Tips & Trik

Cara Cek IP Address di HP dan PC dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Perlu melihat IP Address pada suatu perangkat seperti HP atau PC? Cara cek IP Address bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Alamat IP (Internet Protocol) merupakan rangkaian nomor pada setiap perangkat yang terhubung ke internet. Baik itu smartphone, tablet, laptop/PC, komputer desktop, konsol game, dan lain-lain.

Setiap perangkat memiliki alamat IP yang berbeda antara perangkat satu dengan yang lainnya.

Adapun, fungsi dari IP Address pada dasarnya sebagai identitas dan pengenalan lokasi perangkat yang bersangkutan.

Ketika suatu perangkat terhubung dengan jaringan internet, sebenarnya ada beberapa alamat IP yang berlaku.

Selain IP Address, ada pula alamat IP publik yang ditetapkan oleh provider jaringan bernama ISP atau Internet Service Provider pada router (perute).

Ketika pengguna mengakses sebuah website, ada lalu lintas data dari server website dengan perangkat yang kamu gunakan di tempat kamu.

Data tersebut bisa sampai ke tempat pengguna melalui alamat IP publik di router yang kemudian diarahkan ke perangkat sesuai dengan IP Address pada perangkat yang digunakan.

Meskipun IP Address memiliki peran penting pada setiap perangkat, namun banyak orang yang mengabaikan keberadaan alamat IP ini.

Biasanya, orang akan mencari tahu nomor alamat IP pada perangkat yang digunakannya ketika ada kendala internet.

Dengan alamat IP, pengguna bisa memperbaiki masalah yang terjadi pada jaringan internet. Pasalnya, alamat IP bisa digunakan untuk mendiagnosis masalah jaringan.

Dengan melakukan diagnosa, tentunya pengguna bisa tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah pada jaringan internet.

Jika kamu sedang memerlukan alamat IP perangkat yang kamu gunakan, kamu bisa mengeceknya dengan mudah dengan mengikuti tutorial berikut ini.

Cara Cek IP Address

Cek IP Address HP Android

  • Langkah pertama, masuk ke pengaturan HP dengan mengklik menu Pengaturan
    atau Settings di HP kamu.
  • Pilih menu Tentang perangkat.
  • Pada halaman yang menampilkan informasi perangkat, klik menu Status.
  • Nantinya, status perangkat seperti status kartu SIM, status baterai, IMEI, alamat Bluetooth, dan lain sebagainya akan ditampilkan. Termasuk Alamat IP atau IP Address.

Cara Cek IP Address di Windows

  • Untuk melihat alamat IP di laptop/PC, buka ikon Windows.
  • Klik menu Settings.
  • Kemudian, pilih Network & Internet.
  • Selanjutnya, klik WiFi yang terhubung dengan PC.
  • Nantinya, informasi nomor IP Address akan ditampilkan.

Sebagaimana identitas pribadi, IP Address juga termasuk identitas yang tidak boleh disebarkan. Pasalnya, terdapat resiko yang cukup besar jika alamat IP suatu perangkat bocor.

Orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja menggunakan alamat IP tersebut untuk melacak keberadaan pemilik perangkat. Parahnya lagi, bisa mengorek data privasi, hingga meretas data akun.

BACA JUGA: Cara Cek Lokasi HP dengan Cepat, Bisa Lacak Keberadaan Doi!

Itulah cara cek IP Address yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui alamat IP pada perangkat yang kamu gunakan. Sangat mudah, bukan? Semoga bermanfaat.