Tips & Trik

Cara Membuat Link WhatsApp di Facebook, Mudah!

Bagaimana cara membuat link WhatsApp di Facebook? Pertanyaan tersebut kerap dilontarkan oleh para pelaku bisnis online khususnya yang masih baru mau mulai berjualan.

Ya, sebagai pegiat bisnis online shop, menaruh link WhatsApp di Facebook atau di setiap produk yang dijual adalah satu langkah penting untuk memudahkan konsumen menghubungi kamu selaku penjual.

Hanya dengan mengklik link WhatsApp tersebut, calon konsumen secara otomatis akan dialihkan ke halaman percakapan yang sudah terhubung langsung dengan akun WA kamu.

Nah, biar kamu nggak penasaran mending simak deh tutorial cara membuat link WA untuk olshop berikut ini.

BACA JUGA: Aplikasi Mempercantik Video Call WhatsApp

Cara Membuat Link Whatsapp di Facebook

  1. Pertama, catat nomor WA kamu menggunakan format internasional. Misalkan nomor WA kamu adalah 081122334455, maka kamu harus menulisnya sebagai 6281122334455 tanpa tanda plus (+).
  2. Setelah itu, kamu tinggal ketik https://wa.me/(nomor WA kamu). Contoh https://wa.me/6281122334455
    .
  3. Jika sudah berhasil membuat link seperti di atas, kamu bisa langsung menempatkannya di akun Facebook atau di sejumlah akun sosmed lainnya.

Untuk menggunakannya, tinggal masuk ke aplikasi Facebook, upload barang yang hendak dijual lalu paste atau tempelkan link WA yang sudah kamu buat tadi. Seperti pada gambar berikut.

Cara buat link wa me. (SS)

Selain itu, link WA tersebut juga bisa ditempatkan di halaman profil Facebook. Caranya, masuk ke menu Akun > Edit Profil > Info Kontak > Situs Web > lalu tempelkan link WhatsApp kamu dan klik tombol Simpan.

Cara Buat link WA di Bitly

Kemudian cara membuat link WhatsApp yang kedua adalah dengan menggunakan URL Shortener bernama Bitly, hal ini bertujuan agar link WhatsApp yang kita buat jadi lebih keren dan mudah diingat.

  1. Pertama, ketik ‘Bitly’ pada kolom pencarian di aplikasi browser yang ada di smartphone kamu.
  2. Jika sudah silahkan ketik ‘https://api.whatsapp.com/send?phone=(nomor WA kamu)’. Contoh https://api.whatsapp.com/send?phone=6281122334455.
Cara Membuat link WA di Bitly. (SS)
  1. Selanjutnya tinggal klik Shorten, setelah hasilnya muncul tinggal klik Copy.

BACA JUGA: Aplikasi Perekam Panggilan WhatsApp

Selesai, link WhatsApp berhasil dibuat dan kamu bisa langsung menggunakannya.