Tips & Trik

Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus, Praktis dan Mudah

Cara melihat SMS yang sudah dihapus perlu diketahui jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan pesan penting yang telah terlanjur terhapus.

Meskipun pada saat ini fitur SMS sudah sangat jarang digunakan untuk bertukar komunikasi, namun beberapa pesan penting seperti SMS banking, link sertifikat vaksin, jadwal vaksin, kode OTP, atau informasi administrasi dari nomor telepon seringkali dikirim melalui SMS.

Jika salah satu pesan penting tak sengaja terhapus dan Anda sangat memerlukannya, jangan khawatir, karena Hallo GSM sudah merangkum beberapa cara yang menjadi solusinya.

Untuk melihat SMS (Short Message Service) yang sudah terlanjur dihapus, bisa dilakukan dengan mudah di HP baik itu menggunakan bantuan aplikasi lain atau bahkan tanpa aplikasi.

Tanpa berlama-lama, langsung saja, simak pembahasan di bawah ini hingga tuntas agar Anda bisa melihat kembali SMS yang sudah dihapus.

Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus

Melihat SMS yang terhapus bisa dilakukan bagi Anda pengguna smartphone Android ataupun iPhone.

Melihat SMS yang Sudah Dihapus di HP Android

Langkah-langkah untuk melihat kembali SMS yang sudah dihapus tanpa aplikasi bisa menggunakan fitur bawaan bernama Backup and Restore yang ada pada HP.

Fitur tersebut sangat bisa diandalkan untuk memulihkan berkas yang sudah dihapus, termasuk SMS. Anda bisa melihat SMS yang terhapus dengan mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka smartphone Anda dan masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Pilih Account & backup yang ada di menu paling bawah.
  • Kemudian, klik Backup and Restore.
  • Pada halaman selanjutnya, pilih Restore data.
  • Setelah itu, centang di bagian Pesan atau Messages
    untuk mengembalikan seluruh SMS yang sudah dicadangkan sebelumnya di smartphone.
  • Klik Restore dan tunggu hingga proses selesai.

Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus di HP iPhone

Sebelum mengembalikan SMS yang terhapus di HP iPhone, pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur iCloud dan mencentang opsi Messages. Selain itu, pastikan juga Anda telah melakukan backup SMS di iCloud.

  • Buka situs iCloud.com, kemudian pilih Settings.
  • Scroll atau gulir layar hingga ke bawah dan pilih Advanced > Restore Files.
  • Tunggu beberapa saat hingga data SMS yang terhapus muncul.
  • Untuk memulihkan data dan melihat SMS yang sudah dihapus, klik Restore.

BACA JUGA: Tak Perlu Ganti Kartu, Begini Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Demikian cara melihat SMS yang sudah dihapus yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Anda bisa melihat kembali SMS yang telah dihapus dengan mengikuti langkah-langkah tadi. Semoga artikel ini dapat membantu.