Tips & Trik

Cara Membatasi Hotspot di HP Android, Dijamin Ampuh!

Cara membatasi hotspot perlu diketahui, karena akan sangat membantu ketika terlalu banyak pengguna HP yang tersambung pada koneksi internet kamu.

Kamu sebagai pemilik koneksi internet yang berbaik hati memberikan hotspot pada teman yang sedang membutuhkan bisa membatasi siapa saja yang bisa terhubung.

Hal ini bisa dilakukan tentunya agar konsumsi data internet tidak terlalu membengkak hingga membuat kuota internet ludes dalam waktu singkat. Apalagi, jika pengguna yang terhubung ke hotspot kamu buka hanya satu atau dua orang.

Hotspot sendiri adalah fitur yang ada pada kebanyakan smartphone di pasaran, termasuk Android. Dengan adanya fitur ini, memungkinkan penggunanya untuk berbagi koneksi internet pada sesama pengguna gadget seperti laptop, HP, bahkan komputer.

Pengguna smartphone biasanya memberi keamanan pada hotspot dengan menggunakan kata sandi agar tidak bisa diakses dengan mudah.

Untuk bisa tersambung dengan hotspot, pengguna gadget lain perlu menghubungkan perangkatnya menggunakan kata sandi.

Semakin banyak gadget yang terhubung dengan suatu hotspot, maka semakin banyak pula kuota internet yang terpakai.

Oleh sebab itu, tak heran pengguna smartphone membatasi penggunaan hotspot pribadinya dengan menggunakan berbagai macam cara.

Selain menggunakan kata sandi yang biasanya tetap diberikan karena alasan solidaritas, membatasi hotspot

juga bisa dilakukan dengan cara lain.

Nah, agar kamu tidak kebobolan, simak artikel ini hingga tuntas karena Hallo GSM akan membagikan tutorial membatasi hotspot yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Membatasi Hotspot di HP Android

Membatasi hotspot bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga atau tanpa aplikasi sekalipun. Agar lebih praktis, berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti untuk membatasi hotspot tanpa aplikasi tambahan.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tutorial kali ini menggunakan smartphone Oppo dengan sistem operasi Android 12. Jika kamu pengguna smartphone merk lain ataupun versi Android yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membatasi hotspot tanpa aplikasi adalah dengan membuka menu Pengaturan atau Settings di HP Android kamu.
  • Dari berbagai menu yang tersedia, pilih Koneksi & berbagi.
  • Kemudian, klik menu Hotspot pribadi.
  • Pada halaman selanjutnya, pilih Manajemen koneksi.
  • Nah, pada halaman manajemen koneksi, kamu bisa membatasi maksimal perangkat yang diizinkan untuk terhubung dengan mengklik menu Koneksi maksimal yang diizinkan.
  • Nantinya, akan muncul opsi angka dari 1 sampai 10. Kamu bisa memilih berapa jumlah perangkat yang diizinkan untuk terhubung dengan hotspot.
  • Selesai. Hotspot di HP Android kamu berhasil dibatasi.

Selain membatasi jumlah pengguna, kamu juga bisa membatasi data internet pada halaman manajemen koneksi. Caranya, klik Pembatasan data, kemudian pilih jumlah data internet. Di sana tersedia pilihan pembatasan mulai dari 10MB hingga tak terbatas.

BACA JUGA: Mudah, Begini Cara Mengunci Galeri HP Untuk Menjaga Privasi

Itulah cara membatasi hotspot di HP Android. Kini, kamu bisa berbagi hotspot tanpa khawatir kebobolan kuota internet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.