Tips & Trik

Cara Mematikan Suara Kamera Instagram di Semua Tipe HP, Mudah Banget!

Kurang nyaman dengan suara bidikan kamera di IG? Kamu bisa menghilangkannya dengan cara mematikan suara kamera Instagram.

Pengguna setia Instagram pastinya pernah atau bahkan sering mendapati HP berbunyi “cekrek” ketika mengambil gambar, baik itu selfie maupun mengambil gambar sesuatu melalui kamera di Instagram.

Ketika mengambil foto sendirian di rumah, tentunya hal ini tidak menjadi masalah.

Akan tetapi, lain halnya ketika berada di tempat umum, kendaraan umum, atau tempat lainnya yang memuat banyak orang. Bunyi kamera Instagram tak jarang membuat penggunanya merasa kurang nyaman.

Pasalnya, orang lain bisa tahu ketika pengguna sedang mengambil gambar, entah itu selfie atau apapun untuk dijadikan story IG.

Selain itu, suara kamera juga bisa saja mengganggu orang lain yang ada di sekitar. Oleh karena itu, beberapa pengguna ingin mematikan suara kamera di Instagram.

Meski saat ini Instagram belum menyediakan fitur untuk mematikan kamera, namun ada alternatif yang bisa dilakukan agar HP tidak berbunyi ketika pengguna mengambil foto di IG.

Mematikan suara kamera IG bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hanya dengan beberapa langkah sederhana saja, pengguna sudah bisa membuat HP tidak bersuara lagi ketika berswafoto di IG.

Seperti diketahui, Instagram merupakan platform media sosial yang populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan.

Kalangan anak muda hingga lansia pun banyak yang menggunakan platform ini untuk berbagi momen, membuat kreasi konten, atau untuk mencari informasi.

Jika kamu termasuk pengguna yang ingin mematikan suara kamera di Instagram, simak tutorial di bawah ini hingga tuntas untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Cara Mematikan Suara Kamera Instagram

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja berikut ini kami sajikan tutorial lengkap untuk mematikan suara kamera di Instagram. Pastinya bisa kamu ikuti dengan mudah.

Buka Instagram

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah buka Instagram di perangkat yang kamu gunakan.

Kali ini, kami praktik menggunakan aplikasi Instagram di HP Android.

Setelah aplikasi terbuka, seperti biasa, kamu akan disuguhkan dengan halaman Beranda berisi berbagai postingan dari pengguna lain.

Matikan Suara Kamera di Instagram

Masih di halaman Beranda Instagram, sekarang kamu bisa mulai untuk mematikan suara kameranya dengan beberapa metode.

Bisa melalui control centre atau dengan mengklik suatu tombol fisik pada HP. Kedua metode tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Jika ingin mematikan suara dari control center, kamu bisa menarik layar bagian atas dengan menggesernya ke bagian bawah hingga muncul beberapa menu.

Setelah itu, klik menu Mode senyap hingga aktif.

Selain itu, kamu juga bisa menekan tombol pengatur volume pada HP, bisa volume atas maupun bawah.

Nantinya, akan muncul pengatur volume suara pada layar HP. Ketika menu pengatur volume suara muncul, tampilkan semua pengaturannya dan buat ikon lonceng menjadi dicoret seperti pada gambar di bawah ini.

Hingga tahap ini, HP sudah dalam keadaan senyap atau silent.

Setelah itu, kamu bisa mengecek suara kamera pada Instagram. Silahkan akses kamera melalui Instagram. Bisa dengan mengklik ikon plus yang ada di halaman beranda, kemudian klik ikon kamera.

Setelah kamera HP aktif, klik ikon bulat untuk menangkap gambar menggunakan kamera. Pastinya, sudah tidak ada bunyi rana kamera yang menyertai proses pengambilan gambar di Instagram.

Ya, untuk mematikan suara kamera ketika mengakses kamera melalui Instagram, caranya hanya dengan membuat HP kamu menjadi Mute atau Silent. Dengan begitu, HP tidak akan menghasilkan bunyi rana kamera ketika kamera diakses dari Instagram maupun di aplikasi bawaan.

BACA JUGA: Cara Beli Pulsa di BRImo dengan Mudah dan Hemat, Begini Langkahnya

Nah, itulah tata cara mematikan suara kamera Instagram. Sangat mudah, bukan? Sekarang giliran kamu mempraktikkannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.