Cara Live di YouTube Lewat Android

Meskipun fitur live streaming YouTube sudah hadir sejak bulan April 2018, rupanya masih ada sejumlah pengguna yang belum mengetahui cara live di YouTube lewat Android.

Perlu Anda ketahui, diawal kemunculan fitur live streaming di YouTube ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang telah memiliki minimal 10.000 subscriber.

Beberapa waktu kemudian jumlah tersebut dipangkas hanya menjadi 1.000, hingga pada akhirnya pengguna hanya memiliki subscriber ratusan pun kini sudah bisa melakukan siaran langsung alias live streaming di YouTube.

Mau tau bagaimana cara melakukan siaran langsung di YouTube lewat hp Android? Jika iya, langsung aja simak tutorial lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung A30

Cara Live di YouTube Lewat Android

Tapi sebelumnya ada dua syarat utama yang wajib Anda penuhi terlebih dahulu, yaitu memiliki channel YouTube serta aplikasi YouTube yang ada diperangkat Anda harus di upgrade terlebih dahulu ke versi terbaru.

Nah, untuk memperbarui aplikasi YouTube, silahkan buka aplikasi Google Play Store

> ketikan kata kunci YouTube pada kolom pencarian > kemudian klik tombol update seperti pada gambar berikut ini.
Cara update aplikasi YouTube di Google Play Store. (SS)

1. Setelah aplikasi berhasil diperbarui, kini Anda bisa mulai masuk ke aplikasi YouTube > Klik ikon Tambah (+) yang berada di bagian tengah bawah layar hp Android Anda.

Cara live streaming YouTube lewat hp. (SS)

2. Dengan meng-klik opsi Live Streaming. Nantinya, aplikasi YouTube akan meminta Izin untuk mengakses lokasi, kamera dan juga mikrofon hp Anda > klik Buka Setelan

.
Cara live YT di Android. (SS)

3. Nantinya Anda akan langsung di arahkan ke menu Pengaturan. Klik menu Izin > lalu berikan Izin aplikasi YouTube untuk mengakses lokasi, kamera dan juga mikrofon hp Anda.

4. Kemudian tinggal lengkapi semua informasi yang dibutuhkan, mulai dari judul video, deksripsi hingga privasi video. Jika sudah klik tombol Next.

5. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan orientasi perangkat. Apakah ingin merekam dalam model Landscape atau Portrait. Jika ingin merekam dengan Mode Portrait, maka klik tombol Stream in Portrait.

Sesaat setelah Anda memilih orientasi live streaming akan berlangsung. Apabila ingin mengakhiri streaming, Anda hanya perlu meng-klik tombol Close yang terdapat di pojok kanan atas.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun Shopee

Gampang kan? Itulah tutorial cara live YouTube di Android. Semoga bermanfaat.