Tips & Trik

Cara Membuat Link WhatsApp, Bisa Langsung Chat Tanpa Simpan Nomor

Permudah calon konsumen untuk memesan atau bertanya seputar produk atau jasa yang kamu jual dengan cara membuat link WhatsApp.

Membuat link WhatsApp memungkinkan siapa saja yang mengklik link langsung terarah ke halaman chat dan bisa berkomunikasi dengan cepat tanpa perlu repot menanyakan atau memasukkan nomor WhatsApp tujuan.

Seperti yang kita tahu, WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan yang digunakan banyak pengguna smartphone dari berbagai kalangan di setiap harinya.

Aplikasi ini bisa dibilang salah satu aplikasi yang wajib ada di setiap smartphone. Ya, karena hampir semua pengguna smartphone memilih untuk menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi.

Selain untuk bertukar pesan atau berkomunikasi, WhatsApp juga kini diandalkan untuk berbisnis.

Di jaman digital seperti sekarang ini, pebisnis biasanya memasang iklan untuk mempromosikan produk atau jasa yang dijualnya di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lanjut atau untuk pemesanan, biasanya orang yang memiliki bisnis mencantumkan nomor HP yang bisa dihubungi.

Karena kebanyakan orang saat ini menggunakan aplikasi WhatsApp, jadi nomor yang dipasang di media pengiklanan atau media sosial adalah nomor WhatsApp.

Seperti yang kita tahu, untuk bisa mengirim pesan pada pengguna WA, perlu menyimpan nomor tujuan terlebih dahulu.

Hal tersebut rasanya cukup repot dan tidak efisien. Apalagi, jika nomor yang ditulis kurang tepat. Bisa-bisa salah sambung.

Untungnya, ada cara untuk membuat link agar calon konsumen bisa jauh lebih mudah dan cepat ketika ingin menghubungi.

Hanya dengan mengklik link WA, calon konsumen bisa langsung terarah ke ruang chat pribadi langsung tanpa perlu menyimpan nomor WhatsApp terlebih dahulu.

Penasaran dengan caranya? Langsung saja, simak tutorialnya berikut ini.

Cara Membuat Link WhatsApp

Membuat link WA bisa melalui beberapa metode. Bisa secara manual, menggunakan bantuan situs website penyedia layanan pembuatan link

.

Membuat Link WhatsApp Secara Manual

  • Langkah pertama, ketik nomor WA yang akan kamu buat link dengan format internasional. Misalnya, nomor 08111222334, maka kamu harus menulisnya sebagai 628111222334 tanpa tanda plus (+).
  • Kemudian, buat link dengan format https://wa.me/(nomor WA). Contoh https://wa.me/628111222334.
  • Selesai. Link tersebut bisa langsing kamu bagikan atau cantumkan di media sosial.

Melalui Situs Bitly

  • Buka aplikasi Browser yang biasa kamu gunakan di smartphone.
  • Kunjungi situs Bitly.
  • Setelah masuk ke halaman utama, scroll layar hingga menemukan kolom ‘shorten your link‘.
  • Pada kolom tersebut, ketik ‘https://api.whatsapp.com/send?phone=(nomor WA)’. Contohnya, ‘https://api.whatsapp.com/send?phone=628111222334’.
  • Kemudian, klik tombol Shorten.
  • Setelah hasilnya muncul, klik tombol Copy.
  • Selesai. Kamu bisa mencantumkan link WA tersebut di akun media sosial yang kamu gunakan untuk promosi.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus di Galeri, Dijamin Berhasil!

Itu dia cara membuat link WhatsApp. Setelah membuat link WA, kamu bisa mencantumkannya di bio Instagram, profil Facebook, atau media sosial lainnya agar calon konsumen lebih mudah untuk bertanya atau memesan.