Tips & Trik

Cara Cek HP Xiaomi untuk Memastikan Kondisi dan Keasliannya

Mengetahui cara cek HP Xiaomi sangat penting untuk bisa memastikan kondisi serta keaslian HP yang sedang dipakai atau yang hendak dibeli.

Terlebih, jika Anda berniat untuk membeli HP Xiaomi bekas atau second. Pengecekan segala yang ada pada perangkat sangat perlu dilakukan sebelum Anda benar-benar membelinya.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, demi menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan pada perangkat.

Jika asal membeli tanpa mengeceknya terlebih dahulu, sangat mungkin Anda mendapat HP yang kondisinya kurang layak.

Meski dari tampilannya terlihat bagus dan baik-baik saja, namun tidak juga menggambarkan kondisi dari komponen yang ada di dalamnya.

Tidak menutup kemungkinan tampilan luar HP terlihat baik-baik saja, namun kondisi bagian dalam perangkat sudah tidak normal yang membuat beberapa komponen tidak berfungsi dengan baik.

Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Mengecek HP juga bisa dilakukan pada HP Xiaomi yang sedang digunakan saat ini. Hal tersebut untuk memantau kondisi HP, sehingga ketika ditemukan kerusakan, bisa segera diatasi.

Sudah tahu cara mengecek HP Xiaomi? Jika belum, berikut ini Hallo GSM sajikan beberapa hal yang perlu dicek pada HP Xiaomi yang akan dibeli atau pada HP yang digunakan.

Cara Cek HP Xiaomi

Selain memastikan kondisi HP, mengecek HP Xiaomi juga bisa dilakukan untuk mengetahui keasliannya. Daripada penasaran, langsung saja simak cara lengkapnya di bawah ini.

Cek Kondisi Fisik HP

Langkah pertama dan yang paling mudah untuk mengecek HP Xiaomi adalah dengan mengecek fisik HP.

Pastikan fisik HP masih ok dan berfungsi dengan baik. Cek kondisi layar apakah ada retakan, cek bodi HP, pastikan tombol yang ada berfungsi sebagaimana mestinya, cek juga port USB, fungsi speaker, kamera, dan juga keberadaan segel HP.

Cara Cek HP Xiaomi dengan IMEI

Selanjutnya, kamu bisa mengetahui keaslian HP Xiaomi dengan mengecek nomor IMEI yang ada pada perangkat.

Jika nomor tersebut terdaftar di Kemenperin (Kementerian Perindustrian), maka HP Xiaomi tersebut asli dan juga legal.

Cara mengeceknya, yakni dengan melihat nomor IMEI pada HP. Kamu bisa menampilkan nomor IMEI dengan mengetik kode *#06# pada keyboard telepon.

Nantinya, nomor IMEI akan muncul. Salin atau tulis nomor IMEI tersebut. Kemudian, buka browser dan kunjungi situs https://imei.kemenperin.go.id

atau bisa juga melalui situs www.beacukai.go.id/cek-imei.

Tempel atau tulis nomor IMEI HP Xiaomi pada kolom yang tersedia, kemudian cek. Jika HP tersebut asli dan terdaftar legal, maka situs tersebut akan menampilkan status perangkat atau informasi detail mengenai perangkat.

Cek Garansi HP

Garansi HP juga termasuk hal yang perlu dicek. Dengan mengeceknya, Anda bisa tahu apakah HP Xiaomi tersebut masih memiliki masa garansi atau garansi sudah habis.

Anda juga bisa mengetahui apakah HP tersebut memiliki garansi resmi atau non-resmi. Untuk mengeceknya, buka Browser di HP dan kunjungi situs https://m.buy.mi.co.id/id/registration.

Setelah itu, masukkan nomor IMEI HP Xiaomi pada kolom yang tersedia. Kemudian, masukkan kode verifikasi.

Terakhir, cek garansinya. Jika HP Xiaomi dengan IMEI tersebut memiliki garansi resmi, maka akan tampil negara pembelian Indonesia.

Mengecek Fungsi Hardware HP

Selanjutnya, yang bisa dilakukan dengan mengecek hardware HP apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Anda hanya perlu memasukkan kode *#*#64663#*#* pada keyboard telepon. Nantinya, layar otomatis akan menampilkan berbagai menu.

Dari menu tersebut, Anda bisa mengetes berbagai hardware (perangkat keras) yang ada pada HP. Seperti touch sensor, keyboard, speaker, mic, headset, fingerprint, battery indicator, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Cara Cek Spesifikasi HP Xiaomi Paling Mudah dan Akurat, Bisa dengan atau Tanpa Aplikasi

Demikian beberapa cara cek HP Xiaomi untuk bisa mengetahui kondisi dan juga keasliannya. Semoga bermanfaat.