Tips & Trik

2 Cara Bikin Bitly WhatsApp yang Paling Mudah

Tak sedikit para pengguna smartphone di Indonesia yang masih belum mengetahui bagaimana cara bikin Bitly WhatsApp, padahal prosesnya pembuatannya sangat cetek dan tidak memerlukan banyak waktu.

Seperti diketahui untuk bisa mengirim pesan lewat WhatsApp ke orang lain tidak bisa dilakukan secara asal, sebab kita harus menyimpan kontak atau nomor hp orang tersebut terlebih dahulu.

Terkecuali jika orang yang akan dikirimi pesan tersebut berada di satu grup WA yang sama dengan kita atau sudah pernah mengirimi kita pesan terlebih dahulu

Nah, dengan menggunakan link Bitly WhatsApp Anda dapat mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor dari orang yang hendak dikirimi pesan. Hal ini akan sangat berguna jika Anda sedang menggeluti profesi sebagai pebisnis online.

Melalui link Bitly WA calon konsumen yang ingin menghubungi Anda untuk menanyakan harga maupun ketersediaan dari barang yang Anda jual bisa langsung masuk ke halaman percakapan yang mengarah ke nomor WhatsApp Anda.

Bagi yang belum tahu, Bitly sendiri merupakan suatu platform untuk mengedit dan memperpendek link alias link shortener. Jadi dengan Bitly Anda bisa membuat link percakapan WhatsApp yang bisanya memiliki lebih dari 60 karakter hanya menjadi 20 karakter sehingga terlihat jadi lebih rapi dan juga menarik.

Berikut ini adalah tutorial lengkap cara membuat link WA custom menggunakan Bitly.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun WhatsApp dengan Nomor Luar Negeri

Cara Bikin Bitly WhatsApp

Membuat Bitly WhatsApp bisa dilakukan dalam dua cara, yaitu lewat aplikasi dan tanpa aplikasi. Tapi sebelumnya, Anda perlu menyiapkan link percakapannya terlebih dahulu.

Caranya sangat gampang kok, tinggal ketik ‘https://wa.me/(nomor telepon Anda diawali dengan 62)‘, contoh https://wa.me/6281122334455.

Selain melalui wa.me Anda juga bisa membuat link percakapan dengan format ‘https://api.whatsapp.com/send?phone=(nomor telepon Anda diawali dengan 62). Contohnya, https://api.whatsapp.com/send?phone=6281122334455.

Cara Membuat Link Bitly WA Tanpa Aplikasi

Buka aplikasi browser yang ada di hp, laptop maupun komputer Anda, lalu pada kolom pencarian langsung saja ketik ‘Bitly‘. Tunggu hingga hasil pencariannya muncul dan jika sudah Anda bisa mengkliknya.

Cara membuat link WA dengan nama. (SS)

Setelah berhasil masuk, klik tombol garis tiga di pojok kanan atas layar lalu klik Login, namun jika belum memiliki akun Anda harus mengklik tombol Sign Up Free.

Cara membuat link WA di Bitly. (SS)

Apabila Anda sudah selesai membuat akun, klik pada tombol Create lalu tinggal masukkan link percakapan yang sudah Anda siapkan tadi > Create. Nantinya akan muncul hasil seperti pada gambar berikut.

Cara membuat link WA singkat. (SS)

Jika kurang puas dengan hasilnya, Anda bisa mengeditnya dengan cara mengklik pada kolom Customize Back-Half. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah.

Cara edit link di Bitly. (SS)

Untuk menyimpan perubahan pada link tersebut Anda tinggal mengklik tombol Save. Selesai Anda hanya perlu menyalin link-nya lalu bagikan ke sosmed.

Cara Buat Bitly WhatsApp dengan Aplikasi

  • Download dan instal aplikasi Bitly di smartphone Anda
  • Pada halaman depan aplikasi Bitly klik tombol Sign Up kemudian pilih Google agar lebih cepat.
Buat akun Bitly. (SS)
  • Selanjutnya pilih akun Google yang akan Anda daftarkan > Create New Account.
  • Apabila sudah berhasil login, klik tombol (+) berwarna biru yang ada di pojok kanan bawah layar, paste link yang Anda dibuat lalu klik tombol Create.
  • Edit link sesuai keinginan dan jika sudah klik icon centang di pojok kanan atas. Selesai.

BACA JUGA: Aplikasi Pelacak Lokasi WhatsApp Terakurat

Demikianlah tutorial cara bikin Bitly WhatsApp dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat.