Tips & Trik

Cara Backup Chat WhatsApp di HP Android

Cara backup chat WhatsApp mungkin sudah diketahui oleh hampir seluruh pengguna WA di dunia khususnya oleh mereka yang hobi gonta-ganti smartphone.

Dengan melakukan backup, semua riwayat percakapan WhatsApp di smartphone lama tidak akan hilang dan dapat dipindahkan secara langsung ke smartphone yang baru.

Untuk melakukan backup chat itu sendiri kamu tidak membutuhkan tambahan aplikasi apapun, sebab pihak WA telah menyediakan layanan Cadangan Chat yang bisa kamu temukan di menu Pengaturan.

Meski terdengar sedikit merepotkan, namun ini merupakan salah satu langkah terbaik jika kamu tidak ingin kehilangan riwayat percakapan.

Agar lebih mudah, berikut ini adalah cara backup chat WhatsApp termudah dan tanpa harus ribet.

BACA JUGA: Cara Membuat Link WhatsApp di Facebook

Cara Backup Chat WhatsApp di HP Android

Sebelumnya, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dulu bahwa membackup chat WA membutuhkan koneksi internet yang stabil dan juga kesabaran ekstra.

Tak cuma itu, kamu juga harus memiliki akun Google yang sudah login di smartphone, dimana nomor hp yang terhubung dengan akun Google harus sesuai dengan nomor akun WA yang hendak kamu backup.

Caranya cukup mudah, tinggal klik icon titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian pilih Settings > Chat > Chat Backup seperti pada gambar berikut ini.

Cara backup chat WhatsApp ke email. (SS)

Selanjutnya pilih akun Google Drive yang ingin dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan riwayat chat. Terakhir tinggal klik tombol Back Up

.

Nah, inilah kenapa diawal tadi disebutkan bahwa melakukan backup chat WA membutuhkan kesabaran ekstra sebab prosesnya yang lumayan lama. Adapun lama pencadangan di sesuaikan dengan ukuran chat yang hendak disimpan.

Cara back up chat WA. (SS)

Sementara untuk memulihkannya di perangkat baru, silahkan kamu login menggunakan akun Google yang sudah digunakan membackup chat tadi.

Lalu instal aplikasi WhatsApp dari Play Store, kemudian login menggunakan nomor hp akun WA sebelumnya. Setelah selesai melakukan verifikasi tinggal klik tombol Restore, lalu Next.

BACA JUGA: Aplikasi Mempercantik Video Call WhatsApp

Cara backup chat WA di atas memang cukup mudah, namun agar prosesnya tidak lama pastikan hp Android kamu terhubung ke jaringan internet data seluler atau WiFi yang cukup stabil.