Tips & Trik

Cara Membersihkan Casing HP agar Seperti Baru Lagi

Casing atau pelindung HP yang kotor atau bahkan berubah warna pastinya membuat tidak nyaman, bukan? Pengguna memang perlu mengetahui cara membersihkan casing HP yang tepat agar noda cepat terhempas.

Casing banyak dipakai oleh pengguna ponsel demi keamanan dan juga fashion. Jika casing yang digunakan kotor atau menguning, pastinya akan mengganggu penampilan dan membuat penggunanya tidak nyaman.

Beberapa faktor dapat menjadi penyebab casing menjadi kotor. Penggunaan dalam jangka waktu yang cukup lama, diletakkan di tempat kotor, atau menggunakannya ketika tangan kotor menjadi penyebab yang umum.

Seiring penggunaan yang cukup lama, casing HP yang digunakan sebagai pelindung akan kotor dan menguning jika tidak rajin dibersihkan.

Jika casing sudah terlanjur kotor seperti terkena noda atau apapun itu, membersihkannya bisa dilakukan dengan beberapa alat dan bahan yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana caranya? Langsung saja, simak ulasannya berikut ini.

Cara Membersihkan Casing HP

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih selain digunakan untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk, bisa juga diandalkan untuk membersihkan noda pada casing HP.

Meskipun tidak semua noda bisa dihilangkan, namun minyak ini bisa membuat casing menjadi kinclong kembali.

Noda ringan yang diakibatkan pemakaian sehari-hari, seperti noda makanan atau minuman yang menempel, bekas sticker, bekas double tip yang tidak sengaja tertempel, atau spidol, bisa dihilangkan menggunakan kayu putih.

Untuk membersihkannya, teteskan minyak kayu putih secukupnya pada kapas, lalu usapkan secara merata pada permukaan casing. Usap beberapa kali pada noda hingga hilang.

Cara Membersihkan Casing HP Menggunakan Hand Sanitizer

Saat ini, hampir semua orang memiliki hand sanitizer. Pasalnya, cairan ini sangat simpel digunakan untuk membersihkan tangan.

Selain membersihkan tangan setelah beraktivitas, hand sanitizer juga sangat bisa digunakan untuk membersihkan casing HP.

Casing akan terhindar dari kuman dan bahkan terbebas dari noda-noda ringan yang mengganggu penampilan. Cara membersihkan casing HP menggunakan hand sanitizer cukup meneteskannya pada casing dan usap hingga merata.

Menggunakan Cairan Pencuci Piring

Cairan pencuci piring juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan casing HP yang kotor. Kinerjanya mirip dengan penggunaan pada piring. Ya, bisa membuat casing menjadi kinclong.

Caranya, lepas casing dari ponsel terlebih dahulu, kemudian teteskan cairan pencuci piring pada kain lalu beri sedikit air.

Setelah itu, bersihkan casing menggunakan kain tersebut. Terakhir, bilas casing menggunakan air bersih hingga busa hilang, lalu keringkan dengan lap kering.

Menggunakan Pasta Gigi

Jika noda pada casing sulit untuk dihilangkan meskipun sudah mencoba membersihkannya menggunakan tiga bahan tadi, maka pasta gigi wajib untuk dicoba.

Pasta gigi yang sering digunakan untuk sikat gigi bisa diandalkan untuk menghilangkan noda membandel seperti tinta.

Tak hanya itu, casing yang tadinya berwarna putih namun berubah menjadi kekuning-kuningan juga bisa dibersihkan menggunakan pasta gigi.

Sebelum membersihkannya, copot casing dari HP. Kemudian, letakkan pasta gigi secukupnya pada sikat gigi yang tidak digunakan.

Kemudian, gosok perlahan pada noda yang ada pada casing HP. Setelah itu, bilas casing menggunakan air dan keringkan.

Menggunakan Baking Soda

Selain pasta gigi, baking soda juga bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan noda membandel pada pelindung HP.

Bakin soda yang biasa dipakai sebagai pelengkap ketika membuat kue juga sangat bisa diandalkan untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian, bahkan bisa memutihkan kembali.

Nah, untuk membersihkan casing HP menggunakan baking soda, kamu hanya perlu menggunakan secukupnya saja. Caranya, campurkan baking soda dengan air dalam wadah kecil.

Kemudian, baluri casing yang kotor menggunakan air baking soda tersebut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih kemudian keringkan.

BACA JUGA: Cara Mendinginkan HP yang Panas dengan Aman

Itulah beberapa cara membersihkan casing HP yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga membantu.