Aplikasi

8 Aplikasi Pengganti Tombol Power HP Android Saat Rusak

Aplikasi pengganti tombol power sangat bermanfaat dan membantu kita ketika tombol power bawaan HP sedang rusak.

Apalagi untuk mereka yang belum punya waktu atau budget untuk memperbaikinya, sehingga aplikasi tersebut bisa menjadi solusi yang pas untuk menggantikan tombol power yang rusak.

Mengingat tombol power memiliki fungsi yang sangat penting di smartphone. Pasalnya, beberapa aktivitas di smartphone mengandalkan tombol tersebut.

Di antaranya seperti saat akan menyalakan atau mematikan HP, mengunci dan membuka layar, serta masih banyak yang lainnya.

Jika sekarang tombol power di HP kamu sedang bermasalah, silakan gunakan salah satu dari beberapa aplikasi di bawah ini sebagai solusinya.

Aplikasi Pengganti Tombol Power yang Rusak

Aplikasi di bawah ini dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap sehingga bisa digunakan untuk menggantikan tombol power di smartphone-mu.

Power Button to Volume Button

Aplikasi pertama yang bisa digunakan adalah Power Button to Volume Button. Aplikasi yang disebut oleh developer TeliApp ini memiliki fitur untuk mengubah tombol volume menjadi tombol power.

Sehingga kamu bisa menghidupkan atau mematikan ponselmu melalui tombol tersebut. Menariknya, aplikasi ini benar-benar gratis dan tidak ada iklan yang mengganggu.

Selain digunakan ketika sudah rusak, kamu juga bisa menginstall Power Button to Volume Button untuk berjaga-jaga saat tombol power masih berfungsi dengan baik.

Cerdas Layar On / Off Auto – Aplikasi Pengganti Tombol Power

Cerdas Layar On Off Auto. (IST)

Dengan Cerdas Layar On / Off Auto, kamu tidak perlu menekan tombol power secara manual saat akan on atau off layar. Bisa digunakan saat tombol power sudah rusak atau untuk berjaga-jaga agar tidak rusak.

Tap 2 kali pada layar utama untuk mengunci layar, sensor secara otomatis akan mendeteksi, dan auto on/off screen untuk membantumu.

Kemudian,terdapat juga fitur matikan otomatis ketika memasukkan HP ke dalam saku dan masih banyak fitur menarik lainnya yang bisa dinikmati setelah mendownload aplikasi ini.

BACA JUGA: Aplikasi Penggabung PDF di HP yang Mudah Dioperasikan

Soft Keys – Home Back Button

Soft Keys Home Back Button. (IST)

Berikutnya kamu bisa menggunakan Soft Keys – Home Back Button untuk menggantikan peran tombol power ponselmu yang rusak atau sedang tidak berfungsi dengan baik.

Soft Keys – Home Back Button bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store dengan ukuran yang sangat ringan, yaitu hanya 2 MB saja.

Aplikasi yang dikembangkan oleh dogusumit ini mempunyai beberapa pilihan tombol seperti back, home, recent, notifikasi pada layar kunci, dan lainnya.

Kemudian, terdapat tombol bar navigasi yang bisa dipindahkan di berbagai posisi pada layar HP sesuai keinginan.

Pie Control – Aplikasi Pengganti Tombol Power

Pie Control. (IST)

Kalau kamu pernah menggunakan OS Android Open Source Project sebelum KitKat, tentu kamu pernah melihat tampilan menu navigasi yang mirip dengan diagram lingkaran.

Dan aplikasi yang akan dibahas berikutnya ini juga akan menampilkan navigasi seperti itu. Nama aplikasinya adalah Pie Control.

Setelah menginstall aplikasi di HP, akan tampil beberapa tombol navigasi standar seperti home, back, recent, dan beberapa shortcut yang dapat dipilih sesuai keinginan setiap pengguna.

Menariknya, versi terbaru Pie Control memungkinkan pengguna memunculkan navigasi bar di berbagai sisi layar lho, sehingga semakin mempermudah penggunaannya.

Simple Control

Simple Control. (IST)

Aplikasi pengganti tombol power yang satu ini bisa digunakan di berbagai smartphone Android, mulai dari Samsung, Xiaomi, Asus Zenfone, dan lainnya.

Memiliki tampilan sederhana sesuai dengan namanya membuat Simple Control difavoritkan banyak pengguna. 10 juta lebih pengguna telah mendownload aplikasi ini melalui Google Play Store.

Simple Control akan memberikan sentuhan navigasi HP pada Android Lollipop atau Marshmellow. Selain itu, bisa juga digunakan di HP yang belum di-root.

Button Savior Non Root

Button Savior Non Root. (IST)

Button Savior Non Root juga tak kalah bagus dari beberapa aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini memiliki berbagai macam pilihan navigasi bermanfaat sehingga recommended untuk diinstall.

Tombol navigasi yang ada di Button Savior Non Root di antaranya adalah tombol call, volume up – down, home, back, camera, screen off recent dan lainnya.

Sehingga tidak hanya bisa diandalkan saat tombol power rusak saja, tapi juga bisa menggantikan tombol volume yang kurang berfungsi dengan baik.

Layar Pintar Hidup Mati

Layar Pintar Hidup Mati. (IST)

Aplikasi pengganti tombol yang berikutnya adalah Layar Pintar Hidup Mati. Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan proximity sensis.

Terdapat floating menu yang bisa digunakan secara efisien, sehingga dapat meminimalkan penggunaan tombol power.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu ketuk dua kali pada layar untuk mematikan ponsel.

Double Tap Off

Double Tap Off. (IST)

Terakhir ada Double Tap Off yang berguna untuk mematikan atau menghidupkan ponsel hanya dengan mengetuk layar sebanyak dua kali.

Selain bisa digunakan saat tombol power rusak, aplikasi ini juga bisa mencegah kerusakan tombol power akibat keseringan ditekan.

Jika ingin coba menggunakannya, bisa langsung download Double Tap Off melalui Google Play Store sekarang juga.

BACA JUGA: Aplikasi Tombol Kembali, Home, dan Recent Untuk Android

Demikianlah rekomendasi aplikasi pengganti tombol power terbaik untuk HP Android. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat!