Aplikasi

6 Aplikasi Pengukur Suhu Ruangan Akurat dan Gratis

Kemajuan teknologi memudahkan berbagai aktivitas, termasuk mengecek suhu ruangan menggunakan aplikasi pengukur suhu ruangan.

Informasi suhu ruangan terkadang perlu diketahui untuk mengaturnya agar lebih baik. Seperti ketika hendak melakukan eksperimen kimia di kelas, mengatur suhu yang nyaman untuk bayi di kamar, atau untuk mengatur suhu pada kamar berisi seseorang yang sedang demam.

Jika tidak ada termometer suhu untuk mengetahuinya, kamu bisa mengandalkan beberapa aplikasi di bawah ini yang bisa mengatur suhu ruangan secara digital yang pastinya praktis dan gratis.

Rekomendasi Aplikasi Pengukur Suhu Ruangan

Saat ini, sudah banyak aplikasi untuk mengukur suhu ruangan. Banyak aplikasi untuk mengukur suhu ruangan yang tersedia di toko aplikasi Google Play Store dan App Store. Berikut ini beberapa diantaranya.

Room Temperature (Suhu Kamar)

Pertama, ada aplikasi Room Temperature (Suhu Kamar). Aplikasi ini dikembangkan oleh Master Technologis dengan berbagai fitur.

Room Temperature (Suhu Kamar) membantu pengguna dalam mengetahui perkiraan suhu ruangan atau lingkungan.

Untuk mengukur suhu ruangan menggunakan aplikasi ini, download terlebih dahulu di Play Store. Kemudian, kamu harus mematikan HP selama beberapa menit, lalu HP akan menampilkan suhu ruangan dengan akurat.

Cara kerja aplikasi ini dengan memeriksa ketersediaan sensor suhu sekitar untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Selain pengukur suhu, aplikasi ini juga mendukung informasi cuaca real time.

Termometer Luar Dalam Ruangan – Aplikasi Pengukur Suhu

Seperti namanya, aplikasi ini dirancang untuk menampilkan suhu dalam ruangan serta luar ruangan.

Untuk mengetahui suhu ruangan dimana kamu berada dengan akurat, kamu harus membiarkan HP tidak tersentuh selama satu jam.

Suhu yang didapatkan diambil dari sensor suhu telepon internal atau sensor suhu sekitar. Namun, jika perangkat tidak mendukung sensor ini, maka aplikasi menggunakan sensor sub-rakitan elektronik perangkat, seperti baterai.

Smart thermometer for room

Selanjutnya, ada aplikasi Smart thermometer for room. Aplikasi ini bukan hanya untuk mengecek suhu ruangan, tapi juga memiliki fungsi lain yang bermanfaat.

Termasuk menampilkan informasi cuaca, kelembaban, dan kualitas udara.

Smart thermometer for room memiliki tampilan yang menarik dan memiliki ukuran 34MB. Kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Room Temperature Thermometer

Aplikasi ini mengukur suhu ruangan dan suhu luar ruangan serta kelembaban berdasarkan lokasi. Room Temperature Thermometer mengukur unit suhu tipe Celcius, Fahrenheit, dan Kelvin.

Aplikasi ini mengukur suhu real time dengan alat termometer digital yang akurat.

Banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi besutan ini. Diantaranya, kalkulator kelembaban, informasi matahari terbit dan terbenam, dan lainnya.

Cara penggunaannya cukup dengan membuka aplikasinya, lalu tunggu beberapa saat. Pastikan HP terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Nantinya, aplikasi akan menampilkan berapa suhu ruangan dimana kamu berada. Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai HP berada di dekat sumber panas. Jika diperlukan, pengguna harus melakukan kalibrasi baterai terlebih dahulu untuk hasil yang akurat.

Thermometer For Room

Selain beberapa aplikasi tadi, ada aplikasi Thermometer For Room yang bisa digunakan secara offline dan tentunya gratis.

Aplikasi ini mampu menampilkan termometer digital untuk suhu ruangan.

Thermometer For Room memungkinkan pengguna untuk memilih satuan suhu sesuai keinginan, apakah Celsius, Fahrenheit, atau Kelvin.

Bukan hanya untuk mengetahui suhu, aplikasi ini juga bisa diandalkan untuk mengetahui cuaca sekitar dan persentase kelembaban ruangan.

termometer ruangan

Aplikasi ini memiliki tampilan yang simpel namun elegan. Aplikasi termometer ruangan dikembangkan oleh Sweetvrn dan telah didownload lebih dari 1 juta kali di Play Store.

Aplikasi ini menyuguhkan suhu luar dan dalam ruangan berdasarkan pada lokasi pengguna saat ini. Suhu yang ditampilkan berasal dari stasiun cuaca terdekat.

Untuk suhu ruangan yang akurat, kamu bisa mengetahuinya dengan sensor suhu bawaan pada aplikasi.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Yakni, tinggalkan HP selama 5 menit, hindari pengisian daya ketika mengukur suhu, turunkan kecerahan layar, dan jauhkan HP dari sumber panas.

BACA JUGA: Daftar Aplikasi Cermin untuk HP Android dengan Banyak Fitur

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi pengukur suhu ruangan yang bisa kamu coba untuk mengecek berapa suhu pada ruangan dimana kamu berada. Pastikan untuk selalu mengecek ulasan aplikasinya sebelum memutuskan untuk menginstal dan menggunakannya. Semoga bermanfaat.