5 Aplikasi Chat Selain WhatsApp Paling Populer di Indonesia

Baru-baru ini WhatsApp baru mengumumkan pembaruan kebijakan privasi yang langsung menuai protes keras dari para penggunanya bahkan mereka pun mulai berbondong-bondong melakukan migrasi ke aplikasi chat selain WhatsApp.

Pembaruan kebijakan privasi WhatsApp tersebut berlaku mulai 8 Februari. Para pengguna secara mau atau tidak mau harus menyetujui kebijakan privasi yang ditentukan jika ingin tetap menggunakan aplikasi WhatsApp.

Nah, jika kamu termasuk salah satu pengguna yang menentang kebijakan privasi tersebut, berikut adalah rekomendasi aplikasi chat selain WhatsApp yang bisa kamu gunakan.

BACA JUGA: Aplikasi Chat Untuk Jomblo

Daftar Aplikasi Chat Selain WhatsApp

Telegram

Telegram
Telegram. (SS/Google)

Telegram merupakan aplikasi chatting online yang diciptakan oleh seorang pengusaha asal Rusia, Pavel Durov. Aplikasi ini rilis pertama di Android pada tahun 2013.

Seolah ketiban durian runtuh, jumlah unduhan Telegram di Google Play Store terus meningkat seiring dengan skandal privasi yang menyerang WhatsApp.

Nah, fitur yang ditawarkannya sendiri bisa dibilang tidak begitu jauh berbeda dengan WhatsApp. Ya, dengan aplikasi ini kamu bisa bertukar pesan, melakukan panggilan telepon, video call, membuat grup hingga stiker.

Alasan lain dibalik melonjaknya angka unduhan Telegram dikarenakan aplikasi ini mengedepankan privasi pengguna. Artinya, data pengguna telah di enkripsi oleh pihaknya untuk menghindari peretasan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang bertanggung jawab.

Signal – Aplikasi Chat Selain WhatsApp

apk Signal
apk Signal. (SS/Google)

Selain Telegram, Signal menjadi aplikasi chat selain WhatsApp yang kepopularitasnya meroket usai Ceo Tesla dan Space, Elon Musk menyarankan pengguna WhatsApp beralih ke Signal melalui cuitannya di Twitter.

Uniknya, Signal diciptakan oleh mantan pekerja WhatsApp Brian Acton bersama ahli enkripsi Moxie Marlinspike pada awal tahun 2018.

Hingga sejauh ini, Signal telah memiliki lebih dari 50 Juta pengguna aktif setiap hari.

Hi App

Aplikasi Hi App
Aplikasi Hi App. (SS/Google)

Berikutnya ada aplikasi karya perusahaan teknologi asal Indonesia yang rilis pada tahun 2020 lalu, yakni Hi App.

Kendati masih baru, namun jangan pernah meremehkan aplikasi ini. Lantaran, Hi App juga memiliki fitur seperti chatting, voice chat, panggilan telepon dan video call.

Bahkan selain itu, aplikasi chat satu ini dilengkapi fitur penerjemah pesan, chat organizer, dark mode dan masih banyak lagi.

Line

Line Free Calls
Line Free Calls. (SS/Google)

Rekomendasi aplikasi chat lain yang bisa kamu coba adalah Line. Aplikasi ini bisa dipakai di smartphone Android, iOS hingga desktop.

Soal fitur, aplikasi ini dapat dipakai mengirim atau menerima pesan, melakukan panggilan telepon dan video, mengirim gambar dan lain sebagainya.

WeChat

We Chat
We Chat. (SS/Google)

WeChat merupakan sebuah aplikasi chatting yang paling populer di China. Bahkan menurut sebuah penelitian, hampir 99% penduduk Negeri Tirai Bambu lebih memilih menggunakan WeChat ketimbang WhatsApp.

Saat pertama kali diperkenalkan, WeChat hanya menyediakan fitur untuk bertukar pesan saja. Tapi sekarang, WeChat telah mengalami update besar-besaran dan memiliki beragam fasilitas yang tidak ada di aplikasi chat lain.

BACA JUGA: Aplikasi Kencan Online Terbaik

Itulah beberapa aplikasi chat selain WhatsApp yang saat ini mulai banyak dipergunakan oleh masyarakat Indonesia.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber