Tips & Trik

Cara Cek HP Oppo Bekas Agar Tidak Salah Beli

Mengetahui cara cek HP Oppo bekas sangat penting untuk memastikan smartphone yang ingin dibeli dalam keadaan baik atau tidak.

Apalagi, saat ini sistem pembelian sudah menggunakan media online. Untuk itu, calon pembeli harus lebih selektif dalam memilih dan mengambil keputusan.

Pembelian secara online ataupun langsung pastinya harus selalu berhati-hati agar tidak menyesal di akhir. Sebagai antisipasi dari hal yang tidak diinginkan, Anda perlu mengetahui cara mengecek status smartphone.

Jangan sampai tergiur dengan tampilan luar smartphone bekas yang mulus. Calon pembeli sangat penting untuk mengecek semua komponen hardware pada HP yang hendak dibeli.

Cara Cek HP Oppo Bekas

Cek Garansi

Untuk memeriksa garansi, siapkan nomor IMEI yang biasanya ada pada bagian belakang smartphone. Kemudian, buka aplikasi Telepon atau Panggilan, lalu input IMEI tersebut dengan awalan *#06#.

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke sebuah situs kemudian mendapat akses untuk memeriksa status garansi HP tersebut.

Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa mengetahui apakah masa berlaku garansi masih ada atau sudah habis. Meskipun garansi hanya tinggal beberapa bulan, namun garansi sangat membantu jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada smartphone tersebut.

Periksa Hardware

Cara cek HP Oppo bekas selanjutnya adalah dengan mengakses *#800# menggunakan Panggilan. Kemudian, tunggu hingga layanan Engineering Mode muncul untuk memeriksa status hardware atau perangkat keras pada smartphone.

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke menu Engineer Mode. Dari sana, Anda bisa mengecek komponen hardware pada smartphone. Seperti kamera, sensor, WiFi, baterai, vibration, Bluetooth, SIM Card, dan masih banyak lagi.

Silahkan cek satu persatu menu hardware yang tersedia untuk memastikan kondisi HP Oppo yang hendak dibeli.

Cek Spesifikasi

Sebelum membeli HP Oppo bekas ataupun baru, mengecek spesifikasi sangatlah penting. Selain menyesuaikan dengan kebutuhan, mengecek spesifikasi juga bisa memastikan suatu smartphone bertatus asli atau palsu, alias KW.

Untuk mengecek spesifikasi, masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Tentang Perangkat. Nantinya, akan muncul berbagai informasi mengenai nama dan kode smartphone, kapasitas penyimpanan, prosesor, software

, RAM, dan lain-lain.

Anda tinggal mencocokkannya dengan spesifikasi HP tersebut dengan spesifikasi yang ada di situs website resmi Oppo Indonesia.

Jika spesifikasinya berbeda, besar kemungkinan HP tersebut palsu atau KW. Bisa juga HP tersebut asli, namun versi luar negeri yang memiliki spesifikasi berbeda dengan versi Indonesia.

Cek Baterai

Mengecek keadaan baterai suatu smartphone bisa dibilang cukup lama, karena keadaannya baru akan diketahui dengan jelas setelah dilakukan pemakaian.

Apabila baterai boros, bahkan turun drastis hanya dalam beberapa menit, maka baterai sudah rusak dan perlu diganti.

Selain itu, mengecek kondisi baterai juga bisa dilakukan dengan cara lain. Caranya dengan melihat fisik baterai tersebut. Jika baterai rusak biasanya terlihat kembung yang membuat bagian belakang perangkat terangkat.

Mengecek baterai sangat penting dan jangan sampai terlewatkan. Pasalnya, baterai merupakan komponen penting yang ada pada smartphone.

Nah, itulah beberapa cara cek HP Oppo bekas yang bisa dilakukan dengan mudah. Ketika ingin membeli HP Oppo bekas, cek terlebih dahulu poin-poin di atas dan jangan sampai terlewatkan.

Untuk menghilangkan keraguan, lebih baik memilih tempat terpercaya. Mengetahui pemilik tempat juga bisa menjadi salah satu cara cek HP Oppo bekas secara langsung yang lebih akurat.

BACA JUGA: 3 Cara Screenshot HP Oppo, Bisa Sebagian Area

Cukup sekian, semoga bermanfaat.