Tips & Trik

Cara Membuat Link WA di Instagram Langsung ke Chat Pribadi

Cara membuat link WA di Instagram untuk keperluan personal atau bisnis wajib dilakukan agar orang-orang bisa dengan mudah menghubungi kita.

Misalnya untuk pemilik bisnis toko online (online shop) dapat mempermudah calon pembeli untuk memesan produk atau menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan produk yang dijual.

Dengan begitu pelayanan jadi semakin cepat dan penjualan pun otomatis meningkat. Selain itu, pelanggan juga akan merasa puas dengan pelayanan pembelian.

Cukup klik link WhatsApp, dan secara otomatis aplikasi WhatsApp akan terbuka dan langsung mengarah ke chat WhatsApp yang dituju.

Selain mempermudah calon pembeli menghubungimu, adanya link WhatsApp di Instagram juga bisa membuat bisnis online-mu lebih terlihat profesional.

Jadi buat kamu pemilik bisnis online shop, menambahkan link WhatsApp di Instagram adalah hal yang sangat penting.

Penasaran bagaimana cara membuat dan menambahkan link WhatsApp di Instagram? Silakan simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Link WA di Instagram

Berikut ini tata cara membuat link WhatsApp di Instagram yang wajib kalian ikuti satu persatu langkahnya secara berurutan.

Bikin link WhatsApp manual

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat link WhatsApp-mu. Caranya kamu hanya perlu URL yang akan mengarahkannya langsung ke chat WA-mu. Berikut adalah link yang dibutuhkan.

https://api.whatsapp.com/send?phone=(nomor HP kamu)

Kamu hanya perlu menambahkan nomor WhatsApp milikmu atau yang ingin ditampilkan di IG di bagian belakang URL tadi.

Contohnya: https://api.whatsapp.com/send?phone=628229898768

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan pesan teks yang akan dikirimkan secara otomatis lho. Contohnya https://api.whatsapp.com/send?phone=628229898768&text=Halo.

Jika ingin menambahkan spasi, ganti spasi dengan %20, %3A untu tanda titik dua, %0A untuk baris baru.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6282298987689&text=Hallo%20saya%20ingin%20bertanya%20terkait%20produk%20kecantikan,%20apakah%20masih%20tersedia?

Ketika calon pembeli membuka link tersebut, maka akan langsung diarahkan ke aplikasi WhatsApp dan membuat chat baru ke nomor tujuan dan dengan pesan teks yang sesuai dengan format link yang sudah dibuat tadi. Jadi, mereka tak perlu lagi mengetik pesan di WhatsApp.

BACA JUGA: 

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram dan Persyaratannya

Bikin link WhatsApp pakai Bitly

Jika link yang dibuat tadi cukup panjang dan kamu ingin memperpendeknya, hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Bitly.

Seperti diketahui Bitly merupakan salah satu layanan untuk memperpendek URL agar lebih praktis dan rapi.

  • Pertama, silakan buka web browser di perangkatmu.
  • Lalu kunjungi website https://bitly.com.
  • Paste link WhatsApp yang telah dibuat ke kolom Bitly > klik Shorten.
  • Dan link WhatsApp pun sudah berhasil diperpendek. Meski link WhatsApp berubah menjadi link Bitly, fungsinya tetap sama kok.
  • Setelah itu, copy link-nya untuk di-paste ke profil Instagram atau toko online lainnya.

Cara menambahkan link WA di Instagram

Setelah selesai membuat link WhatsApp, kini giliran untuk menambahkannya ke profil Instagram. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Instagram lalu menuju ke profil akunmu.
  • Klik Edit Profil > paste link WhatsApp di kolom Situs web> klik tombol centang untuk menyimpan perubahan. Selesai!

BACA JUGA: Cara Membuat Link WhatsApp di Facebook

Itulah cara membuat link WA di Instagram yang pastinya mudah untuk dipraktikkan. Fitur ini disediakan WhatsApp untuk mempermudah dalam menggunakan layanan WhatsApp, baik dalam urusan personal atau bisnis.