Tips & Trik

Cara Cek Tipe HP Oppo Paling Mudah dan Akurat

Disamping banyaknya pengguna HP Oppo dengan berbagai tipe, masih banyak yang mencari cara cek tipe HP Oppo untuk mengetahui jenis perangkat yang digunakan.

Tipe HP memang biasanya tertera pada box kemasan. Namun, bagaimana jadinya jika kemasan hilang, atau membeli HP Oppo second tanpa box dan lupa dengan tipenya?

Tenang saja, karena di artikel kali ini, akan dikupas dengan jelas bagaimana cara mengecek tipe HP Oppo yang mudah untuk diikuti dengan hasil yang akurat.

Mengetahui tipe HP sangatlah penting. Hal ini pastinya bisa memudahkan pengguna itu sendiri ketika ingin membeli casing baru, charger, headset, ataupun melakukan penggantian atau servis komponen perangkat seperti baterai, dan lain-lain.

Nah, untuk mengetahui tipe HP Oppo yang sedang Anda gunakan, simak artikel ini hingga selesai agar menemukan cara mengecek tipe HP yang mudah sesuai dengan keinginan.

Cara Cek Tipe HP Oppo

Menggunakan Menu Panggilan

Cara yang paling mudah dan praktis untuk mengetahui tipe HP Oppo yang digunakan adalah dengan menggunakan menu Panggilan atau Telepon yang ada pada perangkat.

Kendati begitu, masih banyak pengguna smartphone Oppo yang belum tahu dengan cara ini. Langsung saja, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka menu Panggilan atau Telepon di HP Oppo.
  • Ketik *#6776# dan klik ikon Telepon.
  • Setelah itu, informasi mengenai HP Oppo termasuk tipenya otomatis akan muncul.
    Simak dengan seksama dan ingat tipe HP Oppo yang Anda gunakan. Jika perlu, catat atau screenshot untuk mendokumentasikannya.

Tak hanya tipe atau model HP, dengan mengakses kode dial tersebut, pengguna akan disuguhkan berbagai informasi mengenai perangkat yang sedang digunakan.

Pengguna bisa mengetahui Versi Android, Kernel, Build Time, Modem, dan masih banyak lagi.

Cara Cek Tipe HP Oppo Melalui Pengaturan

Mengecek tipe HP Oppo yang sedang digunakan juga bisa dengan menggunakan Pengaturan atau Settings yang ada pada perangkat. Agar lebih mudah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Masuk ke aplikasi Pengaturan atau Settings.
  • Gulir layar dan pilih menu Tentang Perangkat.
  • Pada halaman selanjutnya, tipe HP dan juga informasi lainnya akan ditampilkan.

Dengan membuka menu Tentang perangkat atau About Phone pada Pengaturan, pengguna juga bisa mengetahui kapasitas penyimpanan, prosesor, versi antarmuka (UI), Status, Informasi hukum, panduan pengguna, dan masih banyak lagi.

Selain menggunakan dua cara tadi, cara cek tipe HP Oppo juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan bernama AIDA64.

Menggunakan Aplikasi AIDA64

Untuk menggunakannya, pengguna perlu mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store. Setelah aplikasi terpasang, langsung saja klik aplikasi tersebut.

Pada halaman utama, klik menu System. Setelah itu, tipe HP Oppo yang sedang digunakan bersamaan dengan informasi lainnya akan ditampilkan.

BACA JUGA: 3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus, Mudah!

Nah, itulah cara cek tipe HP Oppo yang bisa dilakukan dengan mudah dan hasilnya sudah pasti akurat. Selamat mencoba dan semoga membantu.