Aplikasi

6 Aplikasi Penghitung Kata Akurat untuk Android, Bisa Offline dan Gratis

Sedang mencari aplikasi penghitung kata? Mengklik artikel ini merupakan keputusan yang tepat. Kami telah menyediakan beberapa rekomendasinya.

Menghitung jumlah kata pada sebuah teks yang dibuat seringkali diperlukan, terutama mereka yang memiliki profesi seperti blogger, penulis, konten kreator, mahasiswa, atau profesi lainnya.

Pasalnya, profesi-profesi tersebut memiliki kegiatan pembuatan teks yang perlu memperhatikan beberapa aspek. Bukan hanya kualitas dan isi teks, namun juga kuantitas jumlah kata, kalimat, atau paragraf yang dibuat juga tak luput dari perhatian.

Pada beberapa kasus, terdapat batasan jumlah kata yang perlu dipenuhi oleh pembuat teks, baik itu teks untuk postingan, untuk makalah, esai, atau yang lainnya.

Untungnya, kini ada aplikasi hitung kata yang bisa membantu mempermudah dalam menghitung jumlah kata pada sebuah teks.

Aplikasi ini tentunya sangat berguna ketika perlu memposting atau mengirimkan dokumen berupa teks ke platform yang memiliki batasan jumlah karakter, kata, atau ukuran.

Saat ini, banyak aplikasi yang tersedia di toko aplikasi Google Play Store. Di bawah ini merupakan beberapa diantaranya.

Rekomendasi Aplikasi Penghitung Kata

Google Docs

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Google Docs atau Google Dokumen. Ya, aplikasi ini merupakan besutan Google.

Google Dokumen memfasilitasi pengguna dalam membuat dan mengedit dokumen dengan praktis.

Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi ini. Ini memungkinkan para penggunanya untuk membuat dokumen baru, mengedit file yang sudah ada, berbagi dokumen, berkolaborasi dengan pengguna lain, bahkan bisa digunakan secara offline.

Google Dokumen juga dilengkapi dengan fitur untuk menghitung kata. Jadi, setiap dokumen yang dibuka di Google Dokumen, bisa dihitung jumlah katanya.

Kamu tinggal mengklik menu Jumlah Kata pada tab Alat. Nantiya, jumlah kata, halaman, dan jumlah karakter pada dokumen tersebut akan ditampilkan.

Word Counter – Aplikasi Penghitung Kata

Selanjutnya, ada aplikasi bernama Word Counter. Ini merupakan aplikasi Android gratis yang mudah digunakan untuk menghitung kata, kalimat, paragraf, dan karakter dalam teks ketika pengguna mengetik.

Fitur unggulan yang ditawarkan aplikasi ini antara lain menghitung jumlah kata, karakter, dan lain-lain ketika pengguna mengetik, statistik waktu, rata-rata panjang kalimat, simpan otomatis, dan lainnya.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store.

Word Counter App – Aplikasi Penghitung Kata

Aplikasi penghitung kata yang satu ini dilengkapi dengan teknologi AI (Artificial Intelligence). Word Counter App merupakan aplikasi Android gratis yang memmudahkan penggunanya dalam menghitung kata dalam teks, frasa, karakter, kalimat, dan lainnya.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat, mengedit dan menyimpan catatan dengan cepat berkat kekuatan AI.

Ini berfungsi dalam semua bahasa, seperti Spanyol, Inggris, Jerman, Jepang, Portugis, Italia, Indonesia, dan masih banyak lagi.

Words Counter

Aplikasi Words Counter telah mendapat bintang 4.9 dari pengguna di Google Play Store. Seperti namanya, aplikasi ini dirancang untuk menghitung kata, huruf, dan panjang teks.

Aplikasi Words Counter mudah digunakan, karena tampilannya cukup sederhana. Ini juga mendukung tema gelap yang membuat penggunaan jadi lebih nyaman.

Sudah banyak pengguna Play Store yang menggunakan aplikasi ini. Tercatat sudah lebih dari 50.000 pengguna Play Store yang mengunduh aplikasi Words Counter.

Word Counter Note CountablePad

Selanjutnya, ada aplikasi Word Counter Note CountablePad. Aplikasi yang dikembangkan oleh CUTBOSS ini adalah aplikasi Notepad gratis untuk menghitung kata segera setelah pengguna menuliskan kata.

Selain menghitung jumlah kata, aplikasi Words Counter juga menghitung jumlah kalimat, jumlah paragraf, dan jumlah byte pada teks yang pengguna ketik.

Tak perlu khawatir ketika tak sengaja mengklik tombol Home, dan lainnya, karena teks dan editannya tidak akan hilang, berkat fitur simpan otomatis yang ada di aplikasi ini.

Banyak fitur lainnya yang disuguhkan aplikasi ini. Salah satunya ada juga label warna yang bisa menandai dokumen kamu dengan berbagai warna berbeda sesuai tujuan. Tersedia 12 warna yang bisa digunakan.

Word and Character counter

Aplikasi Word and Character counter juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghitung kata, karakter, kalimat, paragraf, dan lainnya pada teks yang dibuat.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga mampu menemukan konten berulang alias duplikat pada sebuah teks.

Ini seperti aplikasi catatan namun dengan banyak fitur didalamnya serta memiliki tampilan minimalis dan user friendly.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini diantaranya, menghitung segera ketika mengetik dengan akurat, simpan otomatis, hitung frekuensi kata, copy paste teks ke keyboard perangkat, dan menariknya, aplikasi ini tanpa iklan.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Mengetik dengan Suara, Ngetik Lebih Praktis dan Gak Pegal Lagi!

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi penghitung kata yang bisa kamu coba. Semoga pembahasan ini membantu kamu dalam memilih aplikasi yang akan digunakan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.