Tips & Trik

Cara Membersihkan Layar HP dengan Tepat dan Efektif, HP Jadi Kinclong Kembali!

Cara membersihkan layar HP seringkali tidak diperhatikan oleh pengguna. Padahal, membersihkannya perlu dengan langkah tepat agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen.

Di zaman serba digital ini, smartphone atau yang biasa disebut dengan HP menjadi alat yang sering digunakan setiap hari, bahkan di setiap waktu.

Dengan kegunaannya yang mampu memudahkan hampir seluruh aktivitas pengguna, tak sedikit bahkan hampir semua orang kini membawa smartphone kemana pun.

Dimanapun dan kapanpun, smartphone dengan kecanggihan teknologi yang dibawanya dirancang untuk bisa digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas manusia.

Selain untuk komunikasi sebagai fungsi utamanya, smartphone juga bisa digunakan untuk hal lain, seperti transaksi online, bisnis, mengakses media sosial, internet, melakukan scan, dan lain sebagainya.

Tak sedikit pemilik smartphone yang selalu membawa dan menggunakannya kemanapun dan dimanapun. Saking pentingnya, sampai-sampai merasa cemas ketika smartphone tertinggal.

Kendati smartphone atau HP selalu dibawa kemanapun, resiko terpapar debu, kotoran, bahkan kuman sangat tinggi.

Oleh karena itu, layar serta komponen luar HP harus dibersihkan secara rutin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perlu diketahui, membersihkan bodi termasuk layar HP yang selalu dipegang menggunakan tangan yang rentan terhadap kuman, harus dengan cara yang tepat.

Cara Membersihkan Layar HP

Membersihkan layar HP dengan tepat tentunya dapat meminimalisir kerusakan yang mungkin saja terjadi.

Untuk itu, berikut ini Hallo GSM sajikan langkah-langkah membersihkan layar HP yang tepat dan efektif. Simak terus hingga akhir!

Nonaktifkan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membersihkan layar, nonaktifkan HP terlebih dahulu agar prosesnya aman.

Dengan mematikan HP, tentunya akan mencegah terjadinya layar tertekan secara tidak sengaja dan membuat berbagai menu terbuka.

Selain itu, mematikan HP sebelum membersihkan layar juga bisa meminimalisir adanya kerusakan yang diakibatkan masuknya suatu cairan pada komponen HP.

Jika HP sudah benar-benar nonaktif, ikuti langkah berikutnya.

Lap dengan Kain Lembut

Setelah HP dinonaktifkan, lap seluruh bagian layar dengan kain bertekstur lembut untuk membersihkan debu yang menempel.

Jangan gunakan kain kasar, karena beresiko meninggalkan goresan pada layar secara permanen. Usapkan kain lembut secara perlahan dengan arah melingkar.

Cara tersebut sangat efektif untuk membersihkan layar HP.

Gunakan Sedikit Air Bersih

Jika menggunakan kain lembut saja tidak cukup untuk membuat layar bersih, maka teteskan sedikit air bersih pada lap lembut dan bersih.

Kemudian, usapkan lap tersebut pada noda yang sulit terangkat dengan perlahan tapi pasti. Jika noda membandel, gunakan sedikit minyak kayu putih untuk membersihkannya.

Perlu diperhatikan, jangan sampai ada air yang masuk ke dalam komponen HP. Gunakan air secukupnya saja.

Setelah itu, keringkan kembali layar HP dengan mengusapnya menggunakan lap lembut yang bersih dan kering. Pastikan permukaan layar tidak basah dan tidak ada air di bodi HP.

Pakai Cotton Bud

Untuk membersihkan kotoran yang sulit dijangkau di sela-sela layar, gunakan cotton bud yang lembut. Jika perlu, teteskan sedikit air bersih pada ujung cotton bud sebelum menggunakannya.

Gunakan cotton bud yang telah dibasahi tersebut untuk membersihkan layar HP hingga tidak ada kotoran yang menempel. Setelah itu, pastikan layar HP kering kembali.

Gunakan Cairan Khusus Pembersih Layar

Selain menggunakan cara tadi, kamu juga bisa membersihkan layar HP dengan cairan pembersih layar (screen clean) yang biasanya dijual di toko-toko elektronik atau konter. Selain itu, cairan tersebut juga tersedia di toko online.

Cairan ini dibuat khusus untuk membersihkan layar baik HP, laptop, komputer, tablet, atau TV. Cairan khusus ini memiliki zat kimia tertentu yang mampu mengangkat kotoran yang ada di layar.

Cara pengaplikasiannya juga mudah. Ikuti saja cara pemakaian yang ada pada kemasan.

BACA JUGA: Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP dengan Mudah dan Cepat, Dijamin Akurat!

Itulah cara membersihkan layar HP dengan tepat dan efektif. Lakukan tahapan tersebut secara rutin agar layar HP kamu tetap bersih dan terhindar dari kuman. Semoga bermanfaat.