Tips & Trik

Cara Melepas Tempered Glass HP yang Aman dan Praktis

Jika sebelumnya Hallo GSM membahas cara pasang Tempered Glass di HP, kini giliran cara melepas Tempered Glass yang juga perlu menggunakan teknik agar prosesnya mudah dan aman.

Seperti yang kita tahu, Tempered Glass atau TG merupakan pelindung berbahan kaca yang biasanya digunakan pada layar HP untuk melindungi dari berbagai goresan serta benturan.

Banyak pengguna ponsel pintar atau smartphone berlayar lega yang memilih menggunakan TG untuk memberikan perlindungan ekstra di area layar.

Hal ini karena TG berbeda dengan anti gores plastik. Dari bahannya saja, Tempered Glass ini menawarkan perlindungan yang jauh lebih besar terhadap layar.

Perlu diketahui, Tempered Glass harus diganti setelah dua atau tiga bulan pemakaian. Hal ini untuk mencegah TG melekat terlalu kuat pada layar HP.

Selain itu, seiring dengan waktu, lama-kelamaan TG jika tidak retak karena terkena benturan, TG juga bisa bergelembung sehingga menghambat dalam pengoperasian HP serta membuat tampilan tidak enak dipandang.

Seperti halnya memasang, melepas Tempered Glass juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Untuk melepasnya, perlu tahapan-tahapan khusus agar tidak merusak komponen layar.

Jika kamu berniat ingin melepas TG yang ada di layar HP kamu, berikut tahapan yang perlu dilakukan. Pastikan kamu membacanya hingga tuntas, ya!

Cara Melepas Tempered Glass

TG umumnya memiliki lem yang membuatnya menempel erat pada layar. Untuk melepaskannya, tidak bisa langsung dengan tangan kosong, alias harus dengan bantuan alat tambahan.

Alat-alat yang bisa digunakan untuk membantu melepas Tempered Glass dari layar diantaranya, hair dryer, kertas HVS, tusuk gigi, jarum pentul, kartu SIM bekas, dan kartu debit.

Alat-alat tersebut harus digunakan dengan ekstra hati-hati dengan mengikuti tahapan-tahapan berikut ini.

Nonaktifkan HP

Demi keamanan, sebelum melepaskan Tempered Glass dari layar HP, pastikan HP dalam keadaan nonaktif alias mati.

Matikan HP terlebih dahulu dengan cara yang benar. Nonaktifkan melalui tombol Power atau melalui Pengaturan.

Jika HP sudah nonaktif, ikuti langkah selanjutnya untuk melepaskan TG dengan aman.

Hangatkan Layar dengan Hair Dryer

Dikarenakan TG memiliki perekat yang cukup kuat, maka untuk melonggarkan rekatannya harus dihangatkan terlebih dahulu.

Perlu diperhatikan, gunakan hairdryer pada suhu yang paling rendah. Kemudian, arahkan alat pengering rambut tersebut pada seluruh bagian layar secara merata dalam 15 detik.

Jika tidak ada hairdryer, kamu bisa menggunakan sumber panas lainnya yang serupa dan pastikan aman. Atau kamu juga bisa melepas TG tanpa menghangatkannya terlebih dahulu jika memungkinkan.

Angkat Sudut Lapisan TG

Setelah TG dihangatkan, segera angkat salah satu sudut Tempered Glass menggunakan kuku atau bagian tajam tusuk gigi atau bisa juga dengan jarum pentul dengan hati-hati.

Gunakan Kertas HVS

Jika sudut TG telah terangkat, masukkan kertas HVS dengan panjang yang berukuran setengah dari lebar layar.

Kenapa menggunakan kertas HVS? Seperti yang kita tahu, jenis kertas ini memiliki karakteristik yang lembut, sehingga lebih aman daripada menggunakan tusuk gigi, jarum pentul, atau alat lain.

Gunakan kertas HVS beberapa lapis dengan melipatnya sebanyak dua atau tiga kali agar kertas kokoh.

Posisikan kertas HVS tersebut di bawah TG dan mulai geser kertas ke bagian TG yang belum terangkat. Lakukan dengan perlahan hingga semua bagian TG terlepas sempurna dari layar HP. Selesai.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis agar Awet Kembali

Nah, itulah cara melepas Tempered Glass di HP yang aman dilakukan tanpa merusak komponen layar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.