Tips & Trik

Cara Membersihkan Speaker HP Tanpa Perlu Membongkarnya

Cara membersihkan speaker HP penting untuk dipahami agar komponen tersebut tetap berfungsi dengan baik. Terlebih, jika kualitas suara yang dikeluarkan speaker pada ponsel kamu sudah menurun.

Bisa jadi, bagian speaker tertutup dengan debu, sehingga menghalangi jalannya suara. Jika dibiarkan, kondisi tersebut dikhawatirkan akan semakin memburuk.

Seperti yang kita tahu, speaker atau pengeras suara pada HP berfungsi untuk menghasilkan notifikasi berupa suara, panggilan, pesan masuk, hingga alarm.

Lebih dari itu, speaker HP juga berperan menghasilkan suara ketika penggunanya memutar musik atau audio tanpa headset.

Itulah sebabnya, menjaga kebersihan speaker sangat penting untuk dilakukan agar komponen didalamnya bekerja dengan baik dan menghasilkan suara yang jelas dan juga jernih.

Speaker yang kotor pastinya akan membuat penggunanya tidak nyaman. Terutama, ketika memutar musik, melakukan panggilan suara, ataupun aktivitas lain yang memerlukan peran speaker karena suara yang keluar pastinya terdengar tidak jelas.

Parahnya lagi, speaker yang kotor dan tidak pernah dibersihkan berpotensi mengalami kerusakan dan tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pengguna ponsel rajin membersihkan speaker. Nah, di artikel kali ini, Hallo GSM

akan berbagai tips mengenai cara membersihkan speaker HP yang mudah, tanpa perlu membongkarnya.

Cara Membersihkan Speaker HP

Membersihkan speaker HP bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, ataupun di kantor. Seperti langkah membersihkan pengeras suara HP di bawah ini yang menggunakan sikat gigi dan selotip.

Menggunakan Sikat Gigi dan Cotton Bud

Siapkan sikat gigi dan cotton bud yang bersih dan kering. Sebelum membersihkan speaker, pastikan HP dalam keadaan mati.

  • Siapkan alat-alat untuk membersihkan speaker HP.
  • Sikat speaker dengan perlahan dan hati-hati menggunakan sikat gigi. Jika perlu, goyangkan sedikit HP untuk memastikan kotoran yang ada pada speaker
    keluar.
  • Selanjutnya, bersihkan bagian HP lainnya seperti jack headphone menggunakan cotton bud dengan hati-hati.
  • Lakukan metode ini secara berkala agar kinerjanya tetap optimal.

Cara Membersihkan speaker HP dengan Selotip

Selain menggunakan sikat gigi, kamu juga bisa memanfaatkan selotip untuk membersihkan speaker HP. Cara ini juga bisa dibilang ampuh, karena selotip mampu mengangkat kotoran pada speaker hp dengan sempurna.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini, agar speaker terbebas dari kotoran.

  • Siapkan selotip secukupnya, kira-kira sepanjang 5cm.
  • Gulung selotip tersebut dengan posisi permukaan lengket di bagian luar.
  • Tekan selotip yang sudah digulung ke speaker HP. Jika memungkinkan, masukkan selotip tersebut ke bagian dalam speaker dengan hati-hati.
  • Ulangi langkah tersebut hingga bagian speaker bersih.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Casing HP agar Seperti Baru Lagi

Itulah beberapa cara membersihkan speaker HP yang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan alat yang mudah ditemukan tanpa perlu membongkarnya. Lakukan dengan sesering mungkin agar speaker HP tetap berfungsi optimal.