Aplikasi

8 Aplikasi Juz Amma untuk Dewasa dan Anak-anak

Aplikasi juz Amma bisa diinstal untuk menunjang kegiatan menghafal dan mempelajari surat-surat Al-Quran di juz 30.

Seperti yang kita tahu, juz Amma merupakan juz terakhir di dalam Al-Quran. Terdiri dari 37 surat yang biasa disebut surat pendek.

Kenapa disebut juz Amma? Karena, surat Al-Quran di juz 30 dimulai dengan surat An Naba’, dimana surat ini diawali dengan kata “‘Amma”.

Meski disebut surat pendek, namun tidak bisa dipungkiri bahwa juz Amma memiliki surat dengan jumlah ayat yang panjang dan tentunya perlu konsisten dalam mempelajarinya agar cepat dimengerti dan dihafal.

Saat ini, sudah tersedia aplikasi untuk memudahkan siapapun dalam mempelajari dan menghafal juz Amma.

Aplikasi tersebut bisa diinstal di smartphone dan bisa digunakan kapan saja dan dimana saja dengan mudah dan praktis.

Dari banyaknya aplikasi yang tersedia di Play Store, berikut ini kami sajikan beberapa diantaranya.

Daftar Aplikasi Juz Amma

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasinya yang bisa kamu manfaatkan.

Hafalan Juz Amma Audio Offline

Pertama, kamu bisa menggunakan Hafalan Juz Amma Audio Offline. Aplikasi ini sangat populer, ditandai dengan sudah didownload sebanyak lebih dari 100 ribu pengguna dan mendapat bintang 4,9 di Google Play Store.

Tak heran, karena aplikasi ini menawarkan beragam fitur yang bisa dibilang lengkap. Seperti terjemahan, audio, ilmu tajwid, doa harian, jadwal sholat, dan dzikir pagi dan petang.

Selain itu, Hafalan Juz Amma Audio Offline juga memiliki tampilan menarik, navigasi yang lengkap dan mudah, dan mendukung hafalan per hari.

Aplikasi ini cocok digunakan oleh semua kalangan, baik itu dewasa maupun anak-anak.

Aplikasi Juz Amma

Mencari aplikasi khusus untuk anak-anak? Aplikasi Juz Amma ini bisa menjadi pilihan, karena tampilannya yang didesain dengan gambar ilustrasi kartun yang disukai anak-anak.

Ini memudahkan anak untuk mempelajari juz 30 dalam Al-Quran, karena dilengkapi dengan tulisan dalam bahasa Arab asli beserta ejaan dan artinya dalam bahasa Indonesia.

Juz Amma – Juz 30 Al-Qur’an

Selanjutnya, ada Juz Amma – Juz 30 Al-Qur’an yang dikembangkan oleh Ari Riyanto. Aplikasi ini bukan hanya berisi 37 surat dari juz Amma, namun juga dilengkapi dengan 8 surat pilihan.

Surat pilihan yang biasa dibaca, seperti Al-Kahfi, Ar-Rahman, Al-Mulk dan lain-lain. Juz Amma – Juz 30 Al-Qur’an juga memungkinkan pengguna untuk mendengarkan bacaannya secara langsung karena dilengkapi MP3.

Menariknya lagi, kini aplikasi ini bisa digunakan meskipun perangkat tidak terhubung ke jaringan internet.

Dengan berbagai surah lainnya yang ada pada aplikasi ini, membuatnya cocok ada di smartphone, karena bisa diandalkan ketika sedang bepergian dan perlu membaca surat-surat pilihan dari Al-Quran.

Juz Amma + Suara

Satu lagi aplikasi yang cocok untuk anak-anak, ada Juz Amma + Suara. Ini merupakan aplikasi besutan Solite Kids dan telah didownload oleh lebih dari 500.000 pengguna Google Play Store.

Aplikasi ini didesain khusus dengan tema belajar sambil bermain yang tentunya membuat anak-anak semakin bersemangat dalam belajar mengaji dan menghafal juz ‘Amma.

Melalui aplikasi Juz Amma + Suara, pengguna bisa mendengarkan lantunan juz Amma dari beberapa Qori yang bisa dipilih di halaman pengaturan.

Pengguna juga bisa merekam dan memutar hafalan sendiri dengan fitur record.

Hafalan Juz Amma

Hafalan Juz Amma bisa menjadi pilihan aplikasi untuk menemani murojaah atau mengulang hafalan juz 30.

Tampilannya simpel namun memiliki tone warna yang menyejukkan pandangan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan doa khatam Al-Quran.

Font yang ditampilkannya mudah dibaca, memiliki tombol untuk memperbesar teks, dan dilengkapi dengan audio online Syekh Nabil Ar Rifay.

Aplikasi khusus Android ini bisa digunakan untuk memudahkan hafalan dimanapun dan kapanpun.

Juz Amma Offline

Aplikasi ini dikembangkan oleh Muslimidia Studio dan telah mendapat bintang 4.8 dari pengguna di Play Store.

Juz Amma Offline berisi surat dalam juz 30 lengkap dengan teks Arabic, latin dan terjemahan bahasa Indonesia.

Tampilannya simpel dan bisa digunakan secara offline, bahkan tanpa iklan dengan berlangganan versi Pro.

Juz Amma Audio and Translation

Tampilan aplikasi ini bertema ceria dengan ikon bunga berwarna warni. Cocok sekali untuk Muslimah.

Juz Amma Audio and Translation mendukung bahasa dan terjemahan dalam bahasa Inggris, Indonesia, dan Melayu.

Tulisan pada aplikasi ini ditampilkan secara interaktif dengan teks yang jelas, sehingga memudahkan pengguna dalam mempelajari juz Amma. Aplikasi besutan Indocipta Studio ini bertuliskan mushaf Madinah dan dilengkapi dengan audio.

Juz Amma-Hafalan Cepat Juz 30

Masih ada lagi aplikasi yang cocok untuk menunjang pembelajaran anak-anak, kali ini bernama Juz Amma-Hafalan Cepat Juz 30.

Seperti namanya, aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam menghafalkan surat-surat yang ada di juz 30.

Tampilannya menarik dengan animasi dan mudah dipahami. Sama dengan Juz Amma + Suara, aplikasi ini juga dilengkapi dengan game edukasi yang bisa menghilangkan bosan ketika belajar, sekaligus menguji kemampuannya.

BACA JUGA: Daftar Aplikasi Translate Aksara Sunda ke Tulisan Latin, Pakai Rekomendasi Ini!

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi juz Amma yang bisa kamu pilih dan instal di smartphone kamu. Semoga pembahasan ini bermanfaat.