Tips & Trik

Cara Membuat Barcode di HP Android yang Paling Praktis

Ingin menggunakan barcode untuk keperluan bisnis namun bingung dengan cara membuatnya? Ternyata, cara membuat barcode terbilang mudah, lho.

Nah, di artikel kali ini, Hallo GSM akan berbagi cara membuat barcode yang paling praktis hanya dengan menggunakan HP Android dan tanpa perlu bantuan aplikasi lain.

Seperti yang kita ketahui, barcode merupakan kumpulan dari pola geometris yang umumnya berbentuk vertikal. Barcode (kode batang) berfungsi untuk memindai, melacak, dan mengidentifikasi suatu barang atau properti.

Pada awalnya, barcode digunakan untuk melacak kereta api. Namun, seiring berkembangnya jaman, barcode semakin populer dan kini banyak digunakan untuk mendata barang di supermarket.

Bagian produk yang seringkali dipindai ketika membelinya di supermarket adalah barcode. Pasalnya, di dalam barcode tersebut terdapat berbagai informasi mengenai produk.

Sehingga, hanya dengan memindai barcode pada produk, akan sangat memudahkan pekerjaan kasir dalam mengidentifikasi nama produk, harga, dan informasi lain pada produk yang ingin dibeli oleh konsumen.

Bukan hanya barang yang ada di supermarket, barang produksi pribadi juga bisa menggunakan barcode agar lebih mudah untuk mengidentifikasinya.

Cara Membuat Barcode

Menggunakan Laptop

  • Buka Browser yang biasa digunakan. Bisa Chrome, Mozilla Firefox, atau yang lainnya.
  • Masuk ke web www.barcode-generator.org.
  • Setelah muncul ke halaman web tersebut, pilih jenis barcode sesuai dengan keinginan.
  • Untuk mengetahui perbedaan dari pilihan yang ada, silahkan scroll
    layar, simak dan pilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika ingin membuat barcode untuk keperluan retail atau pergudangan, pilih UPC-A pada kolom Create free.
  • Setelah itu, isi kolom yang tersedia dengan data yang diperlukan.
  • Terakhir, klik Create Barcode.
  • Selesai. Barcode yang dibuat bisa langsung disimpan dengan mengklik Download.

Cara Membuat Barcode Menggunakan HP Android

Selain menggunakan laptop, membuat barcode juga bisa dilakukan melalui HP Android tanpa aplikasi tambahan atau menggunakan aplikasi tambahan.

Jika tidak ingin repot mengunduh aplikasi lain, maka menggunakan situs website bisa menjadi alternatif lainnya. Langsung saja, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Masih dengan website www.barcode-generator.org, akses halaman web tersebut menggunakan Browser pada HP.
  • Scroll layar hingga menemukan jenis-jenis barcode yang bisa dibuat melalui web tersebut.
  • Pilih jenisnya yang sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik + Create Barcode yang muncul dalam opsi yang dipilih.
  • Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman atas, dan isi data sesuai dengan ketentuan.
  • Kemudian, klik Create Barcode dan Download untuk menyimpannya.

Jika lebih nyaman menggunakan aplikasi, Anda bisa membuat barcode dengan mengunduh aplikasi Barcode Generator terlebih dahulu melalui Google Play Store.

Setelah proses download dan instalasi selesai, buka aplikasi tersebut dan langsung saja klik ikon plus (+) yang ada di pojok kanan bawah.

Selanjutnya, pilih ADD CODE. Pada halaman selanjutnya, Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis barcode dan QR Code.

Pilih sesuai dengan keinginan dan lengkapi semua data mulai dari Code, Code Description, dan Labels. Jika sudah selesai, klik ikon centang.

Nah, setelah itu, tampilan barcode yang Anda buat akan muncul disertai dengan data yang telah diisi tadi. Jika kurang sesuai, Anda bisa mengeditnya dengan mengklik ikon pensil atau langsung menyimpannya.

BACA JUGA: Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp Agar Lebih Menarik

Itulah cara membuat barcode yang mudah dan praktis. Anda bisa membuatnya melalui situs website ataupun aplikasi dengan cara yang telah dijabarkan tadi. Menarik, bukan? Selamat mencobanya sendiri.