Categories: Tips & Trik

Cara cek kuota Smartfren nggak pakai ribet!

Mungkin tak semua orang mengetahui cara cek kuota Smartfren bagaimana. Karena kartu smartfren ini terbilang baru saja populer di kalangan masyarakat. Nah, ternyata ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sehingga akan memberikan penggunanya fasilitas yang akan memudahkan dalam memantau kuota yang kamu gunakan.

Smartfren merupakan salah satu provider yang kini cukup banyak digunakan masyarakat karena mempunyai jaringan yang 4G LTE terbaik dan dilengkapi pula dengan beragam harga paket unlimited yang bisa dibilang cukup murah.

Namun, jangan karena unlimited kamu dapat menggunakannya dengan sepuasnya, ya. Hal itu beralasan karena Smartfren pun juga memberlakukan sistem FUP (Fair Usage Policy) pada internet yang dimilikinya tersebut.

Jika kamu ingin mengetahui sisa kuota kamu, namun masih bingung bagaimana caranya, setidaknya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yakni dengan menggunakan menu dial phone, SMS, aplikasi MySmartfren, dan juga situs resmi Smartfren.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung aja yuk pada cara cek kuota Smartfren yang bisa kamu lakukan dengan berbagai metode berikut ini, antara lain:

Cara cek kuota Smartfren

Cara cek kuota smartfren melalui dial

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan menggunakan aplikasi dial atau telepon pada smartphone kamu.

Di sini kamu hanya perlu melakukan dial pada nomor *995# untuk bisa mengecek paketan atau kuota smartfren yang kamu gunakan lengkap dengan masa aktifnya. Caranya dengan:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan di smartphone kamu yakni dengan pergi pada aplikasi Phone atau dial, kemudiam ketik *995# dan tekan Call dengan kartu Smartfren.
  • Jika sudah, tunggu beberapa saat sampai muncul informasi pop-up pada layar seperti pada gambar berikut ini.

 

  • Kemudian kamu pun akan mengetahui berapa sisa kuota internet, nama paket langganan, serta masa berlaku atau masa aktif dari paket internet Smartfren yang kamu pakai.

Cara cek kuota smartfren melalui SMS

Cara yang selanjutnya bisa kamu coba yakni dengan menggunakan layanan SMS, di mana kamu tak akan dibebankan biaya apapun jika ingin melakukan cara ini.

Di sini kamu hanya tinggal mengirim pesan dengan format “CEK” pada nomor 995, sehingga kamu pun akan mendapatkan informasi mengenai sisa kuota dan juga masa aktif balasana berupa SMS. Caranya dengan:

  • Pertama-tama buka aplikasi Message untuk mengirim pesan SMS di ponsel kamu. Kemudian kirim pesan ke nomor 955 dengan format “CEK”.
  • Lalu, tekan tombol kirim dengan menggunakan kartu Smartfren kamu. Di sini kamu tak perlu khawatir jika kamu sedang dalam keadaan tak mempunyai pulsa, karena kamu tak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Tunggu sampai ada balasan dikirimkan.

  • Jika sudah ada, kamu akan mendapatkan SMS berupa informasi mengenai nomor Smartfren, detai paket, sisa kuota, dan masa berlaku paket tersebut.

Cara cek kuota smartfren melalui aplikasi MySmartfren

Tak hanya melalui dial dan sms saja, kamu juga bisa cek kuota melalui aplikasi yang bernama MySmartfren yang juga bisa kapan saja kamu gunakan, baik pada Android maupun iOS.

User interface yang ditawarkan MySmartfren pun tergolong sangat interaktif dan mudah untuk kamu pahami. Selain untuk mengetahui sisa kuota, kamu juga bisa melakukan transaksi pembelian paket, ya. Caranya dengan:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan mengunduh dan memasang aplikasi MySmartfren yang bisa kamu download di Google Play.
  • Sementara jika kamu salah satu pengguna iPhone dan perangkat berbasis iOS lainnya, kamu bisa mengunduh melalui tautan App Store.

  • Cara cek kuota Smartfren selanjutnya yakni kamu hanya perlu membuat akun Smartfren. Di sini kamu juga bisa login menggunakan nomor HP kamu dengan memilih opsi Nomor Smartfren pada bagian bawah.

  • Jika sudah, maka di laman utama aplikasi MySmartfren, kamu hanya perlu Klik bagian Paket Saya. Selanjutnya kamu akan mengetahui detail nama paket internet Smartfren yang sedang kamu gunakan.
  • Di sini kamu pun akan dikasih tahu mengenai detail paket yang lain, misalnya paket nelpon, SMS, dan masa aktifnya, ya guys.

BACA JUGA: Cara cek kuota Telkomsel dengan mudah dan cepat!

Nah, itulah tiga cara cek kuota Smartfren yang sangat mudah sekali kamu lakukan. Cara-cara di atas memang disediakan oleh provider Smartfren guna memudahkan penggunanya dalam mengakses informasi seputar paket yang mereka gunakan.