Tips & Trik

Cara Logout Akun Google di HP Xiaomi dengan Langkah Mudah dan Aman

Tata cara logout akun Google di HP Xiaomi biasanya dibutuhkan ketika akun login di HP Xiaomi yang sudah tidak digunakan atau ingin mengganti akun Google.

Logout akun Google juga dibutuhkan ketika pengguna pernah login akun di perangkat milik orang lain.

Dalam kondisi tersebut, akun Google memang perlu dikeluarkan atau logout untuk menjaga keamanan akun dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pasalnya, akun Google bisa dibilang merupakan akses utama pengguna dalam sebuah perangkat berbasis Android, termasuk Xiaomi.

Akun Google sangat penting untuk bisa mengakses layanan penting yang disediakan Google, seperti Google Search, Google Lens, Google Maps, Chrome, YouTube, Google Meet, Google Mail, Google Drive, Google Berita, dan masih banyak lagi.

Jika kamu pernah login akun Google di HP Xiaomi milik orang lain atau ingin mengupgrade HP Xiaomi kamu ke HP yang baru, tentunya logout akun Google tidak boleh dilupakan.

Logout Google sangat penting demi menjaga keamanan akun dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Xiaomi yang merupakan merk populer di Indonesia dilengkapi dengan antarmuka bernama MIUI yang dikembangkan dengan basis sistem operasi Android.

Versi MIUI yang terus diupdate memberikan keleluasaan bagi pengguna Xiaomi untuk mengelola akun. Pengguna diizinkan untuk menambah atau menghapus akun Google tanpa perlu menggunakan bantuan aplikasi khusus.

Jika kamu termasuk pengguna Xiaomi dan ingin mengeluarkan (logout) akun Google, berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial lengkapnya. Pastikan simak hingga tuntas agar logout akun lebih mudah.

Cara Logout Akun Google di HP Xiaomi

Logout akun Google bisa dilakukan dengan mudah dan praktis dengan membuka menu Setelan HP.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tutorial di bawah ini menggunakan HP Xiaomi Redmi dengan MIUI 13 berbasis OS Android 12.

Jika kamu menggunakan HP Xiaomi dengan versi MIUI atau OS Android yang berbeda, kemungkinan perlu sedikit penyesuaian ketika mempraktikkannya.

Cara Logout Akun Google dengan Membuka Setelan HP Xiaomi

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk logout akun Google adalah dengan membuka menu Setelan pada HP.

Kamu bisa membukanya dari Home Screen, daftar aplikasi, atau quick menu dengan menggeser layar bagian atas ke bawah, kemudian klik ikon gerigi.

Pilih Menu Akun & sinkron

Dari banyaknya menu pada setelan yang tersedia, pilih menu Akun & sinkron yang letak menunya ada di deretan paling bawah.

Scroll atau gulir halaman setelan untuk menemukan menu tersebut.

Klik Google

Setelah menu Akun & sinkron di klik, kamu akan diarahkan ke halaman tersebut. Pada halaman Akun & sinkron, klik tulisan Google.

Selanjutnya, kamu akan dialihkan ke halaman sinkronisasi akun yang memuat nama akun Google yang terhubung atau sedang login di HP Xiaomi yang digunakan.

Logout Akun Google

Untuk mengeluarkan atau logout akun Google, klik ikon titik tiga yang ada di bagian bawah halaman Sinkronisasi akun.

Kemudian, klik opsi Hapus akun. Terakhir, klik tombol Hapus akun untuk mengonfirmasi bahwa kamu benar-benar ingin logout akun Google tersebut dari HP Xiaomi.

Selesai. Akun Google yang login di HP Xiaomi tersebut kini telah logout.

Bersama dengan itu, perlu diketahui bahwa seluruh layanan Google seperti Gmail, Play Store, Google Search dan lain sebagainya juga otomatis logout.

Artinya, untuk bisa mengakses layanan Google tersebut, tentunya pengguna HP Xiaomi perlu memasukkan atau login dengan akun Google kembali.

Setelah logout akun Google pada HP Xiaomi, pengguna tetap bisa login kembali baik pada HP yang sama atau perangkat lain menggunakan akun tadi.

Pastikan kamu mengingat alamat email yang digunakan, lengkap dengan passwordnya untuk bisa login lagi menggunakan akun Google yang sama.

BACA JUGA: Mudah! Begini Cara Membuat Akun Google Scholar untuk Kepentingan Akademis

Nah, itulah cara logout akun Google di HP Xiaomi yang bisa dilakukan dengan mudah, praktis tanpa perlu aplikasi tambahan, dan pastinya aman. Semoga artikel ini bermanfaat.