Aplikasi

8 Aplikasi Belajar Online Terbaik Gratis dan Berbayar

Aplikasi belajar online terbaik dan gratis wajib kalian miliki di smartphone. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang yang membuat proses pembelajaran dilakukan secara daring.

Kehadiran aplikasi tersebut membuat para pelajar bisa tetap menimba ilmu secara efektif, efisien, dan aman di rumah, tentunya tanpa ada batasan waktu.

Aplikasi tersebut juga sangat praktis untuk kita gunakan karena hanya perlu mendownload lewat Google Play Store di handphone.

Ada banyak aplikasi pembelajaran online yang bisa digunakan, dan HALLO GSM kali ini telah merangkum beberapa aplikasi untuk kalian.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik

Penasaran apa saja aplikasinya? Langsung simak pembahasan selengkapnya di bawah ini, teman-teman.

Ruangguru

Ruangguru menjadi salah satu aplikasi bimbel online yang populer dan banyak digunakan. Pasalnya, aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang sangat menarik dan bermanfaat.

Fitur tersebut di antaranya seperti video belajar animasi, latihan soal dan pembahasan, rangkuman modul bimbel, hingga social learning.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti dengan kurikulum nasional dan guru-guru yang memandunya adalah guru dari Ruangguru.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan Ruangguru untuk belajar online? Jika iya, langsung unduh sekarang juga aplikasinya di Google Play Store atau App Store secara gratis.

Brainly – Aplikasi Belajar Online

Brainly. (IST)

Forum belajar yang berikutnya ini juga pastinya sudah asing lagi bagi kalian, bukan? Cara kerja aplikasi ini adalah penggunanya dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang belum dipahami.

Setelah itu, para pengguna Brainly akan menjawab pertanyaanmu itu dengan penjelasan yang pastinya mudah untuk dipahami.

Ketika ada pertanyaan dan jawabannya tidak sesuai, jangan khawatir karena Brainly memiliki fitur verifikasi yang dilakukan oleh para ahli.

Jika kamu kerap kesulitan dalam mengerjakan tugas di rumah, Brainly dapat membantumu mencari jawabannya secara mudah dan cepat.

BACA JUGA: Aplikasi Belajar Bahasa Korea yang Cocok Untuk Pemula

Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah aplikasi belajar online gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) untuk kita gunakan.

Aplikasi ini menyediakan konten berbasis audio visual yang dilengkapi juga dengan berbagai elemen interaktif.

Kemudian, para pengguna juga bisa menikmati berbagai macam fitur terbaik di dalamnya, mulai dari Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan masih banyak yang lainnya.

Menariknya, semua itu dapat diakses secara gratis. Selain pengguna smartphone, Rumah Belajar juga dapat diakses lewat PC/laptop dengan mengunjungi laman web yang sudah tersedia.

Zenius

Zenius. (IST)

Zenius dapat digunakan sebagai aplikasi pembelajaran online terbaik dan praktis oleh pelajar SD, SMP, SMA/SMK, hingga kuliah.

Salah satu fitur menarik yang dimilikinya adalah adanya simulasi UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer. Lalu, tersedia juga materi Tryout yang dapat kalian kerjakan saat mendekati ujian.

Zenius pun menjadi salah satu aplikasi terbaik tahun 2019 versi Google Play Store, lho. Oleh sebab itu, kamu tak perlu lagi dalam menggunakannya.

Edmodo – Aplikasi Belajar Online

Edmodo. (IST)

Aplikasi belajar daring (dalam jaringan) yang satu ini telah banyak digunakan sebagai kelas daring yang interaktif antara guru dengan siswanya.

Beragam fitur pun dapat kalian temukan setelah menginstall Edmodo. Fitur tersebut tentunya dapat menunjang proses pembelajaran kota.

Guru dapat membuat kuis yang menarik dan pengadaan kelas online yang terstruktur dengan menggunakan aplikasi ini.

Edmodo juga dapat digunakan sebagi tempat mengumpulkan tugas pada murid yang paling aman dengan adanya waktu pengingat.

Pahamify

Pahamify. (IST)

Pahamify menjadi aplikasi yang biasanya digunakan oleh pelajar yang ingin fokus pada ujian-ujian penting, misalnya saja SBMPTN, UTBK, dan lainnya.

Pasalnya, aplikasi ini lebih pada materi dan berbagai soal berkiatan dengan jenis ujiannya. Aplikasi ini juga menyediakan video yang dapat digunakan untu mempermudah kita dalam memahami materi dan soal yang ada.

Quipper

Quipper. (IST)

Kalau beberapa aplikasi belajar online tadi masih belum cukup juga, kami punya rekomendasi aplikasi lainnya yaitu Quipper.

Materi yang disediakan di aplikasi ini cukup lengkap dan disesuaikan dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah saat ini .

Materi-materi pembelajarannya tersaji dalam bentuk video interaktif, namun terlebih dahulu kamu harus membayar biaya berlangganan untuk bisa mengaksesnya.

Bimbel SMARRT

Bimbel SMARRT. (IST)

Rekomendasi terakhir ada Bimbel SMARRT. Dengan aplikasi ini kalian bisa lebih fokus belajar dengan materi-materi yang kerap ditakuti para pelajar, seperti Matematika, Kimia, dan Fisika.

Bimbel SMARRT punya video interaktif yang semakin mempermudah kita dalam memahami materi dan soal yang diberikan. Tunggu apalagi, segera unduh aplikasinya untuk mulai belajar.

BACA JUGA: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Offline dan Gratis

Itulah aplikasi untuk belajar online terbaik yang direkomendasi pada artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat.