Tips & Trik

Cara Melihat Kode QR WiFi di HP Oppo, Praktis Banget!

Tak perlu repot bertanya-tanya kata sandi pada pemilik tempat umum seperti cafe untuk menyambungkan WiFi, karena cara melihat kode QR WiFi di HP Oppo untuk menyambungkannya sangat mudah dan praktis, lho.

Ketika berada di tempat seperti kantor, cafe, restoran, stasiun atau yang lainnya, kebanyakan orang memilih untuk memanfaatkan akses WiFi yang tersedia di tempat tersebut.

Selain untuk menghemat kuota internet, menyambungkan WiFi ketika berada di tempat tertentu juga sangat bermanfaat karena terkadang jaringan seluler pada HP tidak stabil.

Nah, untuk mengakses WiFi, biasanya pengguna HP ataupun laptop menanyakan kepada pemilik atau karyawan tempat tersebut. Atau bisa juga bertanya kepada teman yang sudah terhubung dengan jaringan WiFi tersebut.

Namun, agar lebih mudah tanpa perlu memasukkan kata sandi yang berisi huruf dan simbol yang rumit, pengguna yang sudah terhubung bisa menampilkan kode QR WiFi, sehingga pengguna lain bisa melakukan scanning dan otomatis akan tersambung dengan jaringan WiFi tersebut.

Hampir semua merk smartphone Android termasuk Oppo sudah dibekali dengan kode QR untuk memindai WiFi.

Oppo dengan ColorOS yang dimilikinya memang membuat smartphone Oppo semakin sempurna. User Interface (UI) yang dibawanya dilengkapi dengan tampilan yang menarik dan juga fitur yang berguna namun simpel dan mudah digunakan.

Fitur sederhana seperti scan kode QR untuk berbagi WiFi juga sangat mudah. Tidak perlu menginstal aplikasi lain, karena ini merupakan fitur bawaan dan bisa dipakai kapan saja dan dimana saja.

Cara Melihat Kode QR WiFi di HP Oppo

  • Pertama-tama, buka pop up notifikasi dengan cara gulir layar dari atas ke bawah.
  • Kemudian, pilih WiFi, lalu klik Lainnya yang berada di bawah daftar jaringan WiFi yang tersedia.
  • Pada halaman selanjutnya, akan muncul nama WiFi yang sedang tersambung.
  • Klik ikon i atau info yang berada di samping jaringan WiFi yang tersambung.
  • Untuk menampilkan kode QR WiFi tersebut, pilih Kode QR WiFi.
  • Verifikasi, kemudian kode QR WiFi akan muncul lengkap dengan nama WiFi dan juga kata sandinya.

Untuk menghubungkan ke jaringan WiFi tersebut, pengguna HP lain hanya perlu melakukan scan

pada kode QR tersebut. Caranya, buka pengaturan WiFi dan klik ikon scan yang berada di pojok kanan atas layar, tepatnya di dekat ikon titik tiga.

Nah, setelah itu, pindai kode QR tadi dan perangkat otomatis tersambung ke jaringan WiFi yang dimaksud. Gimana? Mudah, kan?

Untuk diketahui, tutorial cara melihat kode QR WiFi di HP Oppo yang dibahas di atas menggunakan HP Oppo dengan OS Android 12.

Cara tadi hanya bisa dilakukan pada HP Oppo yang menjalankan sistem operasi Android 12 ke atas. Sementara Android 11 ke bawah kabarnya tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

Untuk kamu yang masih menggunakan HP Oppo dengan OS Android 11 ke bawah, tenang saja. Karena, masih ada cara lain untuk menampilkan kode QR WiFi.

Selain dengan menampilkan kata sandi WiFi, berbagi WiFi juga bisa dengan menampilkan kode QR lewat bantuan aplikasi pihak ketiga.

Ya, pengguna HP dengan OS Android dibawah 11 harus mengunduh aplikasi lain, contohnya adalah QR Qode Scanner di Google Play Store.

Nah, setelah itu, buka aplikasinya dan ikuti langkah-langkah untuk menampilkan QR Code menggunakan aplikasi tersebut.

BACA JUGA: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Agar Tak Diakses Sembarang Orang

Itulah cara melihat kode QR WiFi HP Oppo yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba dan semoga membantu.