitur perpesanan diantaranya fitur balas cepat secara otomatis.

Jika kamu tidak memiliki bisnis dan tidak menggunakan WA bisnis namun ingin membuat pesan otomatis juga, tenang saja. Kamu pengguna WhatsApp reguler juga bisa membuatnya, namun perlu bantuan aplikasi pihak ketiga.

Pasalnya, WhatsApp reguler tidak menyediakan fitur khusus untuk membuat pesan otomatis. Kamu bisa membuatnya menggunakan aplikasi pembuat pesan otomatis untuk WhatsApp yang bisa didownload di Play Store.

Pada artikel ini, Hallo GSM akan membagikan tutorial membuat pesan otomatis di WA bisnis. Simak hingga tuntas agar kamu bisa mempraktekkannya dengan mudah.

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA

  • Langkah pertama, buka WhatsApp Business yang ada di HP kamu. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa mengunduh WhatsApp Business versi terbaru di Play Store dan lakukan pendaftaran.
  • Setelah berhasil mendaftar, klik ikon toko yang ada di paling kiri di samping tab Chat.
  • Pada halaman tersebut, kamu bisa mengelola bisnis kamu dengan memasang profil bisnis, menampilkan produk dengan katalog, memasang iklan, dan menggunakan fitur perpesanan.
  • Untuk membuat pesan otomatis, klik menu Salam.
  • Aktifkan fitur Salam dengan mengklik toggle switch di samping menu Kirim Salam. Dengan mengaktifkan fitur Salam, kamu bisa menyambut pelanggan baru secara otomatis.
  • Kemudian, klik menu Salam untuk mengedit pesan salam sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Klik OK untuk menyimpan pesan salam yang telah kamu buat.
  • Kamu bisa memilih siapa saja yang akan menerima pesan salam dengan mengklik menu Penerima.
  • Setelah selesai, klik Simpan.
  • Selesai. Nantinya, setiap ada pesan baru maka akun WhatsApp kamu otomatis akan menyambutnya dengan balasan salam.

Perlu diketahui, fitur tersebut hanya bisa dikirim ketika HP kamu terhubung ke jaringan internet.

Jika kamu sudah mengedit profil bisnis dan menyertakan jam kerja, maka kamu juga bisa membalas pesan yang masuk di luar jam kerja dengan cara berikut.

  • Klik menu Pesan diluar jam kerja.
  • Aktifkan fiturnya dan otomatis pesan yang masuk akan dibalas walaupun diluar jam kerja. Kamu bisa mengedit pesan balasan sesuai dengan yang kamu inginkan.

BACA JUGA: Cara Membuat Tulisan Arab di WA, Bisa dengan Harakatnya

Itu dia cara membuat pesan otomatis di WA yang bisa membuat bisnis kamu semakin maju. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.