Tips & Trik

7 Cara mengatasi WhatsApp yang error dan pending

WhatsApp memang dikenal sebagai salah satu aplikasi chatting yang sangat digemari oleh banyak orang. Meski demikian, WhatsApp pun tentu akan mengalami beberapa masalah. Salah satunya error, ya guys. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi WhatsApp error tersebut.

WhatsApp yang error bisa kapan saja terjadi, salah satunya dengan WhatsApp yang pending, sehingga akan menjadikan pesan yang akan kamu kirim menjadi tak terkirim dan diterima dengan baik oleh seseorang yang kamu kirimi pesan.

Ada banyak sekali faktor yang akan mengakibatkan WhatsApp menjadi error, mulai dari server yang down secara global atau juga pembatasan akses aplikasi ini di suatu wilayah tertentu.

Nah, jika saat ini kamu tengah mengalami WhatsApp yang error, yuk lakukan cara mengatasi WhatsApp error berikut ini.

Cara mengatasi WhatsApp yang error

Periksa jaringan internet

Cara pertama yang dapat kamu lakukan saat WhatsApp error yakni dengan memeriksa jaringan internet yang masih dalam keadaan aktif. Pastikan pula kamu tengah ada di jaringan internet terbaik untuk mencegah pesan WhatsApp tak diterima alias pending.

Nah, kamu pun bisa melakukan beberapa metode agar dapat memastikan jaringan internet kamu tetap stabil di smartphone Android kamu. Misalnya dengan mengunci jaringan 4G LTE agar mendapatkan kecepatan internet kualitas tinggi dan tetap stabil.

Caranya, kamu hanya perlu mengaturnya di menu Setting> Connections> Mobile networks> Networks Mode> LTE only agar dapat memastikan jaringan kamu hanya di 4G LTE saja.

Aktifkan mode pesawat

Jika langkah pertama ternyata tak berhasil, maka cara mengatasi WhatsApp error selanjutnya yakni dengan megaktifkan dan mematikan kembali mode pesawat (Airplane Mode) di HP Android kamu. Dengan demikian, maka hal tersebut akan me-restart segala jaringan yang terhubung di smartphone.

Lakukan cara tersebut berulang kali, hingga akhirnya kamu pun mendapatkan jaringan dan WhatsApp yang error menjadi stabil kembali. Karena dengan melakukan hal tersebut, biasanya jaringan internet akan kembali masuk dan kamu pun dapat mengakses internet beberapa saat.

Menggunakan aplikasi VPN

Akses WhatsApp yang sedang error biasanya akan menjadikan kamu menjadi kesulitan dalam menggunakan aplikasi yang satu ini, misalnya dengan pesan yang pending, atau bahkan kamu tak bisa mengirimkan atau membuka gambar.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kamu menggunakan beberapa aplikasi VPN yang tersedia pada Android kamu, misalnya Turbo VPN, Tunner Bear, atau Samsung Max khususnya untuk seri Samsung Galaxy.

Lantas bagaimana cara menggunakannya? Kamu hanya perlu mendownload dan install aplikasi VPN, lalu hubungkan dengan menggunakan jaringan dari negara lain, ya.

Cek penghemat daya android

Pada samrtphone Android yang kamu punya, memang sudah banyak sekali dibekali dengan berbagai fitur yang beerguna bagi para penggunanya. Salah satunya yaitu fitur peenghemat daya yang akan otomatis diaktifkan saat Android kamu keehabisan baterai.

Akan tetapi, aplikasi penghemat baterai ini justru hanya akan menjadikan beberapa notifikasi pesan menjadi tidak masuk alias di-pending, lho guys. Hal tersebut bertujuan agar dapat menghemat baterai Android, salah satunya WhatsApp.

Nah cara mengatasi WhatsApp error yang disebablan oleh penghemat daya ini kamu bisa masuk pada menu Setting> Battery> Battery sarver

dan matikan toggle yang aktif.

Uninstall aplikasi pembersih RAM

Tak jarang kebanyakan pengguna yang menginstall aplikasi pembersih RAM agar kecepatan smartphone Android tetap terjaga. Nah, bisa jadi ini menjadi salah satu masalah yang juga menjadi penyebab mengapa pesan WhatsApp menjadi error dan pending pada saat kamu gunakan.

Aplikasi peembersih RAM umumnya akan membersihkan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang alias background. Karena WhatsApp berjalan di latar belakang untuk menerima pesan, bisa saja aplikasi pembersih RAM sengaja menutupnya.

Nah, cara mengatasi WhatsApp error bisa kamu lakukan dengan uninstall aplikasi pembersih RAM di HP Android jika dirasa cukup mengganggu. Dengan demikian, pesan WhatsApp akan kembali diterima kembali dengan normal.

Bersihkan data aplikasi

Selainkan membersihkan cache, kamu juga dapat membersihkan data aplikasi WhatsApp agar bisa mengatasi WhatsApp yang error dan pending saat menerima ataupun mengirim pesan. Akan tetapi, sepertinya kamu mesti melakukan proses back up pesan WhatsApp terlebih dahulu, ya.

Jika kamu tak mengetahui caranya, kamu bisa pergi ke menu Settings> Apps & notifications> WhatsApp> Storage> Clear data.

Hapus dan install ulang WhatsApp

Cara terakhir mengatasi WhatsApp yang error bisa kamu lakukan dengan cara mengupdate aplikasi WhatsApp. Hal ini beralasan karena mungkin saja WhatsApp yang error dan pending karena aplikasi chatting yang kamu gunakan sudah ketinggalan dengan versi terbaru yang ada.

Jika proses update gagal, kamu dapat melakukan uninstall dan melakukan install ulang aplikasi WhatsApp terbaru melalui Google Play Store, ya.

BACA JUGA: Aplikasi resep masakan untuk Android terlengkap!

dengan melakukan cara ini, sedikit banyak akan membantu untuk me-refresh kembali aplikasi WhatsApp kamu menjadi terasa baru dan semua permasalahan kamu dapat teratasi.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi WhatsApp yang error dan mengalami pending. Akan tetapi, meski telah melakukan cara-cara di atas namun WhatsApp kamu belum kembali normal, mungkin server WhatsApp kamu memang tengah mengalami down dan kamu pun diharuskan untuk menunggu hingga pulih kembali. Semoga bermanfaat!