Tips & Trik

Cara Cek Typo di Word Menggunakan HP Android

Cara cek typo di Word bisa dilakukan dengan mudah untuk mengetahui adanya kesalahan dalam penulisan pada dokumen yang tengah dibuat.

Kesalahan ejaan merupakan suatu hal yang wajar ketika membuat sebuah tulisan. Akan tetapi, kesalahan ejaan atau typo akan menjadi masalah jika terdeteksi pada suatu karya tulis, artikel ilmiah, atau tugas akhir seperti skripsi.

Pasalnya, jenis tulisan tersebut membutuhkan data serta informasi yang valid. Dengan ini, typo merupakan suatu hal yang sangat perlu dihindari.

Membuat karya tulis, skripsi, surat penting, atau yang lainnya biasanya mengandalkan aplikasi Microsoft Word. Perangkat lunak pengolah kata yang sangat populer ini menawarkan berbagai macam fitur yang dapat memudahkan penggunanya.

Salah satu fitur yang menarik dan sangat membantu setiap penggunanya adalah cek typo otomatis.

Dengan adanya fitur ini, ketika sedang membuat suatu karya tulis, pengguna bisa langsung mengecek apakah ada kesalahan ejaan atau tidak pada tulisan yang sedang dibuatnya.

Menariknya lagi, selain menggunakan laptop atau komputer, mengecek typo pada Ms. Word bisa juga dilakukan menggunakan tablet, dan juga smartphone alias HP.

Cara Cek Typo di Word Menggunakan HP

Dengan keterbatasan ukuran layar yang ada pada smartphone, mengecek typo di Word menggunakan HP direkomendasikan ketika hendak mengecek dokumen yang tidak terlalu panjang, seperti teks pidato, puisi, cerpen, surat undangan, dan lain-lain.

Biasanya, Microsoft Word menandai kesalahan ejaan dengan garis bawah bergelombang merah. Word juga mendeteksi kesalahan tata bahasa yang ditandai dengan garis biru bergelombang.

Jika diketahui terdapat kesalahan ejaan atau tata bahasa namun tidak ada tanda apapun, bisa jadi pemeriksaan otomatis dinonaktifkan.

Untuk itu, kamu perlu mengaktifkannya agar Word memberi tanda pada tulisan yang memiliki kesalahan ejaan alias typo, atau kesalahan tata bahasa.

Setelah fitur tersebut aktif, kamu bisa dengan mudah mengetahui adanya kesalahan penulisan tanpa perlu membacanya dari awal hingga akhir dan langsung menggantinya dengan cepat.

Penasaran dengan cara mengecek typo di Word menggunakan HP? Simak uraian langkah-langkah di bawah ini yang telah Hallo GSM himpun dari laman resmi support.microsoft.com/id.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengecek typo di Word menggunakan HP Android adalah dengan membuka aplikasi Microsoft Word.
  • Jika belum tersedia, download Microsoft Word terlebih dahulu dari Google Play Store.
  • Buka Ms. Word kemudian buat dokumen baru atau buka dokumen yang akan kamu cek.
  • Setelah dokumen yang dimaksud tampil, klik ikon pensil yang ada di bagian atas layar.
  • Kemudian, klik ikon pensil berlatar belakang huruf A kapital.
  • Setelah itu, akan muncul bar di bagian bawah layar.
  • Klik Beranda dan pilih Tinjau.
  • Berikutnya, pilih menu Ejaan.
  • Nantinya, tulisan pada dokumen yang memiliki kesalahan ejaan akan ditandai dengan garis merah bergelombang.
  • Setelah itu, kamu bisa mengubahnya menjadi kata yang lebih tepat dengan mudah dan cepat.
  • Selesai.

BACA JUGA: Mudah! Begini Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Cepat

Itulah cara cek typo di Word menggunakan HP Android yang bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga membantu.