Aplikasi

6 Aplikasi Mengetik dengan Suara, Ngetik Lebih Praktis dan Gak Pegal Lagi!

Ingin membuat tulisan tanpa repot mengetik? Rekomendasi aplikasi mengetik dengan suara di bawah ini perlu kamu coba.

Ya, dengan kecanggihan teknologi saat ini, berbagai kegiatan manusia bisa lebih mudah dan praktis. Termasuk dalam hal membuat tulisan di HP.

Banyak aplikasi yang memungkinkan siapapun untuk membuat tulisan hanya dengan mengucapkan kata yang ingin dijadikan teks seperti mendikte.

Aplikasi-aplikasi tersebut mampu mengubah ucapan menjadi teks dengan cepat. Ini bisa membantu memberdayakan ide dan kreatifitas dalam menulis dengan lebih praktis dan efisien.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai blogger, penulis, orang dengan aktivitas yang padat, dan siapa saja yang menyukai pengetikan dengan cepat dan mudah, aplikasi di bawah ini perlu dicoba.

Banyak aplikasi yang tersedia. Namun di bawah ini kami telah mengulas beberapa diantaranya. Pastikan simak hingga tuntas, ya!

Daftar Aplikasi Mengetik dengan Suara

Write by Voice: Speech to Text

Aplikasi pertama yang bisa kamu coba untuk mengetik pakai suara ada Write by Voice. Aplikasi ini sudah didownload oleh lebih dari 10 juta pengguna Play Store dan mendapat bintang 4,7 dari penggunanya.

Write by Voice: Speech to Text mendukung berbagai bahasa, memiliki kemampuan membuat tulisan dokumen dalam jumlah tidak terbatas yang langsung disimpan.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengedit teks, memilih ukuran font untuk teks yang ditampilkan, dan mengubah tema menjadi gelap.

Speechnotes – Aplikasi Mengetik Dengan Suara

Aplikasi ini bisa diandalkan untuk mendikte suara menjadi tulisan terus menerus tanpa henti dan tidak terbatas.

Speechnotes tidak berhenti mendengarkan ketika pengguna berhenti sejenak untuk bernafas atau berpikir.

Aplikasi ini beroperasi dengan menggabungkan keyboard internal. Sehingga, pengguna bisa bebas menambahkan tanda baca, simbol, atau emoji.

Ini juga menggabungkan fiturnya dengan layanan pengenalan suara Google, sehingga kinerjanya akurat. Speechnotes dilengkapi dengan kapitalisasi dan spasi otomatis, mendukung penggunaan secara offline dan dilengkapi fitur-fitur lainnya.

Live Transcribe & Notification

Aplikasi ini memudahkan penyandang tunarungu dan gangguan pendengaran dalam mengetahui percakapan orang lain.

Live Transcribe & Notification mampu mentranskripsikan ucapan secara real time. Teks akan muncul pada HP segera setelah kata-kata diucapkan.

Aplikasi hasil kolaborasi dengan universitas tunarungu dan gangguan pendengaran terkemuka di AS ini juga menyediakan lebih dari 80 bahasa yang bisa beralih dengan cepat.

Banyak fitur canggih yang disediakan aplikasi ini untuk memudahkan penggunanya, terlebih pengguna yang memiliki gangguan pendengaran untuk bisa memahami percakapan yang sedang terjadi di sekitarnya.

Voice to text – Aplikasi Mengetik dengan Suara

Selanjutnya, ada aplikasi Voice to text. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana, namun bisa mengubah ucapan menjadi tulisan dengan optimal.

Setelah ucapan berubah menjadi teks, pengguna bisa membagikan teks tersebut ke aplikasi lain seperti Gmail, SMS, Twitter, dan lainnya.

Aplikasi ini mampu membuat jarak otomatis dalam setiap kata yang diucapkan, serta menyediakan berbagai fitur, termasuk penghitung kata dan karakter dalam teks.

Gboard – the Google Keyboard

Sesuai dengan namanya, ini merupakan aplikasi keyboard besutan Google. Aplikasi ini umumnya sudah terinstal langsung di perangkat Android.

Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi ini. Termasuk fitur dikte yang memungkinkan pengguna untuk mendikte dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Bukan hanya mendikte, keyboard ini juga bisa digunakan untuk mencari emoji, atau GIF menggunakan suara.

Voice Notes – Speech to text

Rekomendasi terakhir memiliki tampilan yang cantik, pengaturan yang fleksibel, dan kemudahan dalam membagikan teks hasil dikte.

Setelah mendikte menggunakan aplikasi Voice Notes, pengguna bisa mengedit teks secara manual. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengubah ucapan menjadi teks tanpa perlu jaringan internet, alias secara offline.

Cukup mengunduh paket bahasa yang sesuai, kemudian gunakan secara offline. Adapun, informasi mengenai cara penggunaannya tersedia di aplikasi.

BACA JUGA: 8 Aplikasi Pengingat Solat untuk Ibadah Tepat Waktu

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi mengetik dengan suara. Kamu bisa menggunakan aplikasi manapun yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan selalu mengecek ulasan aplikasi sebelum memutuskan untuk mengunduhnya. Semoga pembahasan ini bermanfaat.