Tips & Trik

Cara Cek Spesifikasi HP Xiaomi Paling Mudah dan Akurat, Bisa dengan atau Tanpa Aplikasi

Pengguna smartphone termasuk juga penggemar Xiaomi yang disebut dengan Mi Fans penting untuk mengetahui cara cek spesifikasi HP Xiaomi.

Pasalnya, spesifikasi menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika membeli HP agar semuanya sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan juga budget.

Setiap HP menawarkan spesifikasi yang berbeda. Biasanya, spesifikasi yang ditawarkan dan juga harganya disesuaikan dengan tingkatan kelas. Ada entry level, mid range, dan juga flagship.

Brand Xiaomi yang populer juga menyediakan ketiga kelas smartphone tersebut. Sehingga, penggemar Xiaomi atau mereka yang ingin beralih ke Xiaomi bisa menyesuaikan dengan keinginan dan juga kebutuhan ketika hendak membelinya.

Calon pembeli juga bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki untuk meminang perangkat. Umumnya, semakin bagus spesifikasi yang ada pada suatu perangkat, semakin tinggi juga banderol harganya.

Spesifikasi yang selalu jadi bahan pertimbangan adalah aspek kamera, baterai, RAM, layar, dan juga prosesor yang menjadi otak pacu perangkat.

Ketika hendak membeli HP, cara untuk melihat spesifikasinya cukup dengan melihat bagian box kemasan. Biasanya, di sana sudah tertera spesifikasi utama yang ditawarkan perangkat.

Mengecek spesifikasi juga bisa melalui HP itu sendiri. Dengan mengeceknya melalui HP dan dus kemasan, kita bisa mengetahui apakah HP Xiaomi yang hendak dibeli atau yang sedang digunakan berstatus asli atau bahkan palsu.

Jika dus kemasan sudah hilang atau tidak mendapat dus ketika membeli HP karena alasan tertentu, tenang saja. Kamu bisa mengeceknya dengan mudah melalui HP itu sendiri.

Cara Cek Spesifikasi HP Xiaomi

Mengecek spesifikasi HP bisa dilakukan dengan mudah baik melalui menu Setelan atau dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Untuk lebih jelasnya, simak tutorial cek spesifikasi HP Xiaomi yang Hallo GSM sajikan di bawah ini.

Cek Spesifikasi dari Menu Setelan

Cara pertama yang paling mudah untuk mengetahui spesifikasi HP Xiaomi yang digunakan adalah dengan mengecek melalui Setelan HP.

Untuk mengeceknya, buka menu Setelan atau Settings pada HP Xiaomi yang kamu gunakan. Setelah itu, klik menu Tentang telepon.

Terakhir, pilih menu Keseluruhan spesifikasi. Setelah itu, spesifikasi HP Xiaomi yang kamu gunakan akan ditampilkan.

Pada halaman tersebut, tersedia informasi RAM, CPU, versi Android, versi MIUI, nomor model perangkat, penyimpanan internal, informasi hukum, status, dan lain sebagainya.

Cara Cek Spesifikasi HP Xiaomi dengan IMEI

Cara kedua ini bisa menampilkan spesifikasi HP Xiaomi secara detail. Sebelumnya, kamu perlu mengetahui nomor IMEI dari HP Xiaomi yang akan kamu cek spesifikasinya.

Nomor IMEI biasanya terletak pada bagian belakang perangkat dan juga dus kemasan. IMEI juga bisa didapatkan dari menu Setelan Tentang perangkat.

Salin atau catat nomor IMEI tersebut. Kemudian, buka Browser yang biasa digunakan. Kunjungi laman imei.info.

Setelah itu, masukkan IMEI HP Xiaomi tadi pada kolom yang tersedia, kemudian beri centang pada pernyataan ‘Aku Manusia’. Terakhir kik ‘Check’.

Nantinya, detail spesifikasi HP Xiaomi kamu akan ditampilkan.

Cek Spesifikasi dengan Aplikasi CPU-Z

Selain dua cara tadi, mengecek spesifikasi HP Xiaomi juga bisa melalui aplikasi CPU-Z. Aplikasi ini mampu menampilkan spesifikasi HP dengan cukup lengkap.

Kamu bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Play Store. Setelah aplikasi CPU-Z terpasang di HP Xiaomi, buka aplikasinya.

Saat itu juga, aplikasi akan menampilkan informasi-informasi mengenai spesifikasi HP yang kamu gunakan. Aplikasi tersebut akan menampilkan informasi SoC, device, system, battery, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP Xiaomi, Gampang Banget!

Itu dia beberapa cara cek spesifikasi HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan tentunya akurat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.