News

Samsung Galaxy Tab A9 Diam-diam Meluncur, Begini Spesifikasi dan Harganya

Setelah mengumumkan tablet premium, yakni Galaxy Tab S9 Series, Samsung diam-diam meluncurkan tablet barunya bernama Galaxy Tab A9.

Tablet baru kelas menengah yang lebih terjangkau ini hadir sebagai penerus Samsung Galaxy Tab A8 yang memulai debutnya pada tahun 2021 lalu.

Galaxy Tab A9 telah terdaftar di situs Amazon UAE (Uni Arab Emirates) dan Samsung Guatemala. Situs tersebut menampilkan spesifikasi perangkat yang mengusung layar 8,7 inci dengan resolusi 800 x 1.340 piksel dan mendukung refresh rate 60Hz.

Tablet asal Korea Selatan ini hadir dengan bodi berbentuk kotak berbahan metal. Panel belakang perangkat menggendong satu kamera yang diletakkan tanpa modul. Sayangnya, konfigurasi kamera masih belum terungkap.

Bagian bawah cangkang perangkat, bersarang prosesor Helio G99 besutan MediaTek. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal 128GB yang masih bisa diperluas melalui kartu microSD.

Detail baterai yang diusung Samsung Galaxy Tab A9 saat ini masih belum diketahui. Sebagai gambaran, pendahulunya yakni Galaxy Tab A8 hadir dengan baterai berkapasitas 7040mAh.

Soal software, alias perangkat lunak, Tab A9 beroperasi pada OS Android 13.

Untuk pengalaman audio yang mengesankan, Galaxy Tab A9 dibekali dual speaker yang disetel Dolby Atmos dan support suara 3D.

Tablet baru ini juga dilengkapi fitur menarik seperti layar terpisah yang cocok untuk multitasking, mendukung berbagi cepat, sinkronisasi otomatis, dan masih banyak lagi.

Perangkat meluncur dengan tiga varian warna, yakni Silver, Graphite, dan Navy.

Perihal harga, Galaxy Tab A9 dibanderol mulai dari 699 Dirham atau Rp 2,9 jutaan di Amazon UAE. Sementara di Samsung Guatemala, harganya 1.499 Quetzal atau Rp 3 jutaan.

BACA JUGA: Infinix Smart 8 Kantongi Berbagai Sertifikasi, Spesifikasinya Terungkap

Selain dua negara tersebut, tablet Samsung Galaxy Tab A9 juga dipastikan akan segera hadir di Indonesia. Perangkat kini telah terdaftar di situs sertifikasi Postel Dirjen SDPPI. Pantau terus untuk mengetahui spesifikasi, harga, dan ketersediaan tablet Samsung ini di Tanah Air.