Tips & Trik

Cara Daftar Akun Grab Bike dan Grab Car Secara Online

Mau jadi driver Grab tapi masih belum tau gimana cara daftarnya? Cara daftar akun Grab sebetulnya tidaklah terlalu sulit asalkan kamu sudah menyiapkan semua persyaratan yang diperlukan.

Kamu bisa melakukan pendaftaran jadi mitra GrabBike maupun GrabCar secara online melalui situs resmi grab.com atau mengunjungi GDC terdekat.

Untuk mempermudah, berikut adalah langkah-langkah cara daftar akun Grab, silahkan disimak dengan seksama.

BACA JUGA: Cara Daftar PayLater Gojek Tanpa Perlu KTP dan Selfie

Cara Daftar Akun Grab

Persyaratan Administrasi

Sebelum masuk ke topik inti, alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa syarat-syarat yang diperlukan untuk menjadi mitra pengemudi Grab.

  • Merupakan Warga Negara Indonesia yang sudah berusia minimal 18 tahun dan maksimal 55 tahun. Khusus untuk calon pendaftar yang berusia di atas 50-55 tahun harus menyertakan surat keterangan sehat dari dokter.
  • Mampu membaca dan juga menulis.
  • Memiliki kendaraan pribadi layak pakai dengan usia kendaraan maksimal 5 tahun pada saat pendaftaran di Grab.
  • Mengisi saldo aplikasi sesuai dengan nominal yang telah ditetapkan oleh masing-masing kota.
  • Terakhir, harus lulus uji berkendara dan training daring yang diselenggarakan oleh pihak Grab.

Dokumen

Selain beberapa persyaratan di atas, kamu juga perlu melampirkan sejumlah dokumen penting seperti eKTP, Kartu Keluarga, SIM, STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) , Buku Rekening pribadi dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Cara Daftar Akun Grab Motor atau Mobil

1. Pertama, buka aplikasi browser yang ada di perangkat kamu, kemudian masuk ke situs grab.com/id lalu klik menu garis tiga di pojok kiri atas > Jadilah Mitra Kami > Pengemudi Bike > Daftar.

Cara daftar Grab Motor. (SS)

2. Atau jika ingin lebih mudah kamu bisa langsung masuk ke halaman https://register.grab.com/id.

3. Kemudian pilih kota tempat kamu tinggal, lalu pada kolom Jenis Layanan silahkan pilih GrabBike apabila kamu berniat jadi pengemudi GrabBike (motor) atau GrabCar untuk jadi pengemudi Grab mobil.

Daftar GrabCar. (SS)

4. Selanjutnya, masukkan nama lengkap dan nomor hp kamu. Untuk kolom referensi masukkan angka 0 jika memang kamu tidak memiliki kode.

5. Periksa kembali semua data yang kamu masukkan, jika sudah tinggal klik Daftar.

6. Setelah pihak Grab akan mengirimkan 4 digit kode OTP melalui SMS ke nomor hp yang kamu masukkan tadi. Nah, tugas kamu hanya perlu memasukkan kode tersebut ke dalam kolom yang tersedia.

7. Langkah terakhir kamu akan diminta mengisi formulir data diri. Silahkan isi semua kolom dengan benar dan juga teliti.

Setelah selesai mengisi semua formulir yang diminta, cara daftar akun Grab yang selanjutnya adalah menunggu SMS dari pihak Grab.

Nah, SMS tersebut biasa berisi pemberitahuan seputar tempat seleksi, jadi kamu harus datang ke kantor Grab sesuai dengan alamat yang tertera di SMS untuk mengikuti seleksi pengemudi.

Ketika datang ke kantor Grab jangan lupa, kamu juga harus membawa kendaraan sesuai dengan yang sudah kamu daftarkan berikut sejumlah dokumen penting seperti KTP, KK, SIM, SKCK dan STNK.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun GoPay

Kurang lebih seperti itulah cara daftar akun Grab motor dan mobil secara online. Semoga bermanfaat.