Tips & Trik

Cara Mematikan Suara Kamera Samsung dengan Mudah

Menjadi pusat perhatian ketika memotret karena shutter camera di HP Samsung? Kamu bisa menghentikannya dengan cara mematikan suara kamera Samsung.

Samsung terkenal sebagai salah satu merk smartphone Android yang laris di Indonesia berkat keunggulannya pada build quality.

Pada sektor kamera, smartphone buatan Korea Selatan ini juga kerap kali menghasilkan kualitas yang baik. Sehingga, ponsel sekelas entry-level pun bisa diandalkan untuk menyalurkan hobi fotografi.

Apalagi, kelas flagship atau mid range. Cocok sekali untuk kamu yang hobi memotret berbagai momen yang tak kenal tempat dan waktu.

Setiap smartphone umumnya dilengkapi dengan bunyi shutter camera ketika memotret. Bunyi yang dikeluarkan juga cukup nyaring.

Suara tersebut menandakan pemotretan berhasil dan kemudian hasil foto disimpan ke penyimpanan perangkat.

Ketika berfoto di ruangan pribadi atau di rumah, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Akan tetapi, lain halnya ketika berada di tempat umum. Bunyi rana kamera dengan suara yang cukup kencang membuat pengguna kurang nyaman.

Bunyi ‘Cekrek‘ di tempat umum pastinya mengundang perhatian orang yang ada di sekitar kamu. Orang lain jadi tahu kalau kamu sedang memotret.

Selain itu, suara kamera juga dikhawatirkan membuat orang lain merasa terganggu. Oleh karena itu, banyak pengguna smartphone termasuk Samsung ingin mematikan suara kamera tersebut yang timbul ketika mengambil foto.

Jika kamu termasuk salah satunya, kamu bisa menyimak artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui caranya.

Cara Mematikan Suara Kamera Samsung

Menonaktifkan suara shutter camera

HP Samsung tidak sama di setiap seri. Seperti seri Galaxy A32 yang tidak memiliki menu nonaktif pada bagian shutter camera.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menonaktifkan suara kamera Samsung yang berlaku bagi berbagai seri.

Matikan dengan Mode Silent

Setiap smartphone dilengkapi dengan mode silent atau hening. Jika diaktifkan, mode ini akan membuat HP tidak bersuara ketika ada ada notifikasi serta panggilan, termasuk suara kamera.

Jika kamu belum tahu caranya, ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan mode silent.

Pertama, tekan tombol volume down (-) yang ada di bagian samping perangkat. Setelah muncul pengaturan volume, silahkan geser toggle switch di setiap menu hingga tidak ada volume.
Setelah itu, mode silent

otomatis aktif dan suara kamera ketika memotret juga tidak akan muncul.

Cara kedua, melalui status bar. Caranya, aktifkan HP Samsung kamu. Kemudian, slide atau geser layar dari atas hingga bawah untuk menampilkan status bar.

Setelah status bar muncul dan menampilkan berbagai fitur, klik ikon bernama ‘Sound’ dengan lambang speaker. Nantinya, akan ada garis miring pada ikon tersebut yang menandakan pengaturan suara hening atau silent.

Cara Mematikan Suara Kamera Samsung dari Pengaturan

Beberapa tipe HP Samsung seperti Galaxy A20s masih ada yang menyediakan menu Shutter yang memungkinkan pengguna melakukan pengaturan.

Untuk memastikannya, kamu bisa mengecek apakah pada pengaturan HP kamu tersedia menu tersebut dengan mengikuti langkah berikut.

  • Langkah pertama, buka kamera di HP Samsung.
  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings dengan mengklik ikon berlambang gear.
  • Scroll atau gulir layar dan klik menu Shutter Sound atau Bunyi rana.
  • Matikan suara kamera dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu Shutter Sound hingga warna berubah menjadi abu-abu.
  • Selesai. Suara kamera di HP Samsung kamu kini telah dinonaktifkan.

Metode kedua hanya menonaktifkan bunyi shutter kamera. Tidak berpengaruh pada bunyi lain seperti nada dering, notifikasi, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung Semua Series, Mudah dan Praktis

Itulah beberapa cara mematikan suara kamera Samsung yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa menonaktifkannya dengan mode silent atau melalui pengaturan kamera.