Tips & Trik

Cara Melihat Alamat Email Sendiri dengan Mudah dan Cepat

Dari banyaknya pengguna email, tak sedikit diantaranya yang mencari tahu bagaimana cara melihat alamat email sendiri. Hal tersebut biasanya karena lupa dengan alamat email yang digunakan.

Email atau Electronic Mail sangat berperan penting pada saat ini. Email yang awalnya merupakan media untuk berkirim surat elektronik, kini menjadi hal penting untuk bisa mengakses berbagai layanan digital.

Hingga saat ini, sudah banyak penyedia layanan elektronik mail. Diantaranya, ada Google Mail atau Gmail, Yahoo, Outlook, Zoho, dan lain-lain.

Layanan email yang banyak dipilih terutama oleh pengguna Android adalah Google Mail atau Gmail. Alamat Gmail sangatlah diperlukan untuk berkirim pesan elektronik, bahkan untuk mengakses berbagai fitur yang ditawarkan Google.

Berbagai fitur seperti Gmeet, YouTube, Play Store, Google Drive, Google Maps, dan fitur lainnya hanya bisa diakses menggunakan alamat email.

Selain untuk bisa menikmati berbagai layanan, alamat email juga kini sudah seperti bagian dari data diri. Hal ini bisa dilihat dari data-data pada lembar lamaran pekerjaan, pelamar kerja juga biasanya mencantumkan alamat email pribadi.

Dikarenakan alamat email memiliki fungsi yang sangat penting, setiap pemilik email sangat disarankan untuk selalu menjaga dan mengingatnya agar mudah ketika dibutuhkan.

Kendati penggunanya adalah manusia yang tak luput dari lupa, alamat email juga termasuk hal yang bisa saja terlupakan.

Hal itu bisa terjadi lantaran alamat email yang terlalu panjang, memiliki komposisi rumit, atau jarang membuka email.

Lupa email pastinya membuat urusan menjadi rumit. Jika kamu sedang dalam posisi tersebut, tenang saja. Karena, kamu masih ada kesempatan untuk melihat dan mengakses kembali alamat email yang kamu gunakan.

Cara Melihat Alamat Email Sendiri

Melihat alamat email sendiri bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kamu bisa melihatnya melalui Pengaturan, melalui layanan Google, atau melalui menu khusus.

Agar lebih mudah, berikut ini Hallo GSM

sajikan tutorial lengkapnya. Simak hingga tuntas, ya!

Melalui Menu Pengaturan

  • Langkah pertama, buka menu Pengaturan di HP kamu.
  • Scroll dan klik menu Google yang biasanya ada di menu paling akhir.
  • Pada halaman selanjutnya, alamat email yang kamu gunakan akan muncul.

Cara Melihat Alamat Email Sendiri Melalui Aplikasi Gmail

  • Pertama, buka aplikasi Gmail yang ada di HP kamu.
  • Pada halaman utama, klik ikon profil yang ada di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, alamat email yang kamu gunakan akan ditampilkan.

Melalui Menu Khusus

Jika kamu lupa alamat email ketika hendak login ke salah satu layanan Google, kamu bisa memanfaatkan menu “Lupa Email” yang tersedia pada halaman login.

Klik menu tersebut, kemudian masukkan nomor telepon terdaftar atau alamat email pemulihan. Setelah itu, masukkan nama depan dan belakang yang terdaftar sebelumnya.

Kemudian, masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor telepon atau email pemulihan tadi. Nantinya, alamat email pengguna dengan data terkait akan ditampilkan.

BACA JUGA: Cara Mengirim Email dengan Langkah Mudah dan Praktis

Nah, itulah beberapa cara melihat alamat email sendiri yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.