Tips & Trik

Cara Mematikan Google Assistant Untuk Kamu yang Merasa Terganggu

Cara mematikan Google Assistant banyak dicari oleh pengguna smartphone dari kalangan remaja hingga dewasa.

Meskipun fitur ini hadir untuk membantu pengguna dalam mengoperasikan perangkat Android, namun kebanyakan orang merasa terganggu karena fitur ini sering muncul tiba-tiba.

Google Assistant dirancang menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang mampu melayani sesuai perintah suara dari pengguna.

Dengan menggunakan layanan ini, pengguna bisa mengatur dan menjalankan rutinitas secara otomatis, seperti menjalankan aplikasi, membuat panggilan, membuka kamera, dan lain sebagainya.

Layanan dari fitur ini akan tampil ketika pengguna menekan navigasi Home selama beberapa detik, menekan tombol Power terlalu lama, ataupun mengucapkan ‘Ok Google’.

Meskipun Google Assistant sangat bermanfaat dan membuat penggunaan smartphone jadi lebih praktis tanpa harus menekan menu apapun, namun tidak semua orang membutuhkan layanan ini.

Bahkan, sebagian orang justru ingin menonaktifkannya karena alasan tertentu, termasuk merasa terganggu karena fitur ini seringkali muncul disebabkan ketidaksengajaan pengguna.

Ketika tidak sengaja menekan tombol Power dengan durasi beberapa detik, fitur tersebut akan muncul meskipun pengguna tidak menginginkannya. Hal tersebut pastinya akan mengganggu tujuan awal pengguna.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, simak terus artikel ini karena Hallo GSM akan menyajikan cara mematikan Google Assistant agar tidak muncul secara tiba-tiba tanpa diinginkan.

Cara Mematikan Google Assistant dengan Mudah

Untuk informasi, tutorial kali ini menggunakan smartphone Oppo dengan sistem operasi Android 12. Berikut ini cara mematikan Google Assistant.

  • Masuk ke aplikasi Google.
  • Klik ikon profil di pojok kanan atas dan pilih Setelan.
  • Kemudian, klik Asisten Google.
  • Pada halaman selanjutnya, scroll dan cari menu General atau Umum.
  • Klik ikon slider yang ada di samping kanan menu Asisten Google untuk menonaktifkannya, lalu Konfirmasi
    .
  • Selesai.

Setelah ini, berbagai macam layanan yang ditawarkan Google Assistant juga akan turut dinonaktifkan.

Fitur ini tidak akan merespon ketika pengguna mengucapkan ‘Ok Google’, menekan tombol Power terlalu lama ataupun menekan navigasi Home dalam beberapa detik.

Akan tetapi, jika kamu hanya terganggu dengan Google Assistant yang sering muncul karena perintah suara tanpa sengaja, maka tidak perlu menonaktifkan Google Assistant.

Cukup menonaktifkan opsi Ok Google yang menjadi permasalahannya. Dengan begitu, pengguna tetap bisa menikmati fitur-fitur Google Assistant lainnya.

Cara Menonaktifkan Perintah Suara ‘Ok Google’

  • Buka aplikasi Google > klik ikon profil > Setelan.
  • Pilih Asisten Google dan klik menu Ok Google & Voice Match.
  • Kemudian, klik tombol slider yang berada di samping menu Hey Google.
  • Terakhir, klik OK ketika muncul jendela informasi.

BACA JUGA: Tak Perlu Ganti Kartu, Begini Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Itulah cara mematikan Google Assistant yang bisa dilakukan dengan mudah agar penggunaan smartphone lebih nyaman. Semoga membantu.