Tips & Trik

Inilah Cara Agar WhatsApp Tidak terlihat Online dan Mengetik

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online dan mengetik memang masih jarang diketahui, terutama oleh para pengguna awam yang baru mengenal WhatsApp atau mereka yang jarang otak-atik.

Ketika kita menggunakan aplikasi WA, maka akan tampil tulisan online di bawah nama kontak pada perangkat lain sesama pengguna WA.

Begitu pula dengan tulisan mengetik. Tulisan tersebut akan muncul ketika lawan chat sedang mengetik suatu pesan kepada kita, ataupun sebaliknya.

Munculnya tulisan online sebagai penanda bahwa pengguna tengah aktif menggunakan aplikasi WhatsApp seringkali melancarkan niat pengguna lain yang ingin mengirim pesan ataupun menelpon.

Sebaliknya, ketika kontak yang dituju terlihat tidak online, maka pengguna lain biasanya mengurungkan niat untuk menelpon atau mengirim pesan dan memilih untuk menunggu hingga kontak tersebut aktif alias online.

Nah, jika Anda sedang tidak ingin diganggu dengan munculnya pesan ataupun telepon, seperti ketika menikmati liburan, maka cara agar WA tidak terlihat online dan mengetik di bawah ini bisa menjadi solusinya.

Perlu diketahui, aplikasi WhatsApp versi terbaru sudah menyediakan fitur khusus untuk menyembunyikan status online.

Sehingga, pengguna bisa membuka dan menggunakan WA tanpa terlihat sedang online oleh pengguna lain. Tertarik? Langsung saja, simak langkah-langkahnya di bawah ini hingga selesai.

Cara Agar WhatsApp Tidak terlihat Online dan Mengetik

Sesuaikan Status Online

Untuk terlihat offline walaupun padahal sedang online, Anda bisa mengatur fitur Online yang baru saja tersedia di WhatsApp versi yang paling baru.

Untuk itu, agar bisa menggunakan fitur tersebut, Anda harus melakukan update WhatsApp terlebih dahulu melalui Google Play Store ataupun App Store.

  • Buka aplikasi WhatsApp yang sudah diperbarui ke versi terbaru.
  • Pada halaman Chat, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas > Setelan > Privasi.
  • Kemudian, pilih menu Terakhir dilihat dan online.
  • Pada halaman tersebut, Anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat informasi terakhir dilihat dan menyembunyikan status online.
  • Untuk membuat kontak kita tampak seperti offline di semua pengguna WA padahal sedang online, pilih Tidak ada pada bagian terakhir dilihat dan Sama seperti status terakhir dilihat
    pada bagian online.

Jika perangkat belum memungkinkan untuk mengupdate aplikasi WA ke versi terbaru, tenang saja, karena masih ada cara lain. Untuk menyembunyikan status online, bisa juga dengan membalas pesan melalui bar notifikasi yang biasanya muncul di bagian atas layar.

Nonaktifkan Laporan Dibaca

Untuk meyakinkan pengguna lain bahwa kita sedang offline, Anda juga bisa menonaktifkan laporan dibaca.

Sehingga, pengirim pesan hanya akan melihat ikon centang dua tanpa warna meskipun pesan tersebut telah dibaca. Caranya cukup mudah.

  • Masuk ke aplikasi WhatsApp.
  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas. Pilih Setelan > Privasi.
  • Kemudian, klik ikon slider pada menu Laporan dibaca.
  • Selesai.

Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik Menggunakan GB WhatsApp

Selain menyembunyikan status online, pengguna WA juga bisa menghilangkan status Mengetik yang biasanya muncul ketika pengguna atau lawan chat tengah mengetikkan pesan.

  • Caranya, masuk ke Google Play Store. Lalu, download GB WhatsApp, instal dan login.
  • Setelah proses login berhasil, klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas halaman Chat.
  • Kemudian, pilih Privasi > Status Mengetik atau Writer Status dan klik Hide atau Sembunyikan.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Nah, itulah cara agar WhatsApp tidak terlihat online dan mengetik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.