Tips & Trik

Cara Mematikan HP Oppo Semua Tipe, Bisa Tanpa Tombol

Cara mematikan HP Oppo bisa dilakukan dengan mudah menggunakan beberapa metode. Anda bisa mematikan atau menonaktifkannya sesuai dengan tipe HP Oppo yang digunakan.

Cara yang umum digunakan untuk mematikan HP atau gadget lainnya adalah dengan menekan tombol Power selama beberapa detik.

Akan tetapi,cara tersebut pada tipe smartphone tertentu termasuk merk Oppo tidak bekerja. Hal itu tentunya membuat bingung sebagian dari pengguna, terlebih pengguna baru.

Oppo termasuk merk smartphone yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Merk smartphone pabrikan Cina ini menawarkan fitur menarik, spesifikasi yang cukup mumpuni dan harga yang masih bisa dibilang terjangkau.

Dalam pemakaiannya, meskipun tak sedikit HP Oppo yang dibekali dengan baterai besar dan awet, sesekali pengguna ingin menonaktifkannya.

Jika Anda termasuk pengguna smartphone Oppo namun belum mengetahui cara yang tepat untuk mematikan HP Oppo, pas sekali. Karena, pada artikel ini langkah-langkah mematikan HP Oppo akan dijabarkan dengan jelas.

Sebagian tipe HP Oppo memiliki cara yang agak berbeda untuk menonaktifkannya. Akan tetapi, bisa dipastikan langkah-langkahnya mudah untuk diikuti. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan tipe HP Oppo yang Anda gunakan.

Cara Mematikan HP Oppo Semua Tipe

Menggunakan Kombinasi Tombol

Cara yang mudah dan umum digunakan untuk menonaktifkan smartphone biasanya dengan menekan tombol Power selama beberapa detik.

Setelah itu, pilih opsi untuk menonaktifkan atau mematikan. Nantinya, HP Anda otomatis akan dinonaktifkan.

Akan tetapi, jika cara tersebut tidak bekerja pada HP Oppo yang Anda gunakan, coba dengan cara menekan kombinasi tombol Power dan tombol Volume selama beberapa detik.

Jika berhasil, layar akan menampilkan opsi untuk mematikan dan memuat ulang atau restart. Untuk mematikan, pilih opsi Matikan.

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Menggunakan Bar Notifikasi

Metode kedua ini sangat bisa diandalkan ketika tombol Power pada HP Oppo Anda sedang bermasalah dan tidak berfungsi dengan optimal.

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mematikan HP Oppo tanpa tombol adalah dengan menggulirkan layar dari atas ke bawah hingga layar menampilkan berbagai fitur.
  • Cari dan klik ikon Power. Jika tidak ada, Anda bisa menambahkan fitur tersebut dengan mengklik ikon edit di bagian atas layar kemudian tambahkan fitur Power.
  • Setelah di klik, ikuti petunjuk yang muncul di layar dan otomatis HP Oppo akan dinonaktifkan.

Melalui Pengaturan

Selain menggunakan bar notifikasi, Anda juga bisa mematikan HP Oppo tanpa tombol melalui Pengaturan. Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan.

  • Pertama, buka menu Pengaturan yang ada di HP Oppo Anda.
  • Kemudian, klik Pengaturan Sistem.
  • Pada halaman selanjutnya, pilih menu Jadwal hidupkan/matikan.
  • Selanjutnya, Anda bisa menjadwalkan waktu untuk mematikan dan menghidupkan HP Anda.
  • Setelah itu, HP Oppo otomatis akan dinonaktifkan.

Untuk diketahui, cara ini berfungsi pada HP Oppo dengan antarmuka ColorOS 12 ke atas. Apabila Anda termasuk pengguna HP Oppo dengan ColorOS 3.2 hingga 11.3, Anda bisa mengikuti cara yang satu ini untuk menonaktifkan HP tanpa perlu menekan tombol fisik.

  • Masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih menu Additional Settings.
  • Kemudian, klik Automatic on/off.
  • Langkah berikutnya, aktifkan tombol Auto Power Off dan Auto Power On, kemudian atur jadwal mematikan dan menghidupkan sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA: Cara Screenshot Panjang Oppo, Cepat dan Mudah Banget!

Demikian artikel mengenai cara mematikan HP Oppo yang bisa dilakukan dengan mudah dan bisa disesuaikan dengan tipe HP Oppo yang Anda gunakan. Semoga bermanfaat.