Tips & Trik

Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP, Bisa Cek HP Doi!

Mau tahu aplikasi apa saja yang disembunyikan di HP? Cara melihat aplikasi yang disembunyikan bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, lho.

Smartphone keluaran baru hampir semua dilengkapi dengan fitur Sembunyikan Aplikasi. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan suatu aplikasi yang ada pada perangkat agar tidak tampil di Home screen.

Dengan adanya fitur ini, tentunya privasi akan jauh lebih terjaga, dan bisa meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengguna bisa menyembunyikan aplikasi dengan mudah melalui menu Pengaturan. Dengan menyembunyikan aplikasi, sudah pasti aplikasi tersebut tidak akan bisa diakses oleh sembarang orang, apalagi orang yang tidak bertanggung jawab.

Meskipun kini smartphone dilengkapi dengan fitur keamanan seperti gambar pola, PIN, serta sensor sidik jari, namun sistem keamanan tersebut masih tergolong mudah untuk diakses orang lain.

Pasalnya, bisa saja orang lain melihat kamu sedang membuka kunci dari HP kamu, sehingga orang lain bisa mengaksesnya ketika meminjam HP kamu.

Seperti yang kita tahu, aplikasi memiliki peran penting pada setiap perangkat. Di zaman serba digital ini, banyak aplikasi penting yang harus dilindungi privasinya.

Oleh karena itu, banyak yang memasang kunci atau menyembunyikannya dengan aplikasi bawaan demi keamanan.

Aplikasi yang disembunyikan biasanya merupakan aplikasi yang sifatnya pribadi yang rentan, seperti m-banking. Selain itu, ada juga pengguna HP yang menyembunyikan game online agar tidak diketahui oleh pasangannya yang melarang ngegame terus.

Apapun aplikasinya, pengguna bisa menyembunyikannya dan kemudian bisa diakses dengan kode tertentu.

Bagi kamu yang sebelumnya telah menyembunyikan aplikasi di HP, atau ingin melihat aplikasi yang disembunyikan di HP pasangan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan

Untuk diketahui, tutorial di bawah ini menggunakan HP Oppo dengan sistem operasi Android 12. Apabila kamu pengguna HP dengan merk lain atau OS yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

Melihat Aplikasi Tersembunyi di HP Sendiri

  • Nyalakan HP kamu, kemudian buka menu Panggilan atau Telepon.
  • Setelah itu, langsung saja masukkan kode akses yang sebelumnya kamu buat ketika menyembunyikan aplikasi. Kode untuk mengakses aplikasi tersembunyi diawali dengan # dan diakhiri dengan #.
  • Nantinya, layar otomatis akan menampilkan aplikasi-aplikasi yang telah kamu sembunyikan.
  • Selesai. Kamu bisa langsung menggunakan aplikasi yang disembunyikan dengan mengkliknya.

Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP Orang lain

  • Pertama-tama, pastikan kamu mengetahui kode akses yang digunakan oleh pengguna HP tersebut.
  • Buka menu Panggilan, kemudian masukkan kode akses tersebut.
  • Nantinya, aplikasi yang disembunyikan akan muncul.
  • Selesai.

BACA JUGA: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Agar Tak Diakses Sembarang Orang

Nah, itulah cara melihat aplikasi yang disembunyikan di HP. Kini, kamu bisa mengakses aplikasi yang telah kamu sembunyikan dengan mudah dan cepat. Kamu juga bisa mengetahui aplikasi yang disembunyikan di HP pasangan dengan mudah dengan syarat mengetahui kode akses yang digunakan.