Aplikasi

8 Aplikasi Pengingat Solat untuk Ibadah Tepat Waktu

Kurang tahu waktu hingga solat seringkali terlewat begitu saja ketika ada kegiatan atau bepergian? Instal aplikasi pengingat solat agar bisa melakukan kewajiban tepat waktu.

Seperti yang kita tahu, ibadah solat merupakan kewajiban bagi setiap umat Muslim yang sudah memenuhi syarat wajib solat.

Ketika sudah memenuhi syarat wajib solat, maka ketika masuk waktu solat wajib hukumnya untuk mendirikan solat. Tentunya dengan syarat sah dan rukun solat yang perlu dipenuhi.

Akan tetapi, tak jarang karena padatnya rutinitas sehari-hari, atau suatu kegiatan yang membuat lupa waktu membuat lupa dengan jadwal solat yang menjadi kewajiban.

Untungnya, kini ada aplikasi pengingat waktu solat yang bisa diinstal di smartphone yang selalu dibawa kemana-mana.

Dengan terpasangnya aplikasi pengingat di smartphone, smartphone akan menampilkan pengingat lengkap dengan suara adzan ketika waktu solat tiba.

Dengan begitu, meski ketika berkegiatan, atau bepergian yang jauh dari jangkauan masjid sebagai pengingat waktu solat, pengguna tetap akan mendapat pengingat dari HP.

Sudah banyak aplikasi pengingat yang tersedia di toko aplikasi. Dari banyaknya aplikasi yang tersedia, berikut ini kami sajikan beberapa rekomendasinya.

Daftar Aplikasi Pengingat Solat

Sajda: Jadwal sholat, adzan

Pertama, ada aplikasi Sajda yang dikembangkan oleh GOOD/APP dan telah mendapat bintang 4,9 dari para pengguna di Play Store.

Ini bisa diandalkan sebagai pengingat waktu solat 5 waktu yang akurat sesuai negara, kota, atau desa dimana kamu berada.

Kamu bisa mengatur pengingat berupa suara muadzin yang menenangkan hati atau nada dering sistem.

Selain pengingat, aplikasi yang telah mendapat persetujuan dari Kementerian Agama ini juga menyediakan berbagai fitur lainnya.

Ada fitur Al-Qur’an dengan 30 lebih terjemah, arah kiblat, zikir, Asmaul Husna, jadwal solat bulanan, dan memiliki tampilan yang bisa diganti backgroundnya.

Menariknya lagi, aplikasi Sajda: Jadwal sholat, adzan, gratis dan tanpa ada iklan yang mengganggu.

Muslim Pro – Aplikasi Pengingat Solat

Selain Sajda, aplikasi Muslim Pro juga sangat bisa menjadi pilihan. Ini merupakan aplikasi populer yang banyak digunakan dan telah didownload oleh lebih dari 100 juta pengguna Play Store.

Muslim Pro sudah ada sejak 14 tahun lalu. Aplikasi ini menyediakan informasi waktu solat yang terverifikasi. Lengkap dengan waktu syuruq dan imsak yang dibutuhkan ketika bulan suci Ramadhan.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memilih dalam pengingat solat apakah ingin diaktifkan atau tidak. Pengguna juga bisa memilih muadzin yang berbeda setiap waktu solat sesuai keinginan.

Aplikasi Muslim Pro juga menawarkan fitur lainnya, seperti pencari arah kiblat akurat, Al-Quran digital dengan 40 lebih bahasa dan audio oleh para imam terhormat, doa-doa harian, dan lainnya.

Salaam: Quran & Waktu Sholat

Rekomendasi aplikasi selanjutnya ada Salaam yang merupakan aplikasi waktu solat pertama di Indonesia. Ini dilengkapi dengan Al Quran digital lengkap, penunjuk arah kiblat, waktu puasa, panduan Haji dan Umroh, dan lain-lain.

