Tips & Trik

Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth Antar Handphone

Ingin mengunduh suatu aplikasi namun jaringan sedang lemot, atau bahkan kuota sudah menipis? Cara kirim aplikasi lewat Bluetooth jadi solusinya.

Fitur Bluetooth sudah ada sejak dulu dan hingga kini tersedia di berbagai macam perangkat elektronik, termasuk handphone alias HP.

Seperti diketahui, fitur ini memungkinkan HP terhubung dengan perangkat lain seperti headphone, printer, earphone, dan lain sebagainya.

Selain itu, Bluetooth juga sering digunakan untuk transfer data, audio, foto, serta video. Meskipun tergolong lambat, apalagi mengirim berkas berukuran besar, namun cara ini sangat efektif, mudah, dan pastinya gratis.

Apalagi, jika menginginkan suatu aplikasi yang sudah ada di HP lain. Kamu bisa memanfaatkan fitur Bluetooth untuk mengirimkannya ke HP kamu tanpa harus mengunduhnya menggunakan jaringan internet.

Ya, dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa mendapatkan aplikasi dari perangkat lain tanpa harus mendownload-nya terlebih dahulu melalui Google Play Store. Sementara, mengunduh dari aplikasi tersebut tentunya harus menggunakan kuota internet.

Nah, untuk menghemat kuota internet, berikut ini cara kirim aplikasi lewat Bluetooth. Simak hingga tuntas, ya!

Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth

  • Pertama-tama, aktifkan fitur Bluetooth pada handphone pengirim dan penerima.
  • Untuk mengaktifkannya, gulirkan layar ke bawah untuk menampilkan Quick Settings yang berisi berbagai fitur. Cari ikon Bluetooth dan klik untuk mengaktifkannya.
  • Setelah itu, masuk ke aplikasi File Manager bawaan pada HP pengirim.
  • Cari file aplikasi yang hendak dikirimkan.
  • Jika sudah ditemukan, klik file tersebut kemudian klik ikon titik tiga dan pilih Send atau Kirim.
  • Setelah itu, akan muncul beberapa metode pengiriman. Langsung saja pilih Bluetooth.
  • Nantinya, akan muncul daftar perangkat yang tengah mengaktifkan fitur Bluetooth yang berada di sekitar HP pengirim. Pilih nama HP penerima.
  • Lalu, akan muncul pemberitahuan pada HP penerima, dan penerima perlu mengklik Accept atau Setuju untuk memulai proses pengiriman aplikasi.
  • Proses pengiriman akan dimulai. Kamu hanya perlu menunggunya beberapa menit hingga selesai.
  • Jika sudah 100% selesai, tekan aplikasi tersebut. Kemudian, akan muncul menu instalasi. Klik Instal atau Pasang untuk memasang aplikasi tersebut di HP kamu.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai dan aplikasi siap untuk digunakan.

Lama atau tidaknya proses pengiriman didasarkan pada ukuran sebuah aplikasi itu sendiri. Semakin besar ukurannya, maka kemungkinan besar proses pengiriman juga akan semakin lambat.

Bisa dibilang, fitur Bluetooth memang tidak diperuntukkan untuk mengirim file berukuran besar. Apalagi, untuk mengirim banyak aplikasi sekaligus. Tentunya akan memakan banyak waktu dan mungkin saja terjadi kendala.

BACA JUGA: Cara Mengetahui Password WiFi yang Terhubung di HP dan PC

Itulah cara kirim aplikasi lewat Bluetooth yang bisa dilakukan untuk mendapat aplikasi yang sudah ada di handphone lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.