Tips & Trik

Cara Cek Penerima PIP Melalui HP, Mudah dan Akurat

Cara cek penerima PIP bisa dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan HP. Ya, nama penerima PIP bisa diketahui secara transparan dengan mengakses situs resmi secara online.

PIP atau Program Indonesia Pintar akan kembali dilanjutkan di tahun 2023 ini. Pemerintah kembali menyalurkan dana bantuan pendidikan untuk siswa mulai dari jenjang SD hingga SMA sederajat.

Program ini merupakan bantuan uang tunai yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.

Tujuan dari Program Indonesia Pintar adalah untuk membantu anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu tetap mendapatkan pendidikan sampai tamat jenjang menengah. Baik melalui jalur formal atau jalur non formal seperti paket A sampai C.

PIP diharapkan dapat meringankan biaya pendidikan peserta didik. Baik itu biaya langsung maupun tidak langsung.

Adapun, penerima PIP antara lain adalah peserta didik pemegang KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan peserta didik dari keluarga tidak mampu atau rentan miskin atau dengan pertimbangan khusus.

Pertimbangan khusus yang dimaksud seperti siswa dari keluarga peserta PKH, dari keluarga pemegang KKS, peserta didik yang berstatus yatim piatu, yatim, dan piatu dari sekolah atau panti sosial atau panti asuhan.

Peserta didik yang terkena dampak bencana alam, yang tidak bersekolah (drop out

), mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, dari keluarga terpidana, memiliki lebih dari tiga saudara yang tinggal satu rumah, peserta lembaga kursus atau pendidikan nonformal lain juga berhak mendapatkan bantuan.

Jika Anda, saudara, atau anak Anda termasuk ke dalam salah satu kriteria penerima PIP di atas, Anda bisa memastikannya dengan mengecek apakah benar Anda termasuk penerima PIP atau tidak.

Anda bisa mengeceknya dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone yang memiliki akses internet.

Sebelum mengecek, Anda juga perlu mempersiapkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan NIK dari peserta didik. Jika dua persyaratan tersebut sudah tersedia, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini.

Cara Cek Penerima PIP

  • Langkah pertama, masuk ke aplikasi Browser yang biasa digunakan, bisa Google Chrome atau yang lainnya.
  • Pada kolom pencarian, ketik pip.kemdikbud.go.id, kemudian masuk ke situs tersebut.
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman utama PUSLAPDIK.
  • Untuk mengecek penerima PIP, ketik NISN dan NIK pada kotak yang tersedia di kolom ‘Cari Penerima PIP’ dengan benar.
  • Kemudian, masukkan hasil perhitungan dari soal yang ada.
  • Setelah data NISN, NIK, dan hasil perhitungan sesuai, klik tombol Cek Penerima PIP.

    Cek penerima PIP

  • Jika peserta didik yang dimaksud termasuk ke dalam penerima PIP, maka data nama lengkap, sekolah, wilayah, dan bank untuk pencarian akan tampil pada halaman berikutnya.
  • Selesai.

Jika Anda, saudara, atau anak Anda termasuk ke dalam penerima PIP, maka yang bersangkutan bisa mencairkan dana PIP ke Bank Himbara (BNI, BRI, atau bank lain yang ditunjuk oleh pemerintah).

BACA JUGA: Cara Cek Pemakaian Pulsa Telkomsel, Mudah dan Praktis

Demikian cara cek penerima PIP yang bisa dilakukan dengan mudah melalui HP. Semoga bermanfaat.