Aplikasi Salaam: Quran & Waktu Sholat telah tersertifikasi oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran dari Kemenag RI dan bekerjasama dengan Cordoba International Indonesia yang merupakan penerbit Al-Quran terkemuka di Tanah Air.

Banyak fitur ditawarkan oleh aplikasi ini. Salah satunya adalah jadwal waktu solat yang akurat berdasarkan lokasi. Serta fitur notifikasi visual dan audio pengingat waktu solat dengan pilihan suara muadzin.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan pengingat waktu puasa seperti waktu imsak dan berbuka ketika bulan Ramadhan.

Jadwal Sholat dan Kiblat

Aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk mengatur dan menentukan tipe pengingat untuk setiap waktu solat.

Aplikasi Jadwal Sholat dan Kiblat selain menyediakan waktu solat 5 waktu, juga dilengkapi dengan waktu-waktu opsional seperti imsak, terbit, duha, tengah malam, dan qiyam.

Ini juga memiliki pengingat sebelum waktu solat, sehingga pengguna bisa mempersiapkan waktu dan persiapan diri untuk melaksanakan solat.

Fitur-fitur pada aplikasi ini melimpah. Diantara fiturnya adalah kompas untuk penunjuk arah kiblat, kalender Islam Hijriyah, masjid terdekat dari lokasi, dan masih banyak lagi.

Waktu Adzan Pro Sholat Al Quran

Aplikasi berikutnya, yakni Waktu Adzan Pro Sholat Al Quran menyediakan berbagai layanan lengkap seputar dunia Islam. Mulai dari pengingat waktu sholat, arah kiblat, masjid dan tempat halal terdekat, dan lainnya.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur. Ini juga memiliki kompatibilitas dengan jam tangan pintar atau smartwatch, bahkan kini kompatibel dengan Android TV.

Menariknya lagi, banyak fitur unik namun sangat berguna, seperti fitur dzikir matic dan mode Saya sedang Sholat yang memungkinkan HP otomatis menolak panggilan masuk dan mengirim SMS berisi pesan “sedang sholat” secara otomatis.

Usholli Jadwal Sholat Kemenag

Sesuai dengan namanya, ini merupakan aplikasi penyedia jadwal sholat dengan data yang diambil dari website resmi Kementerian Agama RI.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Muhammad Rizky Habibi tanpa iklan yang mengganggu.

Aplikasi Usholli memiliki tampilan dan tema menarik yang bisa diubah sesuai waktu sholat. Pengguna juga diberi kebebasan untuk mengatur notifikasi di setiap waktu solat. Bisa dengan silent, vibrate, default, takbir, atau adzan.

Aplikasi ini bisa didownload di Google Play Store dengan gratis dan ukurannya kecil, hanya 2MB saja.

SalatKu-Jadwal Sholat, Adzan

Aplikasi SalatKu juga merupakan aplikasi yang disesuaikan dengan jadwal Kementerian Agama Indonesia.

Fitur yang ditawarkannya adalah pengingat adzan dan alarm, kompas kiblat, kutipan Islami dari Quran, Hadits, dan dari para ulama, juga penghitungan jadwal solat yang akurat.

Pillars: Prayer Times & Qibla

Di urutan terakhir, ada aplikasi yang dikembangkan oleh umat Islam dengan visi jangka panjang. Aplikasi ini tanpa iklan.

Aplikasi Pillars menyediakan pemberitahuan setiap waktu sholat di setiap harinya. Pengugna juga bisa menonaktifkan notifikasi kapan saja.

Ini dilengkapi dengan tombol menstruasi sebagai jeda yang bisa digunakan oleh muslimah.

Tampilan aplikasi ini terlihat elegan dan dilengkapi dengan widget.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Hitung Mundur Jam untuk Aktivitas yang Lebih Terorganisir

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi pengingat solat yang bisa kamu andalkan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa lebih tenang ketika hendak berkegiatan atau bepergian, karena waktu solat akan terus diingatkan oleh aplikasi di HP. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.