Tips & Trik

Mudah, Begini Cara Melacak Nomor HP Tak Dikenal

Penasaran dan was-was dengan panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal? Tenang saja, karena ada cara melacak nomor HP yang bisa dilakukan dengan mudah, lho.

Dibalik perkembangan teknologi yang semakin pesat, kesempatan bagi para penjahat pun turut terbuka lebar. Tak sedikit kasus penipuan atau bahkan hipnotis yang dilakukan melalui telepon.

Untuk itu, pengguna smartphone harus selalu waspada dengan panggilan yang masuk dari nomor tidak dikenal dan mencurigakan.

Agar mengurangi rasa penasaran dan khawatir dengan panggilan yang entah dari teman ataupun orang yang tidak diinginkan, pengguna penting mengetahui cara melacak nomor HP.

Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui pemilik nomor telepon yang melakukan panggilan ataupun mengirim pesan.

Cara melacak nomor tak dikenal bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi yang sudah banyak tersedia di Google Play Store, situs website, atau memanfaatkan provider.

Tanpa berlama-lama, berikut ini ulasan mengenai cara melacak nomor HP tak dikenal yang telah dirangkum oleh Hallo GSM dari berbagai sumber.

Cara Melacak Nomor HP Tak Dikenal

Melalui Provider

  • Telkomsel

Buka aplikasi Panggilan atau Telepon, lalu akses *250#. Nantinya, akan muncul opsi Lihat atau Edit daftar teman. Kemudian, masukkan nomor HP yang ingin dilacak.

Selain itu, bisa juga dengan mengirim SMS ke 5200 dengan format “TEMAN <spasi> nama <spasi> Nomor Target”.

  • XL

Masuk ke menu Panggilan, ketik *123*573*1# dan klik ikon telepon. Setelah itu, akan muncul pilihan dan pilih Lokasi Keluarga. Lalu, masukkan nomor yang hendak dilacak.

Pengguna XL juga bisa mengirim SMS ke 9111 dengan format “CARI <spasi> Nomor HP”.

  • Indosat

Cara melacak nomor HP untuk pengguna Indosat yakni dengan mengakses *777*6*6# pada menu Panggilan. Kemudian, pilih Lokasi Keluarga. Atau dengan mengirim SMS “CARI <spasi> Nomor HP” ke 9111.

Untuk diketahui, layanan ini bisa saja dicabut oleh pihak provider, sehingga pengguna tidak bisa menikmati layanannya.

Melacak Nomor HP Tak Dikenal Melalui Aplikasi HLR Lookup

Selain menggunakan cara tadi, melacak nomor HP juga bisa melalui aplikasi HLR Lookup. Untuk memulainya, unduh aplikasi tersebut di Google Play Store atau Apps Store terlebih dahulu.

Setelah proses pengunduhan dan instalasi selesai, langsung saja buka aplikasi HLR Lookup. Kemudian masukkan nomor HP yang ingin dilacak pada kolom yang tersedia.

Klik Check atau ikon panah untuk menampilkan informasi mengenai nomor tersebut.

Selain aplikasi HLR Lookup, ada banyak aplikasi populer seperti Get Contact, Truecaller, dan juga Whoscall yang bisa diandalkan untuk melacak nomor HP.

Melacak Nomor HP Menggunakan WhatsApp Web

  • Buka WhatsApp Web di Laptop atau Komputer.
  • Kirim pesan pada nomor yang ingin dilacak dan tunggu hingga nomor tersebut memberikan balasan.
  • Kemudian, tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del.
  • Klik Task Manager, tekan kombinasi tombol Windows + R kemudian ketik cmd dan enter.
  • Alamat IP akan muncul. Salin, dan pengguna perlu membuka website ip-adress.com/ip_tracer/.
  • Masukkan alamat IP pada kolom yang tersedia, dan klik Lookup.
  • Selesai. Informasi mengenai nomor tersebut akan ditampilkan.

BACA JUGA: Cara Melacak HP yang Hilang Dengan Mudah Tanpa Panik

Nah, itulah beberapa cara melacak nomor HP tidak dikenal yang bisa dilakukan dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Selamat mencoba.