Tips & Trik

Cara Agar HP Tidak Bisa Dilacak Lokasinya, Privasi dan Keamanan Jadi Lebih Terjaga!

Ingin lebih menjaga privasi dalam setiap pergerakan berbekal HP? Kamu perlu tahu cara agar HP tidak bisa dilacak posisinya.

Sadar atau tidak, pergerakan kamu dilacak selama 24 jam melalui HP yang kamu gunakan. Ya, hal ini dikarenakan HP memiliki fitur yang bisa memberikan informasi lokasi kepada pihak-pihak tertentu.

Semakin sering menggunakan HP, maka semakin banyak pula informasi pribadi yang kita bagikan, termasuk lokasi.

Produsen HP serta developer aplikasi menggunakan informasi lokasi agar pengguna bisa menikmati berbagai fitur yang memang memiliki peran penting, contohnya fitur peringatan gempa bumi.

Fitur lokasi juga sangat berguna untuk melacak HP yang hilang. Akan tetapi, sebagian pengguna mungkin merasa tidak nyaman dan merasa khawatir jika pergerakannya dipantau terus-menerus.

Terlebih, informasi lokasi juga bisa saja digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab hingga beresiko mengancam keamanan pengguna.

Jika kamu merasa fitur yang ditawarkan sebuah aplikasi yang menggunakan informasi lokasi tidak terlalu penting, kamu bisa mengatur pengaturannya untuk menonaktifkan izin lokasi.

Ketika kamu ingin pergi ke suatu tempat untuk refreshing sejenak dari hiruk pikuk kesibukan yang dilalui di setiap harinya, kamu juga bisa membuat HP yang kamu bawa tidak bisa dilacak.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar handphone atau smartphone yang sedang kamu gunakan tidak bisa dilacak keberadaannya. Berikut ini informasi lengkapnya.

Cara agar HP Tidak Bisa Dilacak

Hindari Penggunaan WiFi Publik

Ketika pergi ke suatu tempat, hindari menggunakan WiFi publik seperti yang ada di bandara, kafe, dan lain sebagainya yang sebenarnya tidak benar-benar aman.

Bahkan, menggunakan WiFi publik lebih rentan terhadap malware, pengintaian, serta penyadapan jaringan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak menutup kemungkinan mereka yang berniat jahat bisa mengumpulkan data-data pribadi.

Nonaktifkan HP – Cara agar HP Tidak Bisa Dilacak

Cara paling mudah untuk mencegah HP dilacak adalah dengan menonaktifkan sepenuhnya. Dengan menonaktifkan HP, fitur lokasi yang ada di HP ikut nonaktif, hingga tidak bisa memberikan informasi lokasi.

Cara ini mungkin membuat kamu sedikit tidak nyaman, karena kamu tidak bisa menggunakan HP. Namun, jika kamu ingin menggunakan cara ini, silahkan alihkan data penting dari HP ke laptop atau komputer sebelum menonaktifkannya, agar kamu tetap bisa menggunakan layanan seperti yang ada di HP kamu.

Aktifkan Mode Pesawat

Dengan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode, kamu bisa membuat HP tidak bisa terlacak.

Dikarenakan fitur ini membuat perangkat tidak bisa menangkap sinyal seluler, jadi, kamu tidak bisa menerima panggilan dan melakukan komunikasi lainnya serta mengakses internet.

Nonaktifkan Lokasi di Pengaturan

Selain cara tadi, kamu juga bisa menonaktifkan fitur berbasis lokasi, yakni GPS di HP kamu untuk mencegah pelacakan.

Dengan cara ini, kamu masih tetap bisa mengakses internet.

Untuk menonaktifkannya, masuk ke menu Pengaturan atau Setelan, pilih menu Informasi Lokasi, kemudian nonaktifkan Lokasi.

Nonaktifnya Lokasi atau GPS pada perangkat, membuat izin lokasi pada semua aplikasi yang ada pada perangkat tersebut dinonaktifkan.

Lokasi HP yang mati juga membuat kamu atau orang lain kesulitan bahkan tidak bisa mencari lokasi perangkat jika hilang.

Gunakan Mesin Pencari yang Aman

Untuk menghindari pelacakan HP oleh pihak tidak bertanggung jawab, pastikan kamu menggunakan mesin pencari atau search engine yang aman.

Kamu bisa menggunakan mesin pencari seperti DuckDuckGo, karena peramban tersebut tidak melakukan pelacakan secara masif.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan mode Incognito untuk melakukan searching tanpa pelacakan, karena itu merupakan mode penelusuran pribadi.

Caranya, buka website, kemudian klik tab Incognito atau Mode Samaran yang ada di ikon titik tiga. Setelah itu, kamu bisa searching dengan aman.

Pertimbangkan Izin Aplikasi

Setiap aplikasi yang membutuhkan informasi lokasi akan meminta izin untuk mengakses lokasi HP kamu sejak pertama kali aplikasi tersebut dibuka.

Jika kamu tidak ingin aplikasi tersebut bisa melacak lokasi, tolak izin aplikasi tersebut. Akan tetapi, ada kemungkinan kamu tidak bisa menikmati fitur yang ditawarkan aplikasi tersebut.

Jika terlanjur sudah memberi izin. Kamu bisa menghapus izin aplikasi tersebut melalui Pengaturan

Kontrol Aktivitas

Kamu bisa menghentikan pelacakan lokasi melalui situs myaccount.google.com/activitycontrols.

Akses situs tersebut yang kemudian akan menampilkan halaman yang bisa mengendalikan pelacakan lokasi.

Ketika halaman tersebut sudah tampil, scroll dan klik menu Location History atau History Lokasi. Kemudian, nonaktifkan history tersebut.

Fitur ini digunakan untuk menyimpan data tempat yang pernah dikunjungi serta memberi rekomendasi berdasarkan tempat yang telah dikunjungi sebelumnya.

BACA JUGA: Cara Membersihkan RAM HP Agar Tidak Penuh dan Lambat

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar HP tidak bisa dilacak. Semoga artikel ini bermanfaat.