Tips & Trik

Cara Hemat Kuota Internet Agar Tidak Boros

Ada beberapa cara hemat kuota internet yang bisa dilakukan dengan mudah agar pengeluaran setiap bulannya tidak semakin membengkak disebabkan kuota yang boros.

Saat ini, kuota internet menjadi pengeluaran wajib di setiap bulannya. Pasalnya, dengan bermodalkan smartphone dan jaringan internet, kini berbelanja, belajar, rapat, memesan tiket, hingga mengirim uang pun bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

Harga kuota internet yang tidak murah menjadikan kebanyakan orang berusaha untuk menghemat pemakaiannya. Terlebih lagi, untuk yang tidak menggunakan akses WiFi.

Kuota internet akan habis sesuai dengan pemakaian. Bermain game online, mengerjakan tugas sekolah, scroll media sosial, streaming hingga lupa waktu sering kali membuat boros kuota internet.

Tak jarang, ketika sedang asyik-asyiknya streaming film favorit atau mengerjakan tugas yang deadlinenya sudah mepet, namun lemot bahkan tidak bisa diselesaikan karena kuota tiba-tiba habis.

Kondisi tersebut tentunya membuat jengkel dan akhirnya kembali mengeluarkan budget karena harus mengisi ulang kuota internet untuk melanjutkannya.

Lantas, bagaimana cara menghemat kuota internet? Nah, berikut ini Hallo GSM sajikan beberapa cara hemat kuota agar pengeluaran di setiap bulannya tidak menguras dompet. Simak sampai selesai, ya!

Cara Hemat Kuota Internet

Pantau dan Batasi Penggunaan Data

Cara yang pertama ini sangat ampuh. Smartphone Android dilengkapi dengan Mode Ultra Hemat Data untuk membatasi penggunaan kuota internet di setiap harinya.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Pengaturan atau Settings > pilih Koneksi atau Jaringan dan Internet > Penggunaan data.

Setelah itu, jumlah data seluler yang telah digunakan selama satu bulan akan muncul.

Pada halaman yang sama, pilih menu Mode ultra hemat data kemudian aktifkan.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur batas penggunaan data internet dengan mengaktifkan data seluler terlebih dahulu, kemudian aktifkan Atur batas data seluler.

Lalu, atur grafik sesuai dengan batas besaran data seluler yang diinginkan. Dengan mengaktifkan mode ini, data seluler secara otomatis akan mati saat kuota pemakaian telah mencapai batas yang ditentukan.

Gunakan WiFi

Ketika bepergian, gunakan saja jaringan WiFi yang tersedia dimanapun untuk menghemat kuota internet yang kamu miliki.

Apalagi, saat ini WiFi gratis sudah tersedia hampir di mana-mana. Seperti di pusat kota, pusat perbelanjaan, kampus, hingga pusat transportasi.

Penggunaan WiFi juga sangat disarankan ketika hendak meng-update berbagai aplikasi yang tersedia di HP.

Pembaruan aplikasi memakan banyak kuota internet. Jadi, untuk menghemat kuota, lebih baik menggunakan jaringan WiFi yang tersedia.

Matikan Fitur Unduh Otomatis

Cara hemat kuota internet selanjutnya adalah dengan menonaktifkan fitur unduh otomatis yang biasanya ada pada aplikasi perpesanan.

Kamu mungkin sering mendapatkan pesan berupa video, gambar, musik, atau file yang memiliki ukuran besar. Dengan aktifnya fitur unduh otomatis, media tersebut langsung diunduh dan tersimpan di penyimpanan perangkat.

Hal tersebut pastinya membuat kuota internet menjadi lebih boros apalagi pesan berupa media tersebut banyak diterima dari grup-grup yang ada pada aplikasi WhatsApp (WA).

Untuk mengatasinya, buka aplikasi WA, kemudian klik ikon titik tiga yang ada pada pojok kanan atas halaman Chat > Pengaturan atau Setelan.

Setelah itu, pilih menu Penyimpanan dan Data, kemudian atur pesan berbentuk apa saja yang bisa langsung diunduh ketika menggunakan data seluler atau ketika terhubung ke WiFi.

Disarankan untuk menghilangkan semua centang pada opsi yang ada di dalam menu ‘saat menggunakan data seluler’.

Batasi Streaming Video

Streaming video di berbagai platform seperti YouTube sering kali menghabiskan waktu dan pastinya menghabiskan banyak kuota internet.

Untuk menghemat kuota, kamu bisa menggunakan cara download video YouTube ke galeri terlebih dahulu, sehingga video yang dipilih bisa ditonton kapan saja tanpa menggunakan jaringan internet.

Matikan Data Seluler Ketika Tidak Digunakan

Meskipun perangkat sedang tidak digunakan, namun aplikasi yang ada pada smartphone tetap berjalan dan menggunakan data seluler.

Sehingga, hal tersebut membuat kuota internet semakin berkurang. Untuk meminimalisirnya, matikan data seluler ketika HP tidak digunakan.

BACA JUGA: Cara Melacak HP yang Hilang Dengan Mudah Tanpa Panik

Itulah beberapa cara hemat kuota internet yang bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.